Translate

Persyaratan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru

Penelitian tindakan kelas mempersyaratkan adanya tindakan yang berlanjut untukmemperbaiki proses pembelajaranAdanya tindakan yang diarahkan untuk perbaikan pembelajaran merupakanciri mendasar yang selalu ada dalam penelitian tindakan kelas. Tindakan-tindakan iniharus dirancang atau direncanakan secara cermat. Bahkan ciri inilah sesungguhnyayang menyebabkan penelitian ini dinamakan penelitian tindakan kelas.

Jika ada upaya-upaya penelitian untuk mengeksplorasi masalah-masalahpembelajaran, akan tetapi tidak ada tindakan-tindakan tertentu yang dirancang ataudirencanakan untuk perbaikan pembelajaran tersebut, maka penelitian ini hanyadapat dinamakan penelitian kelas. Tindakan-tindakan inilah yang diimplementasikandan selanjutnya dievaluasi untuk mengetahui apakah tindakan-tindakan yang telahdiimplementasikan tersebut dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi gurudalam proses pembelajaran di kelasnya.

Suharsimi Arikunto (2006) mengemukakan sejumlah persyaratanuntuk diterimanya laporan penelitian tindakan kelas yang dilakukan guruoleh Tim Penilai Angka Kredit kenaikan jabatan guru. Persyaratan tersebut adalah sebagai berikut :

1.    Penelitian tindakan kelas harus tertuju atau mengenai hal-hal yangterjadi di dalam pembelajaran (tetapi bukan hanya pembelajaranbiasa) dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

2.    Penelitian tindakan kelas oleh guru menuntut dilakukannyapencermatan terus-menerus, objektif, dan sistematis, artinya dicatatatau direkam dengan baik sehingga diketahui dengan pasti tingkatkeberhasilan yang diperoleh peneliti serta penyimpangan yangterjadi. Hasil pencermatan tersebut digunakan sebagai bahan untukmenentukan tindak lanjut yang harus diambil segera oleh peneliti.

3. Penelitian tindakan kelas harus dilakukan sekurang-kurangnya dalamdua siklus tindakan yang berurutan. Informasi dari siklus yangterdahulu sangat menetukan bentuk siklus berikutnya. Oleh karenaitu, siklus yang kedua, ketiga, dan seterusnya tidak dapat dirancangsebelum siklus pertama terjadi. Hasil refleksi harus digunakansebagai bahan masukan untuk perencanaan siklus berikutnya.

4.    Penelitian tindakan terjadi secara wajar, tidak mengubah aturan yangsudah ditentukan dalam arti tidak mengubah jadwal yang berlaku.Tindakan yang dilakukan tidak boleh merugikan siswa, baik yangdikenai atau siswa lain. Makna dari kalimat itu adalah bahwatindakan yang dilakukan guru tidak hanya memilih anak-anaktertentu, tetapi harus semua siwa dalam kelas.

5.    Penelitian tindakan kelas harus betul-betul disadari oleh pemberimaupun pelakunya sehingga pihak-pihak yang bersangkutan dapatmengemukakan kembali apa yang dilakukan, baik mengenaitindakan, suasana ketika terjadi, reaksi siswa, urutan peristiwa, hal-halyang dirasakan sebagai kelebihan dan kekurangan dibandingkandengan rencana yang sudah dibuat sebelumnya.

6.    Penelitian tindakan harus benar-benar menunjukkan adanyatingkatan yang dilakukan oleh sasaran tindakan, yaitu siswa yangsedang belajar. Banyak guru yang melakukan penelitian tindakan,tetapi hanya menyebut apa yang dilakukan guru sendiri, misalnyamemberi contoh, atau Kepala Sekolah melengkapi bukuperpustakaan.

1 Komentar untuk "Persyaratan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru"

mohon di kirimkan ke email, jika berkenan terima kasih

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top