Translate

Kurikulum Kimia di Kanada



Kurikulum merupakan salah satu alat untuk mencapai tujuan pendidikan dan sekaligus digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan proses belajar mengajar pada berbagai jenis dan tingkat sekolah. Kurikulum menjadi dasar dan cermin falsafah pandangan hidup suatu bangsa, akan diarahkan kemana dan bagaimana bentuk kehidupan bangsa ini di masa depan, semua itu ditentukan dan digambarkan dalam suatu kurikulum pendidikan. Kurikulum haruslah dinamis dan terus berkembang untuk menyesuaikan berbagai perkembangan yang terjadi pada masyarakat dunia dan haruslah menetapkan hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.
Negara Kanada merupakan tempat yang ideal untuk belajar dimana orang Kanada sangat memandang tinggi proses pembelajaran dan kualifikasi dari Kanada telah dikenal di lingkungan bisnis, pemerintahan maupun praktisi akademis. Kanada juga mempunyai lingkungan yang mendukung untuk belajar sebagai pemimpin internasional dalam bidang komputer dan teknologi informasi. Kanada merupakan salah satu negara yang mempunyai lingkungan alam yang paling indah di dunia, juga merupakan negara yang mempunyai standar hidup tinggi, gaya hidup dinamis, kegiatan budaya yang beragam, serta lingkungan yang aman.
Kanada juga termasuk satu di antara negara pertama di dunia yang melihat kebutuhan untuk menghubungkan sekolah dan perpustakaan dengan Internet. Dan program SchoolNet telah berhasil membuat Kanada menjadi negara pertama di dunia yang menghubungkan sekolah dan perpustakaannya dengan informasi jalan raya. Bahkan, sejak beberapa bulan terakhir, Kanada mencanangkan akan menjadi negara pertama yang amat memperhatikan lingkungan, dengan menciptakan alat transportasi tak berpolusi dan berteknologi hidrogen.
Begitu tingginya kualitas pendidikan di Kanada, membuat sebuah survei Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menempatkan Kanada sebagai tempat hidup terbaik. Survei tahunan itu mengevaluasi kualitas hidup pada 174 negara dengan menggunakan 200 indikator. Secara khusus, Kanada mendapat nilai tinggi untuk akses pendidikan, harapan hidup lebih tinggi, serta tingkat kejahatan atau kekerasan yang amat rendah. Bahkan, Vancouver, Toronto, dan Montreal, diakui sebagai kota-kota di Kanada berkelas dunia untuk hidup dan bekerja, termasuk di dalamnya kebersihan dan keamanannya yang terjaga. Dibawah ini ada beberapa alasan mengapa Negara Kanada layak dijadikan sebagai salah satu pilihan sebagai tempat untuk menimba ilmu :
a.    Negara yang sangat aman dengan tingkat kriminalitas paling rendah.
b.    Kondisi sosial yang stabil.
c.    Masyarakat dan budaya Kanada yang bersifat multikultural.
d.   Mutu pendidikan yang tinggi dan diakui secara internasional, serta didukung oleh pemerintah Kanada dalam bentuk dana.
e.    Lingkungan hidup dan belajar yang nyaman dan aman.
f.     Biaya studi yang sangat kompetitif.
g.    Ijin bekerja part time 20 jam per minggu saat sekolah dan full time 40 jam saat liburan sekolah .
h.    Kesempatan untuk bekerja full time selama satu (1) tahun di Kanada setelah kelulusan.
i.      Sebuah negara yang penuh dengan keindahan alamnya yang bervariasi.

1.2  Rumusan Masalah
       a. Bagaimanakah kurikulum kimia di Negara Kanada?
b. Bagaimanakah perbandingan kurikulum kimia di Negara Kanada dengan di Negara Indonesia?
c.  Apakah kelebihan dan kekurangan kurikulum kimia di Negara Kanada?

1.3  Tujuan
       a. Untuk mengetahui kurikulum kimia di Negara Kanada.
b.  Untuk mengetahui perbandingan kurikulum kimia di Negara Kanada dengan di Negara Indonesia.
c.  Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kurikulum kimia di Negara Kanada.







BAB II
ISI

2.1  Pengertian Kurikulum
Secara etimologi, kurikulum (curriculum) berasal dari bahasa Yunani, yaitu curir yang artinya "pelari" dan curere yang berarti "tempat berpacu". Hal ini dapat diartikan bahwa istilah kurikulum berasal dari dunia olah raga pada zaman Yunani Kuno di Yunani, yang mengandung pengertian suatu jarak yang harus ditempuh oleh pelari dari garis start sampai finish, yang kemudian digunakan oleh dunia pendidikan.
Secara terminologi, istilah kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan mengandung arti yaitu sejumlah pengetahuan atau kemampuan yang harus ditempuh atau diselesaikan siswa guna mencapai tingkatan tertentu secara formal dan dapat dipertanggungjawabkan.
Seiring dengan perkembangan jaman, pengertian kurikulum juga terus mengalami pergeseran makna, tugas mendidik yang harusnya diemban bersama-sama antara keluarga dan sekolah menjadi tidak berimbang, hal ini menjadikan masyarakat lebih mempercayakan masalah pendidikan anak kepada sekolah. Padahal waktu yang dimiliki anak lebih banyak dilingkungan keluarga daripada disekolah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedemikian pesat diikuti peledakan informasi dan peledakan penduduk membuat beban sekolah semakin berat dan kompleks pada akhir-akhir ini. Hal ini jugalah yang menyebabkan masyarakat lebih banyak menuntut ke sekolah berupa nilai-nilai dan kemampuan anak yang harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja.
Pengertian kurikulum secara luas tidak hanya berupa mata pelajaran atau kegiatan-kegiatan belajar siswa saja tetapi segala hal yang berpengaruh terhadap pembentukan pribadi anak sesuai dengan tujuan pendidikan yang diharapkan. Sebenarnya banyak pendapat mengenai pengertian kurikulum yang telah dikemukakan oleh para ahli pendidikan pada berbagai literatur, namun intinya adalah sebagaimana yang telah diungkapkan diatas. Akan tetapi, menurut perspektif kebijakan pendidikan nasional sebagaimana dapat dilihat dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 menyatakan bahwa: “Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu”. Selain pengertian kurikulum, ada beberapa istilah-istilah dalam kurikulum yang sering kita dengar (terutama guru) dalam lingkungan kita sehari-hari, diantaranya:
a. Ideal Curriculum
Ideal Curriculum atau kurikulum ideal adalah kurikulum yang berisi sesuatu yang baik, yang diharapkan atau dicita-citakan sebagaimana dimuat dalam buku kurikulum.
       b. Real Curriculum
Real Curriculum, Actual Curriculum atau kurikulum aktual adalah apa yang terlaksana dalam proses belajar mengajar atau yang menjadi kenyataan dalam kurikulum yang direncanakan atau terprogram dalam pendidikan. Kurikulum Aktual sebaiknya sama dengan kurikulum ideal, atau setidak-tidaknya mendekati kurikulum ideal walaupun tidak mungkin atau tidak pernah sama dalam kenyataannya.
c. Hidden Curriculum
Hidden Curriculum atau kurikulum tersembunyi adalah kurikulum yang terjadi dari segala sesuatu yang mempengaruhi ketika sedang mempelajari sesuatu. Pengaruh ini mungkin dari pribadi guru, dari anak didik itu sendiri, dari karyawan sekolah, atau hal-hal lain yang berada dilingkungan sekolah. Kurikulum tersembunyi muncul ketika sedang berlangsungnya kurikulum ideal atau kurikulum aktual. Kurikulum tersembunyi ini sangatlah kompleks, sulit diketahui dan dinilai.
d. Kurikulum dan Pengajaran
Kurikulum dan pengajaran adalah dua istilah yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Perbedaannya hanya terdapat pada tingkatannya. Kurikulum lebih menunjukan pada suatu program yang bersifat umum, untuk jangka lama, dan tak tercapai dalam waktu seketika. Sedangkan pengajaran bersifat realistis atau aktual, sifatnya khusus dan tercapai pada saat itu juga. Atau secara sederhana dapat dikatakan bahwa pengajaran adalah pelaksanaan dari suatu kurikulum secara bertahap dalam proses belajar mengajar.
(http://www.hendriono.web.id/2010/06/pengertian-dan-istilah-kurikulum.html)

2.2 Negara Kanada
Kanada merupakan negara terluas pertama di Benua Amerika dan terluas kedua di bumi setelah Rusia (Luas wilayah Kanada 9.922.330 km2). Ibukota Kanada adalah Ottawa. Letak astronomis Kanada yaitu 500 LU-800 LU dan 200 BB-1400 BB, sedangkan letak geografisnya yaitu di antara Samudera Arktik dengan Amerika Serikat, dan Samudera Pasifik dan Alaska dengan Samudera Atlantik.Batas-batas Kanada, yaitu: Utara adalah Samudera Arktik; Timur adalah Samudera Atlantik dan Greenland; Selatan adalah Amerika Serikat; dan Barat adalah Samudera Pasifik dan Alaska.
(Dimas Prasetyo Muharam, ____: 3)
Kanada merupakan negara federasi dari sepuluh provinsi dan tiga wilayah (teritori). Perbedaan utama antara provinsi dan wilayah adalah provinsi diciptakan berdasarkan Constitution Act Canada, sedangkan wilayah diciptakan berdasarkan hukum federal. Oleh karena itu, pemerintah federal memiliki kuasa langsung atas wilayah, sedangkan pemerintahan provinsi lebih banyak memiliki "competence" dan hak.
(http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar-provinsi-dan-wilayah-di-Kanada)
Kanada menggunakan sistem pemerintahan demokrasi federal yang menyatukan sejumlah komunitas politik yang berbeda di bawah pemerintahan bersama untuk mencapai tujuan bersama, dan pemerintah daerah yang terpisah untuk menangani keperluan-keperluan tertentu masing-masing daerah. Bentuk pemerintahan ini mempertimbangkan realita geografis Kanada, keanekaragaman masyarakat budayanya dan warisan dwi-hukum dan dwi-bahasa. Kanada mempunyai tiga tingkat pemerintahan: federal, propinsi dan teritori, dan kotamadya (lokal atau regional).
Dalam struktur federal, para pejabat yang terpilih (Kabinet para menteri di bawah kepemimpinan Perdana Menteri) merupakan badan pengambil keputusan utama. Pemerintah federal memimpin sistem pemerintahan demokratis negara melalui berkonsultasi dengan para pejabat terpilih lain, para wakil propinsi dan kotamadya, dan masyarakat Kanada. Sedangkan peran utama pemerintah Kanada adalah memastikan dan mendukung kinerja perekonomian negara. Tanggung-jawab lainnya termasuk pertahanan nasional, perdagangan dan niaga antar propinsi dan antar negara, imigrasi, sistem perbankan dan moneter, hukum pidana dan perikanan. Pemerintah federal juga mengawasi industri-industri seperti kedirgantaraan, perkapalan, perkereta-apian, telekomunikasi dan tenaga atom.
Pemerintah propinsi dan teritori mempunyai struktur yang sama seperti struktur federal dan bertanggung jawab atas masalah-masalah seperti pendidikan, hak-hak sipil dan kepemilikan, peradilan, sistem rumah sakit, sumber daya alam di dalam batas propinsi dan teritori mereka, jaminan sosial, kesehatan dan lembaga-lembaga kotamadya.Baru-baru ini pemerintah federal telah mulai menyerahkan tanggung-jawab yang lebih besar atas sejumlah program dan pelayanan kepada pemerintah propinsi. Contohnya adalah pelatihan pasar tenaga kerja, dan pengembangan pertambangan dan kehutanan.
Pemerintah lokal dan regional memainkan peran penting dalam beberapa bidang termasuk penyediaan pendidikan, pengembangan tanah, peraturan-peraturan usaha setempat, dan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan dan budaya. Struktur pemerintah lokal dan regional tidak selalu sama di seluruh negara.
(http://www.canadainternational.gc.ca/indonesia-indonesie/about-a_propos/government-gouvernement.aspx?lang=ind)
Berikut ini diberikan tabel tentang pembagian provinsi dan wilayah yang ada di negara Kanada:
a. Provinsi
No.
Nama Provinsi
Ibu kota
No.
Nama Provinsi
Ibu kota
1.
Nova Scotia
Halifac
6.
British Columbia
Victoria
2.
New Brunswick
Fredericton
7.
Prince Edward Island
Charlottetown
3.
Quebec
Quebec City
8.
Saskatchewan
Regina
4.
Ontario
Toronto
9.
Alberta
Edmonton
5.
Manitoba
Winnipeg
10.
New Foundland and Labrador
St.John’s
      
b. Wilayah
No.
Nama Wilayah
Ibu kota
1.
Northwest Territories
Yellowknife
2.
Yukon Territories
Whitehorse
3.
Nunavut
Iqaluit

(http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar-provinsi-dan-wilayah-di-Kanada)
Menurut PBB dan Unit Inteligen Ekonomi (Economist Intelligence Unit), Kanada dinyatakan sebagai salah satu dari 10 tempat terbaik di dunia untuk tinggal sejak tahun 1994. Menurut survey PBB juga, Kanada secara khusus mendapatkan nilai yang tinggi untuk akses pendidikan dan angka harapan hidupnya (karena sistem Universal Health Care); dan tingkat kejahatan dan kekerasan yang rendah. Sebagai tambahan, kota-kota terbesar Kanada seperti Vancouver, Toronto dan Montreal telah diakui sebagai kota-kota kelas dunia yang baik untuk hidup dan bekerja, kebersihan dan keamanan yang terjamin, serta aktivitas-aktivitas budaya dan gaya hidupnya yang menarik. Warga negara Kanada sangat mementingkan pendidikan dan menuntut adanya sekolah-sekolah yang berkualitas nomor satu. Pengeluaran perkapita Kanada untuk sistem pendidikan lebih besar dibandingkan negara G-8 lainnya. Gelar dari universitas Kanada diakui di seluruh dunia dan sebagai hasilnya mahasiswa asing yang lulus dari universitas-universitas Kanada bisa mendapatkan karir yang sukses dan hidup yang mapan.
(http://www.studycanada.ca/indonesia/whycanada.html)

2.3 Sistem Pendidikan di Kanada
Sama seperti AS, sistem pendidikan di Kanada berbeda di setiap propinsi. Menurut UU Kanada, pendidikan merupakan tanggung jawab tiap propinsi. Secara umum, sistem pendidikan Kanada dibagi dalam lima bagian:
·       Taman Kanak-Kanak
·       Sekolah Dasar
·       Sekolah Menengah (termasuk Sekolah Distrik)
·       Pelatihan Karir dan Kejuruan
·       Universitas atau institusi lain (S1, S2, dan S3)
(http://anjangsana.wordpress.com/2009/12/23/belajar-di-kanada-2/)
Anak-anak Kanada masuk taman kanak-kanak selama satu atau dua tahun pada usia 4 atau 5 tahun secara sukarela kemudian semua anak tersebut masuk kelas satu SD pada usia 6 tahun. Tahun ajaran biasanya berlangsung mulai bulan September sampai bulan Juni di tahun berikutnya, tetapi kadang-kadang melayani penerimaan murid pada bulan Januari. (http://www.studycanada.ca/canada-pendidikan-umum.html)
Pendidikan taman kanak-kanak sampai grade 12 (lulus Sekolah Menengah) dibiayai oleh negara, dan bersifat wajib untuk semua murid dan bebas biaya untuk semua warga negara dan penduduk tetap Kanada (Canadian Permanent Resident).
(http://anjangsana.wordpress.com/2009/12/23/belajar-di-kanada-2/)
Lama masa sekolah dasar di Kanada berbeda untuk tiap propinsi. Propinsi-propinsi seperti Quebec, Ontario, dan Manitoba mempunyai masa pendidikan dasar lebih panjang dibanding propinsi lainnya karena di propinsi-propinsi tersebut sistem pendidikan dasar dan menengahnya terdiri dari sekolah dasar dan menengah. Dengan sistem ini, seorang anak di Quebec harus menghabiskan enam tahun untuk sekolah dasar, kemudian lima tahun untuk sekolah menengah. Sebelum masuk universitas, ia harus menjalani masa pendidikan pra-universitas (disebut CEGEP atau Perguruan Tinggi Pendidikan Umum dan Kejuruan) selama dua tahun. CEGEP (College d’enseignement général et professionnel atau College of General and Vocational Education) bisa dianggap sebagai kursus tambahan yang dapat dikreditkan ke dalam kredit universitas atau college.
Propinsi Ontario dan Manitoba mempunyai masa pendidikan dasar lebih panjang yaitu 8 tahun dan pendidikan menengah selama 4-5 tahun. Di kedua propinsi ini, lulusan sekolah menengah dapat langsung melamar ke universitas tanpa melalui pendidikan pra-universitas. Di luar ketiga propinsi di atas, pendidikan menengahnya terdiri dari SLP dan SLA yang lamanya masing-masing berkisar antara 2-3 tahun.
Propinsi-propinsi yang memakai sistem ini memperbolehkan warganya untuk mendaftar ke universitas lebih dahulu dibandingkan dengan di Ontario dan Quebec. Seperti di tempat-tempat lain, pembinaan sekolah dasar dan menengah di Kanada ada yang dilakukan oleh pemerintah dan ada yang dilakukan oleh swasta. Sekolah-sekolah negeri pada tingkat lokal dibina oleh perwakilan sekolah yang telah dipilih. Perwalian sekolah tersebut ada yang berlatar belakang non-agama dan ada yang berlatar belakang agama. Sekolah-sekolah yang aktif merekrut pelajar internasional mengadakan program ESL (pelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua) dan program homestay. Kebijaksanaan dalam  penerimaan pelajar internasional berikut biaya yang dikenakan sangat bervariasi tergantung yayasan yang mengaturnya. Sedangkan sekolah swasta yang beroperasi di Kanada harus terdaftar pada departemen pendidikan di setiap propinsi dan memenuhi kurikulum serta standar lainnya yang telah ditentukan pemerintah. Beberapa sekolah swasta menerapkan agama tertentu, menekankan ajaran moral, dan standar akademik tertentu. (http://www.its.ac.id)
Dibawah ini adalah mekanisme sistem pendidikan di Kanada berdasarkan kebijakan provinsi maupun wilayah masing-masing:

(http://www.sekolahluarnegeri.com/canada.html)

Sekolah Menengah dan Sekolah Distrik di Kanada bisa berupa sekolah umum, sekolah swasta, sekolah sehari penuh, sekolah asrama, sekolah Katolik atau Kristen, maupun sekolah perempuan atau laki-laki. SMP mencakup kelas 6, 7, dan 8, tergantung propinsi, sementara SMA biasanya mencakup kelas 9 sampai 12 (di Quebec, SMA mencakup kelas 7 – 11). Sekolah Distrik bertempat di daerah dimana semua sekolah dasar dan sekolah lanjutannya diawasi oleh satu dewan sekolah. Dibawah ini akan diberikan jenis-jenis program saat mengikuti SMP dan SMA di Kanada:
Program SMP meliputi:
a.     English as a Second Language (ESL)
b.    French as Second Language (FSL)
c.     Persiapan SMA
d.    Program bahas musim panas
e.     Program kegiatan akhir pekan
f.     Program outdoor
g.    International Baccalaureate Middle Years Program (MYP)
Program SMA meliputi:
a.    Program penempatan tingkat lanjut
b.    Akademi akademik (ilmu pengetahuan, teknologi, pariwisata, dll)
c.    English as a Second Language (ESL)
d.   French as Second Language (FSL)
e.    Program outdoor
f.     Akademi olah raga
g.    Pengalaman SMA jangka pendek
h.    Program bahasa musim panas
i.      Program perdagangan kejuruan
j.      Persiapan universitas
k.    International Baccalaureate Programs
l.      Program pengalaman berbasis kerja
(http://www.studycanada.ca/About-Canadian-High-Schools-and-School Districts.cfm.html)
                 Dibawah ini adalah nama-nama SMA yang tersebar di provinsi dan wilayah dalam negara Kanada beserta alamatnya:
No.
Provinsi/Wilayah
Nama Sekolah
Alamat
1.
Provinsi Alberta
Battle River School Division #31
5402 - 48A Avenue
Camrose, Alberta T4V 0L3
Calgary Board of Education
515 Macleod Trail S.E.
Calgary, Alberta T2G 2L9
Edmonton Public Schools
Centre for Education, One Kingsway
Edmonton, Alberta T5H 4G9
Red Deer Public Schools
4747 - 53 Street
Red Deer, Alberta T4N 2E6
2.
Provinsi British Columbia
Central Okanagan District #23
Kelowna, British Columbia V1X 4N2, Hollywood road 1040
Coquitlam District #43
Winslow Centre, 1100 Winslow Avenue
Coquitlam, British Columbia V3J 2G3
Greater Victoria School District #61
3461 Henderson Road
Victoria, British Columbia V8P 5A8
Kootenay Lake School District #8
811 Stanley Street
Nelson, British Columbia V1L 1N8
Kootenay-Columbia School District No.20
Suite 120 - 1290 Esplanade
Trail, British Columbia V1R 4T2
New Westminster School District
835 Eighth Street
New Westminster, British Columbia V3M 3S
Regent Christian Academy
15100 66A Avenue
Surrey, British Columbia V3S 2A6
Richmond School District No. 38
7811 Granville Avenue
Richmond, British Columbia V6Y 3E3
Saanich School District - International Student Program
10640 McDonald Park Road
Sidney, British Columbia V8L 5S7
West Vancouver School District
1549 Marine Drive
West Vancouver, British Columbia V7V 1H9
3.
Provinsi Manitoba
Louis Riel School Division
900 St. Mary's Road
Winnipeg, Manitoba R2M 3R3
Mennonite Brethren Collegiate Institute
180 Riverton Avenue
Winnipeg, Manitoba R2L 2E8
Pembina Trails School Division
181 Henlow Bay
Winnipeg, Manitoba R3Y 1M7
Prairie Spirit School Division
Pilot Mound, Manitoba R0G 1P0
St. John's-Ravenscourt School
400 South Drive
Winnipeg, Manitoba R3T 3K5
Sunrise School Division
46 Beaumont Bay
Winnipeg, Manitoba R3T 0N1
Western School Division
75 Thornhill Street Unit 4
Morden, Manitoba R6M 1P2
4.
Provinsi Nova Scotia
Nova Scotia International Student Program
60 Lorne Street
Truro, Nova Scotia B2N 3K3
5.
Provinsi Ontario
Académie Ste. Cécile International School
925 Cousineau Road
Windsor, Ontario N9G 1V8
Ashbury College
362 Mariposa Avenue
Ottawa, Ontario K1M 0T3
Centre for Education & Training, Peel District School Board
190 Robert Speck Parkway
Mississauga, Ontario L4Z 3K3
Elmwood School
261 Buena Vista Road
Ottawa, Ontario K1M 0V9
Lambton College
1457 London Road
Sarnia, Ontario N7S 6K4
Ottawa-Carleton District School Board
440 Albert Street
Ottawa, Ontario K1R 5B5
6.
Provinsi Quebec
Stanstead College
450 Dufferin Street
Stanstead, Quebec J0B 3E0
7.
Provinsi
Saskatchewan
Greater Saskatoon Catholic Schools
115 Nelson Road
Saskatoon, Saskatchewan S7S 1H1
Luther College High School
1500 Royal Street
Regina, Saskatchewan S4T 5A5
Regina Catholic Schools
2160 Cameron Street
Regina, Saskatchewan S4T 2V6
Sheldon-Williams Collegiate Regina Public Schools
2601 Coronation Street
Regina, Saskatchewan S4T 1L8
8.
Provinsi New Brunswick
tidak terdapat SMA dan sekolah distrik utama
9.
Provinsi New Foundland and Labrador
tidak terdapat SMA dan sekolah distrik utama
10.
Provinsi Prince Edward Island
tidak terdapat SMA dan sekolah distrik utama
11.
Wilayah Northwest Territories
tidak terdapat SMA dan sekolah distrik utama
12.
Wilayah Yukon Territories
tidak terdapat SMA dan sekolah distrik utama
13.
Wilayah Nunavut
tidak terdapat SMA dan sekolah distrik utama

       (http://studyincanada-id.com/HighSchoolsAndSchoolDistricts.cfm?)
Akreditasi SMA di Kanada tidak sama di setiap propinsi. Isi mata pelajaran SMA umum dikembangkan oleh masing-masing pemerintah propinsi, sementara itu kurikulum sekolah swasta dikembangkan secara mandiri, yang selanjutnya disetujui oleh pemerintah. SMA harus terakreditasi agar dapat memberikan ijazah, dan di beberapa propinsi, harus terakreditasi agar dapat beroperasi.
SMA di Kanada juga dapat diakreditasi oleh badan akreditasi independen, seperti Canadian Educational Standards Institute (CESI) dan SMA swasta dapat menjadi anggota institusi seperti Canadian Association of Independent Schools. Selain itu juga ada badan akreditasi yang terkait dengan agama atau filsafat pendidikan tertentu.
(http://www.studycanada.ca/Accreditation-of-High-Schools.cfm.html)
Sebenarnya institusi pendidikan di Kanada tidak diberi rangking resmi karena semua institusi pendidikan di Kanada menawarkan program dengan kualitas tinggi. Hanya saja kemungkinan bagi beberapa provinsi tertentu (New Brunswick, Prince Edward Island, dan New Foundland and Labrador)  beserta ketiga wilayah yang ada di Negara Kanada (Northwest Territories, Yukon Territories, dan Nunavut) tidak memiliki
SMA dan sekolah distrik utama karena memiliki akreditasi yang jelek.
 Setelah seorang siswa dinyatakan lulus dari Sekolah Menengah, maka dia dapat melanjutkan kuliah. Siswa diberi  kebebasan memilih jenjang pendidikan yang diinginkan, boleh melanjutkan ke tingkat diploma atau S1. Bila ingin meneruskan studinya lagi, maka bisa langsung menuju ke tingkat S2 dan kemudian S3.
Diploma dan Sertifikat
·       Tersedia di college, community colleges, institusi teknik dan kejuruan.
·       Siswa sudah harus lulus dari sekolah menengah atas.
·       Durasi program umumnya 1-3 tahun.
·       Program 1 tahun akan mendapatkan sertifikat. Jika mengambil kursus tambahan, siswa akan mendapatkan sertifikat lanjutan (advanced certificates).
·       Program transfer ke universitas juga ditawarkan di college tertentu.
Gelar S1
·       Ditawarkan di universitas, university college dan institut.
·       Siswa sudah harus lulus sekolah menengah atas.
·       Program S1 umumnya berlangsung selama 3-4 tahun, tergantung dari masing-masing provinsi dan apakah program yang diambil merupakan program umum atau khusus.
·       Program Diploma dan certificate juga ditawarkan di beberapa institut.
·       Umumnya gelar S1 Honours diberikan untuk jurusan atau pencapaian bidang akademik yang lebih tinggi.
Gelar S2
·       Durasi program umumnya adalah 2 tahun.
·       Siswa sudah harus mendapatkan gelar S1 atau S1 Honours.
·       Salah satu syarat penerimaan untuk program MBA adalah siswa harus lulus ujian GMAT dan mempunyai pengalaman kerja yang relevan.
·       Siswa yang ingin mengambil jurusan Science harus lulus ujian GRE.
·       Setelah tamat siswa berhak mendapatkan gelar Master.
Gelar S3
·       Durasi program umumnya adalah minimum 3 tahun.
·       Siswa sudah harus mempunyai gelar S2 dan mempuyai IPK rata-rata 3 selama S2.
·       Salah satu syarat penerimaan untuk program MBA adalah siswa harus lulus ujian GMAT dan mempunyai pengalaman kerja yang relevan.
·       Siswa yang ingin mengambil jurusan Science harus lulus ujian GRE.
·       Setelah selesai siswa menyandang gelar Doktoral.
       (http://www.Studi Komparatif Pendidikan Tinggi di Negara Kanada dan Indonesia.html)

2.4 Kurikulum Kimia di Kanada
Sistem pendidikan di Kanada berkembang bersama sistem pendidikan di Benua Amerika pada umumnya, sehingga apabila terjadi revisi kurikulum, maka Kanada menjadi salah satu negara yang terkena dampaknya. Sebelum tahun 1958 materi-materi kimia yang diajarkan di Sekolah Menengah Atas menggunakan Pendekatan Ikatan Kimia. Pendekatan Ikatan Kimia merupakan salah satu dari beberapa cara untuk merevisi mata pelajaran SMA pada mata pelajaran kimia. Pendekatan ini dikembangkan di Earlhalm College (Richmond, Indiana) dengan dukungan dari  National Science Foundation, Pendekatan Ikatan Kimia adalah usaha untuk membuat pembelajaran yang lengkap dari mata pelajaran kimia, termasuk: subyek zat, masalah laboratorium, masalah demonstrasi, visualisasi peralatan,  outline, buku teks, bacaan pendukung, dan metode evaluasi.
          Pendekatan Ikatan Kimia dirancang seputar tema umum dari ikatan kimia. Bahasan pelajarannya memusatkan topik dari struktur atom, ikatan kimia, unsur, dan tipe reaksi. Bahasan pelajaran tersebut meliputi:
a.    Ilmu Alam dari Perubahan Kimia
b.    Beberapa Tipe Reaksi Kimia
c.    Elektron, Proton, dan Neutron
d.   Struktur dari Elektron dan Proton
e.    Proses Entropi
f.     Senyawa dan Perubahan Kimia yang Menyertainya
g.    Teori Model Orbital Atom
h.    Energi dan Perubahan Kimia yang Menyertainya
i.      Logam
j.      Ikatan Kimia
k.    Tabel Periodik
l.      Ikatan Kovalen Polar
m.  Kesetimbangan Kimia
n.    Asam dan Basa
o.    Air
p.    Kimia dari grup OH
q.    Kovalen Halida dan Oksihalida
r.     Kimia dari Grup OH : asam
s.     Sistem Senyawa Nitrogen
       Beberapa ahli mengkritisi Pendekatan Ikatan Kimia tidak memenuhi semua lingkup materi di kimia. Selain itu pendekatan secara matematis mengakibatkan banyak siswa tidak bisa mempelajari prinsip dasar karena mereka tidak dapat memenuhi persamaan matematisnya.
       Meskipun sudah ada Pendekatan Ikatan Kimia, Harvey Mudd College (Claremont,California) menggunakan pendekatan yang agak berbeda. Memang masih sangat dini untuk mengatakan “Apakah lebih baik atau buruk daripada Pendekatan Ikatan Kimia”, akan tetapi mungkin hasil yang terbaik adalah memadukan kedua pendekatan tersebut. Oleh karena itu pada tahun 1958 dengan tujuan pembelajaran kimia untuk mengidentifikasi dasar kimia yang harus diajarkan sebagai fondasi mata pelajaran kimia. Pokok bahasan yang terdapat dalam Studi Pendidikan Kimia tersebut meliputi:
a.    Kimia: Percobaan Ilmu Alam
b.    Teori dan Model Atom
c.    Atom dalam Senyawa
d.   Fase gas: Teori Kinetik
e.    Cairan dan Padatan
f.     Kimia dan Tambahan tentang Tabel Periodik (sebagai bacaan tambahan)
g.    Energi
h.    Laju Reaksi
i.      Kesetimbangan
j.      Larutan Ionik
k.    Asam dan Basa
l.      Oksidasi-Reduksi
m.  Stoikiometri
n.    Sejarah Atom
o.    Elektron dan  Tabel Periodik
p.    Molekul dalam Gas
q.    Ikatan kimia dalam Cairan dan Gas
r.     Kimia Karbon
s.     Halogen
t.     Hukum Ketiga Termodinamika
u.    The Second Column
v.    Senyawa Transisi
w.  Biokimia
Selama 1960-1961 sebuah tes program dikembangkan untuk membedakan rentang yang mata pelajarannya digantikan untuk siswa yang secara normal mengambil kimia di sekolah menengah. Penemuan ini menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti materi studi pendidikan kimia selama tahun tersebut kebanyakan mempunyai kemampuan diatas rata-rata (menurut SCAT score). Ketika materi Studi Pendidikan Kimia memasuki ujian akhir, hasilnya sama dengan mereka yang mendapatkan evaluasi dari Komite Pembelajaran Sains Fisika. Meskipun kemampuan tinggi pada materi studi pendidikan kimia harus mempertimbangkan penerimaan relatif dari berbagai variasi siswa mengira untuk menyarankan jika tipe materi Studi Pendidikan Kimia dapat dengan sukses diajarkan pada tingkat Sekolah Menengah Atas.
sumber? tahun? halaman? (buku amerika perpus)

2.5 Perbandingan Kurikulum Kanada dengan Indonesia
No.
Indonesia
Kanada
1.
Kelas X
a.        Struktur Atom, Sistem Periodik, dan Ikatan Kimia
b.       Stoikiometri
c.        Larutan
d.       Elektrolit dan Non Elektrolit
e.        Reaksi Oksidasi Reduksi
f.        Hidrokarbon dan Minyak Bumi.
Kelas X
IPA
2.
Kelas XI
a.       Struktur Atom, Sistem Periodik, dan Ikatan Kimia (lanjutan)
b.      Termokimia
c.       Laju Reaksi dan Kesetimbangan
d.      Larutan Asam Basa
e.       Stoikiometri Larutan
f.       Kesetimbangan Ion dalam Larutan
g.      Sistem Koloid
Kelas XI
a.    Materi dan Ikatan Kimia
b.    Stoikiometri dalam Reaksi Kimia
c.    Larutan dan Kelarutan
d.   Hukum-Hukum Gas
e.    Hidrokarbon dan Energi Kimia

3.
Kelas XII
a.    Sifat Koligatif Larutan
b.    Redoks dan Elektrokimia
c.    Karakteristik Unsur, Kegunaan, dan Bahayanya
d.   Senyawa Karbon dan Reaksinya
e.    Benzena dan Turunannya
f.     Makromolekul.
Kelas XII Persiapan Universitas
a.    Kimia Organik
b.    Perubahan Energi dan Laju Reaksi
c.    Sistem Kimia dan Kesetimbangan
d.   Elektrokimia
e.    Struktur dan Senyawa



Kelas XII Persiapan Diploma
a.    Analisis Kualitatif
b.    Hubungan Kuantitatif dalam Reaksi Kimia
c.    Kimia Organik dan Elektrokimia
d.   Kimia Lingkungan

(The Ontario Curriculum Grades 11 and 12. 2000: halaman??) PDF ONTARIO
PDF Kurikulum INA

2.6  Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum di Kanada
  • Kelebihan:
-     Materi yang dipelajari lebih terfokus, contohnya di kelas X baru diperkenalkan tentang mata pelajaran IPA secara keseluruhan, lalu jika siswa ingin melanjutkan studinya di tingkat diploma maka siswa bisa memilih kelas college preparations begitu juga bagi siswa yang ingin melanjutkan ke universitas maka ia bisa memilih kelas university preparations, sehingga siswa lebih menguasai materi.
-     Sudah melakukan pendekatan inquiry.
-     Karena isi mata pelajaran SMA umum dikembangkan oleh masing-masing pemerintah provinsi sedangkan kurikulum sekolah swasta dikembangkan secara mandiri, yang selanjutnya disetujui oleh pemerintah, maka kelebihannya adalah setiap SMA tersebut bisa mengajarkan materi yang sesuai dengan karakteristik serta kemampuan dari masing-masing siswa didiknya. Namun hal ini juga menjadi kekurangan kurikulum di kanada yang akan dijelaskan dibawah.
  • Kekurangan:
-       Materi terlalu berlebihan untuk tingkat anak SMA.
-       Karena isi mata pelajaran SMA umum dikembangkan oleh masing-masing pemerintah propinsi sedangkan kurikulum sekolah swasta dikembangkan secara mandiri, yang selanjutnya disetujui oleh pemerintah, maka kekurangannya adalah terjadi ketidakmerataan materi, hal ini dikarenakan kemampuan masing-masing siswa didik yang berbeda di tiap sekolah. Sehingga SMA dengan kualitas yang tidak begitu baik tidak dapat mengajarkan materi yang sama dengan SMA yang lainnya. Akibatnya siswa didik dengan kemampuan dibawah rata-rata kemungkinan tidak menerima materi seperti yang diterima siswa-siswa ayang besekolah di SMA yang unggulan.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Pengelolaan pendidikan menengah (SMA) dikedua negara tidak terlalu jauh berbeda. Pendidikan di Kanada dikelola oleh masing-masing provinsi. Pendanaan dibiayai oleh pemerintah. Pemerintah Kanada memberikan perhatian yang sangat besar pada bidang pendidikan. Dengan biaya pendidikan yang terjangkau untuk seluruh penduduk memungkinkan anak-anak Kanada mengakses pendidikan sampai ke perguruan tinggi.
Di Indonesia lama waktu yang ditempuh untuk menyelesaikan pendidikan menengah (SMA) selama tiga tahun, sedangkan di Kanada tergantung kebijakan provinsi masing-masing tetapi umumnya selama empat sampai lima tahun. Kemudian untuk materi kimia di Indonesia cakupannya lebih luas dan hanya dibahas sekilas. Hal ini tentu saja berbeda dengan Kanada yang memiliki materi yang terfokus dan dibahas secara tuntas bahkan melakukan pendekatan inquiry. Meskipun demikian, ternyata kurikulum kimia di Kanada masih terdapat kekurangan yaitu materi yang disampaikan tingkatannya terlalu tinggi untuk ukuran anak SMA.

3.2 Saran
Kurikulum bisa dikatakan sebagai elemen pokok dalam dunia pendidikan, sehingga dengan adanya perbaikan kurikulum maka dapat diartikan bahwa kualitas pendidikan pun ikut membaik. Kualitas pendidikan di Negara Kanada dapat dikatakan sangat berbeda jauh dengan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, Indonesia tidak perlu malu untuk menggali informasi-informasi dari Negara Kanada dalam rangka usaha untuk perbaikan sistem pendidikannya (terutama kurikulum kimianya).
3 Komentar untuk "Kurikulum Kimia di Kanada"

bolehkah aku minta file artikelnya ? sebagai referensi untuk bahasan tentang kurikulum. mohon kirimkan filenya ke puspaindahpratiwi@gmail.com
artikel yang dimuat bermanfaat, terimakasih atas bantuannya ya :)

kalau boleh minta filenya min untuk tambahan referensi. minta tolong kirim ke dewisetiyaningrum31@gmail.com

apakah boleh saya meminta file artikel untuk dijadikan bahan referensi? ini email saya innanur727@gmail.com

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top