Kurikulum merupakan salah satu alat untuk mencapai tujuan pendidikan dan
sekaligus digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan proses belajar mengajar
pada berbagai jenis dan tingkat sekolah. Kurikulum menjadi dasar dan cermin
falsafah pandangan hidup suatu bangsa, akan diarahkan kemana dan bagaimana
bentuk kehidupan bangsa ini di masa depan, semua itu ditentukan dan digambarkan
dalam suatu kurikulum pendidikan. Kurikulum haruslah dinamis dan terus
berkembang untuk menyesuaikan berbagai perkembangan yang terjadi pada
masyarakat dunia dan haruslah menetapkan hasilnya sesuai dengan yang
diharapkan.
Negara Kanada merupakan tempat yang ideal untuk
belajar dimana orang Kanada sangat memandang tinggi proses pembelajaran dan
kualifikasi dari Kanada telah dikenal di lingkungan bisnis, pemerintahan maupun
praktisi akademis. Kanada juga mempunyai lingkungan yang mendukung untuk
belajar sebagai pemimpin internasional dalam bidang komputer dan teknologi
informasi. Kanada merupakan salah satu negara yang mempunyai lingkungan alam
yang paling indah di dunia, juga merupakan negara yang mempunyai standar hidup
tinggi, gaya hidup dinamis, kegiatan budaya yang beragam, serta lingkungan yang
aman.
Kanada juga termasuk satu di antara negara pertama di
dunia yang melihat kebutuhan untuk menghubungkan sekolah dan perpustakaan
dengan Internet. Dan program SchoolNet telah berhasil membuat Kanada menjadi
negara pertama di dunia yang menghubungkan sekolah dan perpustakaannya dengan
informasi jalan raya. Bahkan, sejak beberapa bulan terakhir, Kanada
mencanangkan akan menjadi negara pertama yang amat memperhatikan lingkungan,
dengan menciptakan alat transportasi tak berpolusi dan berteknologi hidrogen.
Begitu tingginya kualitas pendidikan di Kanada,
membuat sebuah survei Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menempatkan Kanada
sebagai tempat hidup terbaik. Survei tahunan itu mengevaluasi kualitas hidup
pada 174 negara dengan menggunakan 200 indikator. Secara khusus, Kanada
mendapat nilai tinggi untuk akses pendidikan, harapan hidup lebih tinggi, serta
tingkat kejahatan atau kekerasan yang amat rendah. Bahkan, Vancouver, Toronto,
dan Montreal, diakui sebagai kota-kota di Kanada berkelas dunia untuk hidup dan
bekerja, termasuk di dalamnya kebersihan dan keamanannya yang terjaga. Dibawah
ini ada beberapa alasan mengapa Negara Kanada layak dijadikan sebagai salah satu
pilihan sebagai tempat untuk menimba ilmu :
a. Negara yang sangat aman dengan tingkat kriminalitas
paling rendah.
b. Kondisi sosial yang stabil.
c. Masyarakat dan budaya Kanada yang bersifat multikultural.
d. Mutu pendidikan yang tinggi dan diakui secara
internasional, serta didukung oleh pemerintah Kanada dalam bentuk dana.
e. Lingkungan hidup dan belajar yang nyaman dan aman.
f. Biaya studi yang sangat kompetitif.
g. Ijin bekerja part time 20 jam per minggu saat sekolah
dan full time 40 jam saat liburan sekolah .
h. Kesempatan untuk bekerja full time selama satu (1)
tahun di Kanada setelah kelulusan.
i. Sebuah negara yang penuh dengan keindahan alamnya yang
bervariasi.
1.2 Rumusan
Masalah
a. Bagaimanakah
kurikulum kimia di Negara Kanada?
b. Bagaimanakah
perbandingan kurikulum kimia di Negara Kanada dengan di Negara Indonesia?
c. Apakah kelebihan dan kekurangan kurikulum
kimia di Negara Kanada?
1.3 Tujuan
a. Untuk mengetahui kurikulum kimia di Negara
Kanada.
b. Untuk mengetahui perbandingan kurikulum kimia
di Negara Kanada dengan di Negara Indonesia.
c. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan
kurikulum kimia di Negara Kanada.
BAB II
ISI
2.1 Pengertian
Kurikulum
Secara etimologi, kurikulum (curriculum)
berasal dari bahasa Yunani, yaitu curir yang artinya "pelari" dan
curere yang berarti "tempat berpacu". Hal ini dapat diartikan bahwa
istilah kurikulum berasal dari dunia olah raga pada zaman Yunani Kuno di
Yunani, yang mengandung pengertian suatu jarak yang harus ditempuh oleh pelari
dari garis start sampai finish, yang kemudian digunakan oleh dunia pendidikan.
Secara terminologi, istilah kurikulum yang digunakan
dalam dunia pendidikan mengandung arti yaitu sejumlah pengetahuan atau
kemampuan yang harus ditempuh atau diselesaikan siswa guna mencapai tingkatan
tertentu secara formal dan dapat dipertanggungjawabkan.
Seiring dengan perkembangan jaman, pengertian
kurikulum juga terus mengalami pergeseran makna, tugas mendidik yang harusnya
diemban bersama-sama antara keluarga dan sekolah menjadi tidak berimbang, hal
ini menjadikan masyarakat lebih mempercayakan masalah pendidikan anak kepada
sekolah. Padahal waktu yang dimiliki anak lebih banyak dilingkungan keluarga
daripada disekolah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedemikian
pesat diikuti peledakan informasi dan peledakan penduduk membuat beban sekolah
semakin berat dan kompleks pada akhir-akhir ini. Hal ini jugalah yang
menyebabkan masyarakat lebih banyak menuntut ke sekolah berupa nilai-nilai dan
kemampuan anak yang harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja.
Pengertian kurikulum secara luas tidak hanya berupa
mata pelajaran atau kegiatan-kegiatan belajar siswa saja tetapi segala hal yang
berpengaruh terhadap pembentukan pribadi anak sesuai dengan tujuan pendidikan
yang diharapkan. Sebenarnya banyak pendapat mengenai pengertian kurikulum yang telah
dikemukakan oleh para ahli pendidikan pada berbagai literatur, namun intinya adalah
sebagaimana yang telah diungkapkan diatas. Akan tetapi, menurut
perspektif kebijakan pendidikan nasional sebagaimana dapat dilihat dalam
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 menyatakan bahwa:
“Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan
bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu”. Selain pengertian kurikulum, ada beberapa
istilah-istilah dalam kurikulum yang sering kita dengar (terutama guru) dalam
lingkungan kita sehari-hari, diantaranya:
a. Ideal Curriculum
Ideal Curriculum atau kurikulum ideal adalah kurikulum yang berisi
sesuatu yang baik, yang diharapkan atau dicita-citakan sebagaimana dimuat dalam
buku kurikulum.
b. Real
Curriculum
Real Curriculum, Actual Curriculum atau kurikulum aktual
adalah apa yang terlaksana dalam proses belajar mengajar atau yang menjadi
kenyataan dalam kurikulum yang direncanakan atau terprogram dalam pendidikan.
Kurikulum Aktual sebaiknya sama dengan kurikulum ideal, atau setidak-tidaknya
mendekati kurikulum ideal walaupun tidak mungkin atau tidak pernah sama dalam
kenyataannya.
c. Hidden Curriculum
Hidden Curriculum atau kurikulum tersembunyi adalah kurikulum yang
terjadi dari segala sesuatu yang mempengaruhi ketika sedang mempelajari
sesuatu. Pengaruh ini mungkin dari pribadi guru, dari anak didik itu sendiri,
dari karyawan sekolah, atau hal-hal lain yang berada dilingkungan sekolah.
Kurikulum tersembunyi muncul ketika sedang berlangsungnya kurikulum ideal atau
kurikulum aktual. Kurikulum tersembunyi ini sangatlah kompleks, sulit diketahui
dan dinilai.
d. Kurikulum dan Pengajaran
Kurikulum dan pengajaran
adalah dua istilah yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Perbedaannya
hanya terdapat pada tingkatannya. Kurikulum lebih menunjukan pada suatu program
yang bersifat umum, untuk jangka lama, dan tak tercapai dalam waktu seketika.
Sedangkan pengajaran bersifat realistis atau aktual, sifatnya khusus dan
tercapai pada saat itu juga. Atau secara sederhana dapat dikatakan bahwa
pengajaran adalah pelaksanaan dari suatu kurikulum secara bertahap dalam proses
belajar mengajar.
(http://www.hendriono.web.id/2010/06/pengertian-dan-istilah-kurikulum.html)
2.2 Negara Kanada
Kanada merupakan negara terluas
pertama di Benua Amerika dan terluas kedua di bumi setelah Rusia (Luas wilayah Kanada 9.922.330 km2). Ibukota Kanada adalah Ottawa. Letak astronomis Kanada yaitu 500 LU-800 LU dan 200
BB-1400 BB, sedangkan letak geografisnya yaitu di
antara Samudera Arktik dengan Amerika Serikat, dan Samudera Pasifik dan Alaska
dengan Samudera Atlantik.Batas-batas Kanada, yaitu: Utara
adalah Samudera Arktik; Timur adalah Samudera Atlantik dan
Greenland; Selatan adalah Amerika Serikat; dan
Barat adalah Samudera Pasifik dan Alaska.
(Dimas
Prasetyo Muharam, ____: 3)
Kanada merupakan negara
federasi dari sepuluh provinsi dan tiga wilayah (teritori). Perbedaan utama
antara provinsi dan wilayah adalah provinsi diciptakan berdasarkan Constitution
Act Canada, sedangkan wilayah diciptakan berdasarkan hukum federal. Oleh
karena itu, pemerintah federal memiliki kuasa langsung atas wilayah, sedangkan
pemerintahan provinsi lebih banyak memiliki "competence" dan
hak.
(http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar-provinsi-dan-wilayah-di-Kanada)
Kanada menggunakan sistem pemerintahan demokrasi federal
yang menyatukan sejumlah komunitas politik yang berbeda di bawah pemerintahan
bersama untuk mencapai tujuan bersama, dan pemerintah daerah yang terpisah
untuk menangani keperluan-keperluan tertentu masing-masing daerah. Bentuk
pemerintahan ini mempertimbangkan realita geografis Kanada, keanekaragaman
masyarakat budayanya dan warisan dwi-hukum dan dwi-bahasa. Kanada mempunyai tiga
tingkat pemerintahan: federal, propinsi dan teritori, dan kotamadya
(lokal atau regional).
Dalam struktur federal, para pejabat yang terpilih
(Kabinet para menteri di bawah kepemimpinan Perdana Menteri) merupakan badan
pengambil keputusan utama. Pemerintah federal memimpin sistem pemerintahan
demokratis negara melalui berkonsultasi dengan para pejabat terpilih lain, para
wakil propinsi dan kotamadya, dan masyarakat Kanada. Sedangkan peran utama
pemerintah Kanada adalah memastikan dan mendukung kinerja perekonomian negara.
Tanggung-jawab lainnya termasuk pertahanan nasional, perdagangan dan niaga
antar propinsi dan antar negara, imigrasi, sistem perbankan dan moneter, hukum
pidana dan perikanan. Pemerintah federal juga mengawasi industri-industri
seperti kedirgantaraan, perkapalan, perkereta-apian, telekomunikasi dan tenaga
atom.
Pemerintah propinsi dan teritori mempunyai struktur yang sama seperti
struktur federal dan bertanggung jawab atas masalah-masalah seperti pendidikan,
hak-hak sipil dan kepemilikan, peradilan, sistem rumah sakit, sumber daya alam
di dalam batas propinsi dan teritori mereka, jaminan sosial, kesehatan dan
lembaga-lembaga kotamadya.Baru-baru ini pemerintah federal telah mulai
menyerahkan tanggung-jawab yang lebih besar atas sejumlah program dan pelayanan
kepada pemerintah propinsi. Contohnya adalah pelatihan pasar tenaga kerja, dan
pengembangan pertambangan dan kehutanan.
Pemerintah lokal dan regional memainkan peran penting dalam beberapa
bidang termasuk penyediaan pendidikan, pengembangan tanah, peraturan-peraturan
usaha setempat, dan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan dan budaya. Struktur
pemerintah lokal dan regional tidak selalu sama di seluruh negara.
(http://www.canadainternational.gc.ca/indonesia-indonesie/about-a_propos/government-gouvernement.aspx?lang=ind)
Berikut ini diberikan tabel
tentang pembagian provinsi dan wilayah yang ada di negara Kanada:
a. Provinsi
No.
|
Nama
Provinsi
|
Ibu kota
|
No.
|
Nama
Provinsi
|
Ibu kota
|
1.
|
Nova Scotia
|
Halifac
|
6.
|
British Columbia
|
Victoria
|
2.
|
New Brunswick
|
Fredericton
|
7.
|
Prince Edward Island
|
Charlottetown
|
3.
|
Quebec
|
Quebec City
|
8.
|
Saskatchewan
|
Regina
|
4.
|
Ontario
|
Toronto
|
9.
|
Alberta
|
Edmonton
|
5.
|
Manitoba
|
Winnipeg
|
10.
|
New Foundland and Labrador
|
St.John’s
|
b. Wilayah
No.
|
Nama
Wilayah
|
Ibu kota
|
1.
|
Northwest Territories
|
Yellowknife
|
2.
|
Yukon Territories
|
Whitehorse
|
3.
|
Nunavut
|
Iqaluit
|
(http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar-provinsi-dan-wilayah-di-Kanada)
Menurut PBB dan Unit Inteligen Ekonomi (Economist Intelligence
Unit), Kanada dinyatakan sebagai salah satu dari 10 tempat terbaik di dunia
untuk tinggal sejak tahun 1994. Menurut survey PBB juga, Kanada secara khusus
mendapatkan nilai yang tinggi untuk akses pendidikan dan angka harapan hidupnya
(karena sistem Universal Health Care); dan tingkat kejahatan dan kekerasan yang
rendah. Sebagai tambahan, kota-kota terbesar Kanada seperti Vancouver, Toronto
dan Montreal telah diakui sebagai kota-kota kelas dunia yang baik untuk hidup
dan bekerja, kebersihan dan keamanan yang terjamin, serta aktivitas-aktivitas
budaya dan gaya hidupnya yang menarik. Warga negara Kanada sangat mementingkan
pendidikan dan menuntut adanya sekolah-sekolah yang berkualitas nomor satu.
Pengeluaran perkapita Kanada untuk sistem pendidikan lebih besar dibandingkan
negara G-8 lainnya. Gelar dari universitas Kanada diakui di seluruh dunia dan
sebagai hasilnya mahasiswa asing yang lulus dari universitas-universitas Kanada
bisa mendapatkan karir yang sukses dan hidup yang mapan.
(http://www.studycanada.ca/indonesia/whycanada.html)
2.3 Sistem Pendidikan di Kanada
Sama seperti AS, sistem pendidikan di Kanada berbeda
di setiap propinsi. Menurut UU Kanada, pendidikan merupakan tanggung jawab tiap
propinsi. Secara umum, sistem
pendidikan Kanada dibagi dalam lima bagian:
·
Taman Kanak-Kanak
·
Sekolah Dasar
·
Sekolah Menengah (termasuk Sekolah Distrik)
·
Pelatihan Karir dan Kejuruan
·
Universitas atau institusi lain (S1, S2, dan S3)
(http://anjangsana.wordpress.com/2009/12/23/belajar-di-kanada-2/)
Anak-anak Kanada masuk taman kanak-kanak
selama satu atau dua tahun pada usia 4 atau 5 tahun secara sukarela kemudian semua
anak tersebut masuk kelas satu SD pada usia 6 tahun. Tahun ajaran biasanya
berlangsung mulai bulan September sampai bulan Juni di tahun berikutnya, tetapi
kadang-kadang melayani penerimaan murid pada bulan Januari. (http://www.studycanada.ca/canada-pendidikan-umum.html)
Pendidikan taman kanak-kanak sampai grade 12 (lulus
Sekolah Menengah) dibiayai oleh negara, dan bersifat wajib untuk semua murid
dan bebas biaya untuk semua warga negara dan penduduk tetap Kanada (Canadian
Permanent Resident).
(http://anjangsana.wordpress.com/2009/12/23/belajar-di-kanada-2/)
Lama masa sekolah dasar di Kanada
berbeda untuk tiap propinsi. Propinsi-propinsi seperti Quebec, Ontario, dan Manitoba
mempunyai masa pendidikan dasar lebih panjang dibanding propinsi lainnya karena
di propinsi-propinsi tersebut sistem pendidikan dasar dan menengahnya terdiri
dari sekolah dasar dan menengah. Dengan sistem ini, seorang anak di Quebec
harus menghabiskan enam tahun untuk sekolah dasar, kemudian lima tahun untuk
sekolah menengah. Sebelum masuk universitas, ia harus menjalani masa pendidikan
pra-universitas (disebut CEGEP atau Perguruan Tinggi Pendidikan Umum dan Kejuruan)
selama dua tahun. CEGEP (College d’enseignement général et professionnel atau College of General and
Vocational Education) bisa dianggap sebagai kursus tambahan yang dapat
dikreditkan ke dalam kredit universitas atau college.
Propinsi Ontario dan Manitoba
mempunyai masa pendidikan dasar lebih panjang yaitu 8 tahun dan pendidikan
menengah selama 4-5 tahun. Di kedua propinsi ini, lulusan sekolah menengah
dapat langsung melamar ke universitas tanpa melalui pendidikan pra-universitas.
Di luar ketiga propinsi di atas, pendidikan menengahnya terdiri dari SLP dan
SLA yang lamanya masing-masing berkisar antara 2-3 tahun.
Propinsi-propinsi yang memakai
sistem ini memperbolehkan warganya untuk mendaftar ke universitas lebih dahulu
dibandingkan dengan di Ontario dan Quebec. Seperti di tempat-tempat lain,
pembinaan sekolah dasar dan menengah di Kanada ada yang dilakukan oleh
pemerintah dan ada yang dilakukan oleh swasta. Sekolah-sekolah negeri pada
tingkat lokal dibina oleh perwakilan sekolah yang telah dipilih. Perwalian
sekolah tersebut ada yang berlatar belakang non-agama dan ada yang berlatar
belakang agama. Sekolah-sekolah yang aktif merekrut pelajar internasional
mengadakan program ESL (pelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua) dan
program homestay. Kebijaksanaan dalam
penerimaan pelajar internasional berikut biaya yang dikenakan sangat
bervariasi tergantung yayasan yang mengaturnya. Sedangkan sekolah swasta yang
beroperasi di Kanada harus terdaftar pada departemen pendidikan di setiap
propinsi dan memenuhi kurikulum serta standar lainnya yang telah ditentukan
pemerintah. Beberapa sekolah swasta menerapkan agama tertentu, menekankan
ajaran moral, dan standar akademik tertentu. (http://www.its.ac.id)
Dibawah ini adalah mekanisme sistem
pendidikan di Kanada berdasarkan kebijakan provinsi maupun wilayah
masing-masing:
(http://www.sekolahluarnegeri.com/canada.html)
Sekolah Menengah dan
Sekolah Distrik di Kanada bisa berupa sekolah umum, sekolah swasta, sekolah
sehari penuh, sekolah asrama, sekolah Katolik atau Kristen, maupun sekolah
perempuan atau laki-laki. SMP mencakup kelas 6, 7, dan 8, tergantung propinsi,
sementara SMA biasanya mencakup kelas 9 sampai 12 (di Quebec, SMA mencakup
kelas 7 – 11). Sekolah Distrik bertempat di daerah dimana semua sekolah dasar
dan sekolah lanjutannya diawasi oleh satu dewan sekolah. Dibawah ini akan
diberikan jenis-jenis program saat mengikuti SMP dan SMA di Kanada:
Program SMP meliputi:
a.
English as a
Second Language (ESL)
b.
French as Second
Language (FSL)
c.
Persiapan SMA
d.
Program bahas
musim panas
e.
Program kegiatan
akhir pekan
f.
Program outdoor
g.
International
Baccalaureate Middle Years Program (MYP)
Program
SMA meliputi:
a.
Program
penempatan tingkat lanjut
b.
Akademi akademik
(ilmu pengetahuan, teknologi, pariwisata, dll)
c.
English as a
Second Language (ESL)
d.
French as Second
Language (FSL)
e.
Program outdoor
f.
Akademi olah
raga
g.
Pengalaman SMA
jangka pendek
h.
Program bahasa
musim panas
i.
Program
perdagangan kejuruan
j.
Persiapan
universitas
k.
International
Baccalaureate Programs
l. Program pengalaman berbasis kerja
(http://www.studycanada.ca/About-Canadian-High-Schools-and-School
Districts.cfm.html)
Dibawah ini adalah nama-nama
SMA yang tersebar di provinsi dan wilayah dalam negara Kanada beserta
alamatnya:
No.
|
Provinsi/Wilayah
|
Nama
Sekolah
|
Alamat
|
1.
|
Provinsi
Alberta
|
Battle
River School Division #31
|
5402
- 48A Avenue
Camrose, Alberta T4V 0L3 |
Calgary
Board of Education
|
515
Macleod Trail S.E.
Calgary, Alberta T2G 2L9 |
||
Edmonton
Public Schools
|
Centre
for Education, One Kingsway
Edmonton, Alberta T5H 4G9 |
||
Red
Deer Public Schools
|
4747
- 53 Street
Red Deer, Alberta T4N 2E6 |
||
2.
|
Provinsi
British Columbia
|
Central
Okanagan District #23
|
Kelowna,
British Columbia V1X 4N2, Hollywood road 1040
|
Coquitlam
District #43
|
Winslow
Centre, 1100 Winslow Avenue
Coquitlam, British Columbia V3J 2G3 |
||
Greater
Victoria School District #61
|
3461
Henderson Road
Victoria, British Columbia V8P 5A8 |
||
Kootenay
Lake School District #8
|
811
Stanley Street
Nelson, British Columbia V1L 1N8 |
||
Kootenay-Columbia
School District No.20
|
Suite
120 - 1290 Esplanade
Trail, British Columbia V1R 4T2 |
||
New
Westminster School District
|
835
Eighth Street
New Westminster, British Columbia V3M 3S |
||
Regent
Christian Academy
|
15100
66A Avenue
Surrey, British Columbia V3S 2A6 |
||
Richmond
School District No. 38
|
7811
Granville Avenue
Richmond, British Columbia V6Y 3E3 |
||
Saanich
School District - International Student Program
|
10640
McDonald Park Road
Sidney, British Columbia V8L 5S7 |
||
West
Vancouver School District
|
1549
Marine Drive
West Vancouver, British Columbia V7V 1H9 |
||
3.
|
Provinsi
Manitoba
|
Louis
Riel School Division
|
900
St. Mary's Road
Winnipeg, Manitoba R2M 3R3 |
Mennonite
Brethren Collegiate Institute
|
180
Riverton Avenue
Winnipeg, Manitoba R2L 2E8 |
||
Pembina
Trails School Division
|
181
Henlow Bay
Winnipeg, Manitoba R3Y 1M7 |
||
Prairie
Spirit School Division
|
Pilot
Mound, Manitoba R0G 1P0
|
||
St.
John's-Ravenscourt School
|
400
South Drive
Winnipeg, Manitoba R3T 3K5 |
||
Sunrise
School Division
|
46
Beaumont Bay
Winnipeg, Manitoba R3T 0N1 |
||
Western
School Division
|
75
Thornhill Street Unit 4
Morden, Manitoba R6M 1P2 |
||
4.
|
Provinsi
Nova Scotia
|
Nova
Scotia International Student Program
|
60
Lorne Street
Truro, Nova Scotia B2N 3K3 |
5.
|
Provinsi
Ontario
|
Académie
Ste. Cécile International School
|
925
Cousineau Road
Windsor, Ontario N9G 1V8 |
Ashbury
College
|
362
Mariposa Avenue
Ottawa, Ontario K1M 0T3 |
||
Centre
for Education & Training, Peel District School Board
|
190
Robert Speck Parkway
Mississauga, Ontario L4Z 3K3 |
||
Elmwood
School
|
261
Buena Vista Road
Ottawa, Ontario K1M 0V9 |
||
Lambton
College
|
1457
London Road
Sarnia, Ontario N7S 6K4 |
||
Ottawa-Carleton
District School Board
|
440
Albert Street
Ottawa, Ontario K1R 5B5 |
||
6.
|
Provinsi
Quebec
|
Stanstead
College
|
450
Dufferin Street
Stanstead, Quebec J0B 3E0 |
7.
|
Provinsi
Saskatchewan
|
Greater
Saskatoon Catholic Schools
|
115
Nelson Road
Saskatoon, Saskatchewan S7S 1H1 |
Luther
College High School
|
1500 Royal Street
Regina, Saskatchewan S4T 5A5 |
||
Regina
Catholic Schools
|
2160
Cameron Street
Regina, Saskatchewan S4T 2V6 |
||
Sheldon-Williams
Collegiate Regina Public Schools
|
2601
Coronation Street
Regina, Saskatchewan S4T 1L8 |
||
8.
|
Provinsi New Brunswick
|
tidak
terdapat SMA dan sekolah distrik utama
|
|
9.
|
Provinsi New Foundland and Labrador
|
tidak
terdapat SMA dan sekolah distrik utama
|
|
10.
|
Provinsi Prince Edward Island
|
tidak
terdapat SMA dan sekolah distrik utama
|
|
11.
|
Wilayah
Northwest Territories
|
tidak
terdapat SMA dan sekolah distrik utama
|
|
12.
|
Wilayah Yukon Territories
|
tidak
terdapat SMA dan sekolah distrik utama
|
|
13.
|
Wilayah Nunavut
|
tidak
terdapat SMA dan sekolah distrik utama
|
(http://studyincanada-id.com/HighSchoolsAndSchoolDistricts.cfm?)
Akreditasi SMA di Kanada tidak sama di setiap
propinsi. Isi mata pelajaran SMA umum dikembangkan oleh masing-masing
pemerintah propinsi, sementara itu kurikulum sekolah swasta dikembangkan secara
mandiri, yang selanjutnya disetujui oleh pemerintah. SMA harus terakreditasi
agar dapat memberikan ijazah, dan di beberapa propinsi, harus terakreditasi
agar dapat beroperasi.
SMA di Kanada juga dapat diakreditasi oleh badan
akreditasi independen, seperti Canadian Educational Standards Institute (CESI)
dan SMA swasta dapat menjadi anggota institusi seperti Canadian Association of
Independent Schools. Selain itu juga ada badan akreditasi yang terkait dengan
agama atau filsafat pendidikan tertentu.
(http://www.studycanada.ca/Accreditation-of-High-Schools.cfm.html)
Sebenarnya
institusi pendidikan di Kanada tidak diberi rangking resmi karena semua
institusi pendidikan di Kanada menawarkan program dengan kualitas tinggi. Hanya
saja kemungkinan bagi beberapa provinsi tertentu (New Brunswick, Prince Edward
Island, dan New Foundland and Labrador) beserta ketiga wilayah
yang ada di Negara Kanada (Northwest Territories, Yukon Territories, dan Nunavut)
tidak memiliki
SMA dan sekolah distrik utama karena memiliki
akreditasi yang jelek.
Setelah seorang
siswa dinyatakan lulus dari Sekolah Menengah, maka dia dapat
melanjutkan kuliah. Siswa diberi
kebebasan memilih jenjang pendidikan yang diinginkan, boleh melanjutkan
ke tingkat diploma atau S1. Bila ingin meneruskan studinya lagi, maka bisa
langsung menuju ke tingkat S2 dan kemudian S3.
Diploma dan Sertifikat
·
Tersedia di college, community
colleges, institusi teknik dan kejuruan.
·
Siswa sudah harus lulus dari
sekolah menengah atas.
·
Durasi program umumnya 1-3 tahun.
·
Program 1 tahun akan mendapatkan
sertifikat. Jika mengambil kursus tambahan, siswa akan
mendapatkan sertifikat lanjutan (advanced certificates).
·
Program transfer ke universitas juga
ditawarkan di college tertentu.
Gelar S1
·
Ditawarkan di universitas,
university college dan institut.
·
Siswa sudah harus lulus sekolah
menengah atas.
·
Program S1 umumnya berlangsung
selama 3-4 tahun, tergantung dari masing-masing provinsi dan apakah program
yang diambil merupakan program umum atau khusus.
·
Program Diploma dan certificate juga
ditawarkan di beberapa institut.
·
Umumnya gelar S1 Honours diberikan
untuk jurusan atau pencapaian bidang akademik yang lebih tinggi.
Gelar S2
·
Durasi program umumnya adalah 2
tahun.
·
Siswa sudah harus mendapatkan gelar
S1 atau S1 Honours.
·
Salah satu syarat penerimaan untuk
program MBA adalah siswa harus lulus ujian GMAT dan mempunyai pengalaman
kerja yang relevan.
·
Siswa yang ingin mengambil jurusan
Science harus lulus ujian GRE.
·
Setelah tamat siswa berhak
mendapatkan gelar Master.
Gelar S3
·
Durasi program umumnya adalah
minimum 3 tahun.
·
Siswa sudah harus
mempunyai gelar S2 dan mempuyai IPK rata-rata 3 selama S2.
·
Salah satu syarat penerimaan untuk
program MBA adalah siswa harus lulus ujian GMAT dan mempunyai pengalaman
kerja yang relevan.
·
Siswa yang ingin mengambil jurusan
Science harus lulus ujian GRE.
·
Setelah selesai siswa menyandang
gelar Doktoral.
(http://www.Studi Komparatif Pendidikan Tinggi di Negara
Kanada dan Indonesia.html)
2.4 Kurikulum Kimia di Kanada
Sistem pendidikan di Kanada berkembang bersama sistem
pendidikan di Benua Amerika pada umumnya, sehingga apabila terjadi revisi
kurikulum, maka Kanada menjadi salah satu negara yang terkena dampaknya. Sebelum
tahun 1958 materi-materi kimia yang diajarkan di Sekolah Menengah Atas
menggunakan Pendekatan Ikatan Kimia. Pendekatan
Ikatan Kimia merupakan salah satu dari beberapa cara untuk merevisi mata
pelajaran SMA pada mata pelajaran kimia. Pendekatan ini dikembangkan di
Earlhalm College (Richmond, Indiana) dengan dukungan dari National Science Foundation,
Pendekatan Ikatan Kimia adalah usaha untuk membuat pembelajaran yang lengkap
dari mata pelajaran kimia, termasuk: subyek zat, masalah laboratorium, masalah
demonstrasi, visualisasi peralatan,
outline, buku teks, bacaan pendukung, dan metode evaluasi.
Pendekatan
Ikatan Kimia dirancang seputar tema umum dari ikatan kimia. Bahasan pelajarannya
memusatkan topik dari struktur atom, ikatan kimia, unsur, dan tipe reaksi.
Bahasan pelajaran tersebut meliputi:
a.
Ilmu Alam dari
Perubahan Kimia
b.
Beberapa Tipe Reaksi Kimia
c.
Elektron, Proton, dan Neutron
d.
Struktur dari Elektron
dan Proton
e.
Proses Entropi
f.
Senyawa dan Perubahan
Kimia yang Menyertainya
g.
Teori Model Orbital Atom
h.
Energi dan Perubahan
Kimia yang Menyertainya
i.
Logam
j.
Ikatan Kimia
k.
Tabel Periodik
l.
Ikatan Kovalen Polar
m.
Kesetimbangan Kimia
n.
Asam dan Basa
o.
Air
p.
Kimia dari grup OH
q.
Kovalen Halida dan Oksihalida
r.
Kimia dari Grup OH :
asam
s.
Sistem Senyawa Nitrogen
Beberapa ahli mengkritisi Pendekatan
Ikatan Kimia tidak memenuhi semua lingkup materi di kimia. Selain itu pendekatan
secara matematis mengakibatkan banyak siswa tidak bisa mempelajari prinsip
dasar karena mereka tidak dapat memenuhi persamaan matematisnya.
Meskipun sudah ada Pendekatan Ikatan Kimia,
Harvey Mudd College (Claremont,California) menggunakan pendekatan yang agak
berbeda. Memang masih sangat dini untuk mengatakan “Apakah lebih baik atau
buruk daripada Pendekatan Ikatan Kimia”, akan tetapi mungkin hasil yang terbaik
adalah memadukan kedua pendekatan tersebut. Oleh karena itu pada tahun 1958
dengan tujuan pembelajaran kimia untuk mengidentifikasi dasar kimia yang harus
diajarkan sebagai fondasi mata pelajaran kimia. Pokok bahasan yang terdapat
dalam Studi Pendidikan Kimia tersebut meliputi:
a.
Kimia: Percobaan Ilmu Alam
b.
Teori dan Model Atom
c.
Atom dalam Senyawa
d.
Fase gas: Teori Kinetik
e.
Cairan dan Padatan
f.
Kimia dan Tambahan
tentang Tabel Periodik (sebagai bacaan tambahan)
g.
Energi
h.
Laju Reaksi
i.
Kesetimbangan
j.
Larutan Ionik
k.
Asam dan Basa
l.
Oksidasi-Reduksi
m.
Stoikiometri
n.
Sejarah Atom
o.
Elektron dan Tabel Periodik
p.
Molekul dalam Gas
q.
Ikatan kimia dalam
Cairan dan Gas
r.
Kimia Karbon
s.
Halogen
t.
Hukum Ketiga Termodinamika
u.
The Second Column
v.
Senyawa Transisi
w.
Biokimia
Selama 1960-1961 sebuah tes program
dikembangkan untuk membedakan rentang yang mata pelajarannya digantikan untuk
siswa yang secara normal mengambil kimia di sekolah menengah. Penemuan ini
menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti materi studi pendidikan kimia selama
tahun tersebut kebanyakan mempunyai kemampuan diatas rata-rata (menurut SCAT
score). Ketika materi Studi Pendidikan Kimia memasuki ujian akhir, hasilnya
sama dengan mereka yang mendapatkan evaluasi dari Komite Pembelajaran Sains Fisika.
Meskipun kemampuan tinggi pada materi studi pendidikan kimia harus
mempertimbangkan penerimaan relatif dari berbagai variasi siswa mengira untuk
menyarankan jika tipe materi Studi Pendidikan Kimia dapat dengan sukses
diajarkan pada tingkat Sekolah Menengah Atas.
sumber? tahun? halaman? (buku amerika perpus)
2.5 Perbandingan Kurikulum Kanada dengan Indonesia
No.
|
Indonesia
|
Kanada
|
1.
|
Kelas X
a.
Struktur Atom, Sistem Periodik, dan Ikatan Kimia
b.
Stoikiometri
c.
Larutan
d.
Elektrolit dan Non Elektrolit
e.
Reaksi Oksidasi Reduksi
f.
Hidrokarbon dan Minyak Bumi.
|
Kelas X
IPA
|
2.
|
Kelas XI
a.
Struktur Atom, Sistem Periodik, dan Ikatan Kimia (lanjutan)
b.
Termokimia
c.
Laju Reaksi dan Kesetimbangan
d.
Larutan Asam Basa
e.
Stoikiometri Larutan
f.
Kesetimbangan Ion dalam Larutan
g.
Sistem Koloid
|
Kelas XI
a. Materi dan Ikatan Kimia
b. Stoikiometri
dalam Reaksi Kimia
c. Larutan dan Kelarutan
d. Hukum-Hukum Gas
e. Hidrokarbon dan Energi Kimia
|
3.
|
Kelas XII
a.
Sifat Koligatif Larutan
b.
Redoks dan Elektrokimia
c.
Karakteristik Unsur, Kegunaan, dan Bahayanya
d.
Senyawa Karbon dan Reaksinya
e.
Benzena dan Turunannya
f.
Makromolekul.
|
Kelas XII Persiapan Universitas
a. Kimia Organik
b. Perubahan Energi dan Laju Reaksi
c. Sistem Kimia dan Kesetimbangan
d. Elektrokimia
e. Struktur dan Senyawa
|
|
|
Kelas XII Persiapan Diploma
a. Analisis Kualitatif
b. Hubungan Kuantitatif dalam Reaksi Kimia
c. Kimia Organik dan Elektrokimia
d. Kimia Lingkungan
|
(The
Ontario Curriculum Grades 11 and 12. 2000: halaman??)
PDF ONTARIO
PDF Kurikulum INA
2.6 Kelebihan
dan Kekurangan Kurikulum di Kanada
- Kelebihan:
- Materi yang dipelajari lebih terfokus, contohnya di
kelas X baru diperkenalkan tentang mata pelajaran IPA secara keseluruhan, lalu
jika siswa ingin melanjutkan studinya di tingkat diploma maka siswa bisa
memilih kelas college preparations begitu juga bagi siswa yang ingin
melanjutkan ke universitas maka ia bisa memilih kelas university preparations,
sehingga siswa lebih menguasai materi.
- Sudah melakukan pendekatan inquiry.
- Karena isi mata pelajaran SMA umum dikembangkan oleh
masing-masing pemerintah provinsi sedangkan
kurikulum sekolah swasta dikembangkan secara mandiri, yang selanjutnya
disetujui oleh pemerintah, maka kelebihannya adalah setiap SMA tersebut bisa mengajarkan materi yang
sesuai dengan karakteristik serta kemampuan dari masing-masing siswa didiknya.
Namun hal ini juga menjadi kekurangan kurikulum di kanada yang akan dijelaskan
dibawah.
- Kekurangan:
-
Materi terlalu berlebihan untuk tingkat anak SMA.
-
Karena
isi mata pelajaran SMA umum dikembangkan oleh masing-masing pemerintah propinsi
sedangkan kurikulum sekolah swasta dikembangkan secara mandiri, yang selanjutnya
disetujui oleh pemerintah, maka kekurangannya adalah terjadi ketidakmerataan
materi, hal ini dikarenakan kemampuan masing-masing siswa didik yang berbeda di
tiap sekolah. Sehingga SMA dengan kualitas yang tidak begitu baik tidak dapat
mengajarkan materi yang sama dengan SMA yang lainnya. Akibatnya siswa didik
dengan kemampuan dibawah rata-rata kemungkinan tidak menerima materi seperti
yang diterima siswa-siswa ayang besekolah di SMA yang unggulan.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Pengelolaan pendidikan menengah (SMA) dikedua negara
tidak terlalu jauh berbeda. Pendidikan di Kanada dikelola oleh masing-masing
provinsi. Pendanaan dibiayai oleh pemerintah. Pemerintah Kanada memberikan
perhatian yang sangat besar pada bidang pendidikan. Dengan biaya pendidikan
yang terjangkau untuk seluruh penduduk memungkinkan anak-anak Kanada mengakses
pendidikan sampai ke perguruan tinggi.
Di Indonesia lama waktu yang ditempuh untuk
menyelesaikan pendidikan menengah (SMA) selama tiga tahun, sedangkan di Kanada
tergantung kebijakan provinsi masing-masing tetapi umumnya selama empat sampai
lima tahun. Kemudian untuk materi kimia di Indonesia cakupannya lebih luas dan
hanya dibahas sekilas. Hal ini tentu saja berbeda dengan Kanada yang memiliki
materi yang terfokus dan dibahas secara tuntas bahkan melakukan pendekatan
inquiry. Meskipun demikian, ternyata kurikulum kimia di Kanada masih terdapat
kekurangan yaitu materi yang disampaikan tingkatannya terlalu tinggi untuk
ukuran anak SMA.
3.2 Saran
Kurikulum bisa dikatakan sebagai elemen pokok dalam dunia
pendidikan, sehingga dengan adanya perbaikan kurikulum maka dapat diartikan
bahwa kualitas pendidikan pun ikut membaik. Kualitas pendidikan di Negara
Kanada dapat dikatakan sangat berbeda jauh dengan kualitas pendidikan yang ada di
Indonesia. Oleh karena itu, Indonesia tidak perlu malu untuk menggali
informasi-informasi dari Negara Kanada dalam rangka usaha untuk perbaikan sistem
pendidikannya (terutama kurikulum kimianya).
3 Komentar untuk "Kurikulum Kimia di Kanada"
bolehkah aku minta file artikelnya ? sebagai referensi untuk bahasan tentang kurikulum. mohon kirimkan filenya ke puspaindahpratiwi@gmail.com
artikel yang dimuat bermanfaat, terimakasih atas bantuannya ya :)
kalau boleh minta filenya min untuk tambahan referensi. minta tolong kirim ke dewisetiyaningrum31@gmail.com
apakah boleh saya meminta file artikel untuk dijadikan bahan referensi? ini email saya innanur727@gmail.com
Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)
Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)