A. Definisi
Metode Pembelajaran :
Metode pembelajaran GOKIL merupakan metode pembelajaran yang dapat
digunakan untuk mengetahui seberapa dalam pemahaman peserta didik terhadap
materi kimia yang telah mereka pelajari. Metode pembelajaran ini, selain dapat
mengukur kemampuan pemahaman peserta didik, juga dapat meningkatkan kreatifitas
peserta didik. Gombalan yang dibuat peserta didik tidak terbatas hanya pada
kalimat gombalan saja, tapi dapat berupa pantun, puisi, maupun lagu sesuai
kreatifitas masing- masing peserta didik.
Metode pembelajaran ini megadopsi dari metode
ceramah oleh siswa, namun lebih menekankan pada prinsip joyfull learning. Metode ini juga dapat dikatagorikan sebagai
metode pembelajaran menghafal tanpa menghafal.
Metode pembelajaran GOKIL dapat digunakan sebagai
alternatif bagi peserta didik dalam menghafal dan memahami materi- materi
kimia, khususnya pada bab- bab yang
memerlukan hafalan dan pemahaman (non hitungan).
B.
Langkah-langkah pelaksanaan
1.
Guru/ pendidik telah selesai memberikan/
menjelaskan materi kimia bab tertentu (mis. Ikatan Kimia).
2.
Guru memberikan kesmpatan bagi siswa
untuk bertanya untuk mengantisipasi apabila masih terdapat siswa yang kurang
paham terhadap materi tersebut.
3.
Setelah dirasa seluruh siswa paham dan
mengerti seluruh materi yang telah mereka pelajari, guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok.
4.
Masing-masing kelompok ditugaskan untuk
membuat gombalan kimia yang dapat berupa kalimat, puisi, pantun maupun lagu
sesuai kreatifitas siswa. Dengan ketentuan untuk gombalan yang berupa kalimat
dan pantun minimal 3 buah, dan untuk puisi serta lagu minimal 1 buah.
5.
Guru menyampaikan tata cara permainan/
perlombaan :
a.
Masing- masing kelompok menunjuk 1- 2
orang perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil kreatifitasnya di depan
kelas.
b.
Masing- masing kelompok di berikan
lembar penilaian oleh guru yang berisi penilaan terhadap kelompok lain yaitu
aspek kreatifitas, kesesuaian gombalan dengan materi, kegokilan, kelucuan dll,
dengan skala nilai 1- 10. Pada bagian lembar terakhir berupa lembar saran dan
kritik bagi setiap kelompok, apabila terdapat ketidaksesuaian gombalan yang
dibuat dengan materi kimia yang telah dipelajari.
c.
Setelah selesai,lembar penilaian
dikembalikan kepada guru untuk di jumlah perolehan skor masing- masing kelompok
dan penentuan pemenang. Lembar saran dan kritik yang telah ditulis oleh
kelompok penilai, dikelmbalikan kepada kelompok yang mempresentasikan sebagai
koreksi.
6.
Guru memberikan penghargaan kepada
kelompok pemenang yang dapat berupa snack ringan dengan tujuan dapat dinikmati
seluruh siswa di kelas tersebut dan untuk mencegah timbulnya kesenjangan.
C.
Kelebihan dan Kekurangan Metode
Pembelajaran Gokil
1.
Kelebihan
a.
Meningkatkan siswa dalam pemahaman
materi.
b.
Memudahkan siswa dalam mengingat materi.
c.
Meningkatkan kreatifitas siswa.
d.
Meningkatkan peran siswa dalam
pembelajaran dan evaluasi melalui lembar koreksi pada setiap kelompok yang
mempresentasikan.
2.
Kekurangan
a.
Hanya dapat diterapkan pada materi kimia
non hitung.
b.
Perlunya pengawasan guru yang ekstra
agar siswa tidak hanya ribut/ ramai pada saat metode pembelajaran ini
diterapkan.
Perlu diperhatikan pada pemberian hadiah agar
siswa nantinya tidak hanya mengharapkan hadiah. Selain itu hadiah yang
diberikan haruslah yang dapat dinikmati seluruh siswa, meskipun pemenangnya
hanya satu kelompok saja.
0 Komentar untuk "Metode Pembelajaran GOKIL (Gombalan Kimia Lucu)"
Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)
Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)