Translate

DIMENSI DAN DESAIN ORGANISASI LEMBAGA PENDIDIKAN

Dalam kacamata para ahli organisasi, dimensi struktur organisasi memiliki keragaman pandangan, bahkan dikatakan tidak ada kesepakatan umum diantara para teoritikus mengenai apa yang diartikan sebagai struktur organisasi. Para teoritikus setuju dengan dimensi struktur organisasi tetapi tidak setuju dengan definisi-definisi operasionalnya.

a.       Kompleksitas

Kompleksitas adalah tingkat diferensiasi yang ada di dala sebuah organisasi.

1)      Diferensiasi horizontal

Diferensiasi horizontal adalah perbedaan antara unit-unit berdasarkan orientasi para anggotanya, sifat dari tugas yang mereka laksanakan, tingkat pendidikan, dan pelatihan pegawai. Kondisi nyata dai diferensiasi horizontal adalah spesialisasi dan departementalisasi.

2)      Diferensiasi vertikal

Diferensiasi vertikal adalah pembedaan yang didasarkan pada kedalaman struktur. Makin banyak tingkatan yang terdapat di antara top management dan tingkat hierarki yang paling rendah, makin besar pula potensi terjadinya distorsi dalam komunikasi dan semakin sulit mengkoordinasi pengamilan keputusan dari pegawai manajerial serta makin sukar bagi top manajement untuk mengawai kegiatan bawahannya.

b.      Formalisasi

Formalisasi adalah tingkat sejauh mana pekerjaan di dalam organisasi distandarkan. Konsekuensinya adalah pemegang pekerjaan hanya mempunyai sedikit kebebasan mengenai apa yang harus dikerjakan, bilamana mengerjakannya, dan bagaimana ia harus melakukannya.

Formalisasi penting karena standarisasi perilaku akan mengurangi keanekaragaman.

c.       Sentralisasi

Sentralisasi adalah tingkat dimana pengambilan keputusan dikonsentrasikan pada suatu titik tunggal dalam organisasi.

Desain organisasi didasarkan pada elemen-elemen umum dalam organisasi. Lima elemen umum dalam suatu organisasi, yaitu:

1)      The operating core. Para pegawai yang melaksanakan pekerjaan dasar yang berhubungan dengan produksi dari produk dan jasa. Dalam organisasi sekolah pegawai ini adalah guru. Guru dikatakan sebagai ujung tombak pendidikan yang berinteraksi langsung dengan layanan jasa pembelajaran kepada peserta didik.

2)      The strategic apex. Manajer tingkat puncak yang diberi tanggung jawab keseluruhan untuk organisasi. Pada organisasi sekolah, orang ini adalah kepala sekolah.

3)      The middle line. para manajer yang menjadi penghubung operating core dengan strategic apec. Dalam sekolah, posisi ini dapat diidentifikasi sebagai wakil kepala sekolah yang bertugas menjembatani kebijakan strategis sekolah supaya dapat terimplementasi pada level guru-guru dan staf.

4)      The techno structure. Para analisis yang mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan bentuk standarisasi tertentu dalam organisasi. Dalam konteks organisasi pendidikan di Indonesia, masih jarang sekolah yang memiliki tenaga ini.

5)      The support staff. Orang-orang yang mengisi unit staf, yang memberi jasa pendukung tidak langsung kepada organisasi. Di persekolahan staf ini dikenal dengan tenaga administrasi sekolah (TAS).

Berikut adalah konfigurasi umum desain organisasi oleh Robbins:

·         Struktur sederhana (dinamis menghadapi krisis – disarankan untuk organisasi dalam tahap awal bentuk)

·         Birokrasi mesin (pekerjaan rutin dan standardisasi – untuk organisasi yang secara efektif menangani ukuran yang besar, lingkungan yang stabil dan sederhana)

·         Birokrasi profesional (didesain untuk pekerjaan yang rutin dengan anggota yang profesional)

·         Struktur divisional (menanggapi strategi yag menekankan pada keanekaragaman produk atau pasar)

·         Adhocracy (cocok untuk organisasi dengan strategi variatif, beresiko tinggi, teknologi tidak rutin, atau dengan lingkungan yang dinamis dan kompleks)

 

Spesialisasi

Formalisasi

Sentralisasi

Lingkungan

Klasifikasi Struktural

Struktur Sederhana

Rendah

Rendah

Tinggi

Sederhana dan Dinamis

Organik

Birokarasi Mesin

Fungsional Tinggi

Tinggi

Tinggi

Sederhana dan Stabil

Mekanistik

Birokasi Profesional

Sosial Tinggi

Rendah

Tinggi

Kompleks dan Stabil

Mekanistik

Struktur Divisional

Fungsional Tinggi

Tinggi diantara divisi-divisi

Rendah Terbatas

Sederhana dan Stabil

Mekanistik

Adhocrecy

Social Tinggi

Rendah

Rendah

Kompleks dan Dinamis

Organik

 

0 Komentar untuk "DIMENSI DAN DESAIN ORGANISASI LEMBAGA PENDIDIKAN"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top