Translate

Pembiayaan Pendidikan

Biaya pendidikan ialah total biaya yang dikeluarkan oleh individu peserta didik, keluarga yang menyekolahkan anak, warga masyarakat perorangan, kelompok masyarakat maupun yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk kelancaran pendidikan (Suhardan dkk, 2012: 22). Biaya pendidikan ditentukan oleh berbagai faktor, antara lain: besar kecilnya institusi pendidikan, jumlah siswa, tingkat gaji guru atau dosen yang disebabkan oleh bidang keahlian atau tingkat pendiddikan, rasio siswa berbanding guru/ dosen, kualifikasi guru, tingkat pertumbuhan penduduk (khususnya negara berkembang), perubahan kebijakan dari penggajian/ pendapatan (revenue theory of cost). (Fattah; 2008: 1)

Pengelolaan pembiayaan pendidikan dilakukan agar pengeluaran keuangan dalam aspek pendidikan yang dilakukan oleh sekolah dapat berjalan secara efektif dan efisien. Sehingga diharapkan tidak terjadi pembebanan atau pembiayan yang berlebihan maupun kekurangan. Dengan pengelolaan yang baik dan tepat, maka sekolah dapat menyelenggarakan semua aspek dengan baik pula.

Dalam konsep dasar pembiayaan pendidikan ada dua hal yang perlu dikaji, yaitu biaya pendidikan secara keseluruhan (total cost) dan biaya satuan per siswa (unit cost). Biaya satuan tingkat sekolah merupakan biaya agregat pendidikan tingkat sekolah baik yang bersumber dari pemerintah, orangtua, dan masyarakat, yang dikeluarkan untuk menyelenggarakan pendidikan dalam satuan tahun pelajaran. biaya satuan per siswa ialah ukuran yang menggambarkan seberapa besar uang yang dialokasikan sekolah secara efektif untuk kepentingan murid dalam menempuh pendidikan. (Fattah, 2000: 23)

Pengelolaan pembiayaan pendidikan ini sangat menentukan kesuksesan implementasi sistem pendidikan, termasuk juga Program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Pengelolaan pembiayaan berbasis sekolah adalah pengaturan pembiayaan yang meliputi kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiayan-kegiatan pembiayaan di sekolah, dengan berpedoman pada prinsip-prinsip implementasi manajemen berbasis sekolah.

Standar Nasional Pendidikan mengatur agar sekolah menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional yang mengacu pada Standar Pembiayaan. Pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional Sekolah mengatur: 

a.       Sumber pemasukan, pengeluaran dan jumlah dana yang dikelola;

b.      Penyusunan dan pencairan anggaran, serta penggalangan dana di luar dana investasi dan operasional;

c.       Kewenangan dan tanggungjawab kepala sekolah dalam membelanjakan anggaran pendidikan sesuai dengan peruntukannya;

d.      Pembukuan semua penerimaan dan pengeluaran serta penggunaan anggaran, untuk dilaporkan kepada komite sekolah, serta institusi di atasnya.

0 Komentar untuk "Pembiayaan Pendidikan"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top