Translate

Objek Penelitan Tindakan Kelas

Kegiatan belajar mengajar tidak mungkin terjadi hanya sematamatakarena ada unsur siswa dan guru. Kegiatan yang mereka lakukantentu didasarkan pada tujuan tertentu yang telah ditetapkan dan untukmencapai tujuan itulah diperlukan sejumlah komponen pembelajaranlainnya. Guru dan siapapun yang terlibat dalam proses pembelajaran harusmemandang sesuatu selalu dalam keseluruhan dan dalam kaitan denganunsur lain. Komponen-komponen dari sebuah kelas adalah (1) siswa, (2)guru, (3) materi pelajaran, (4) media pembelajaran, (5) lingkunganpembelajaran, (6) manajemen sekolah, dan (7) hasil belajar. Dengandemikian, obyek pengamatan dalam penelitian tindakan kelas tidak harusselalu ketika proses pembelajaran sedang berlangsung karena kelas bukanruang, tetapi sekelompok siswa.

Sesuai dengan prinsip bahwa tindakan dirancang sebelumnya,objek penelitian tindakan kelas harus merupakan sesuatu yang aktif dandapat dikenai aktivitas, bukan objek yang diam dan tanpa gerak. MenurutSuharsimi Arikunto (2006), objek penelitian tindakan kelas meliputi halberikut:

1.    Unsur siswa, dapat dicermati objeknya ketika siswa yangbersangkutan sedang asyik mengikuti proses pembelajaran di kelas/lapangan/ laboratorium/ bengkel, maupun ketika asyik mengerjakanpekerjaan rumah dengan serius, atau ketika mereka sedang mengikutikerja bakti di luar sekolah.

2. Unsur guru, dapat dicermati ketika yang bersangkutan sedangmengajar di kelas, khususnya cara guru memberi bantuan kepadasiswa, ketika sedang membimbing siswa yang sedangberdarmawisata, atau ketika guru sedang mengadakan kunjungan kerumah siswa.

3.  Unsur materi pelajaran, dapat dicermati dalam GBPP dan yang sudahdikembangkan dalam Rencana Tahunan, Rencana Semesteran, danAnalisis Materi Pelajaran. Lebih lanjut dapat dilihat dari materi yangtertulis dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan khususnyaketika materi tersebut disajikan kepada siswa, meliputipengorganisasian, urutannya, cara penyajiannya, atau pengaturannya.

4.  Unsur peralatan atau sarana pendidikan, meliputi peralatan, yangbaik dimiliki oleh siswa secara perorangan, peralatan yangdisediakan sekolah, ataupun peralatan yang disediakan dandigunakan di kelas dan di laboratorium. Pada umumnya gurumenganggap siswa sudah melakukan praktikum dengan baik asalsudah menyerahkan laporannya dengan lengkap.

5.  Unsur hasil pembelajaran, yang ditinjau dari tiga ranah yangdijadikan titik tujuan yang harus dicapai siswa melalui pembelajaran,baik susunan maupun tingkat pencapaian. Oleh karena hasil belajarmerupakan produk yang harus ditingkatkan, hasil belajar pastiberkaitan dengan tindakan unsur lain.

6. Unsur lingkungan, baik lingkungan siswa di kelas, sekolah, maupunyang melingkupi siswa di rumahnya. Informasi tentang lingkunganini dikaji bukan untuk dilakukan campur tangan, tetapi digunakansebagai pertimbangan dan bahan untuk pembahasan.

7.Unsur pengelolaan, yang jelas-jelas merupakan gerak kegiatansehingga mudah diatur dan direkayasa dalam bentuk tindakan. Halyang digolongkan sebagai kegiatan pengelolaan misalnya cara danwaktu mengelompokkan siswa ketika guru memberikan tugas,pengaturan urutan jadwal, pengaturan tempat duduk siswa,penempatan papan tulis, penataan peralatan milik siswa,pengontrolan peralatan secara rutin menggunakan model regu yangdipantau oleh ketua regu dan sebagainya.

0 Komentar untuk "Objek Penelitan Tindakan Kelas"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top