Translate

Metode Pembelajaran GOKIL (Gombalan Kimia Lucu)

A.    Definisi Metode Pembelajaran :
Metode pembelajaran GOKIL  merupakan metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengetahui seberapa dalam pemahaman peserta didik terhadap materi kimia yang telah mereka pelajari. Metode pembelajaran ini, selain dapat mengukur kemampuan pemahaman peserta didik, juga dapat meningkatkan kreatifitas peserta didik. Gombalan yang dibuat peserta didik tidak terbatas hanya pada kalimat gombalan saja, tapi dapat berupa pantun, puisi, maupun lagu sesuai kreatifitas masing- masing peserta didik.
Metode pembelajaran ini megadopsi dari metode ceramah oleh siswa, namun lebih menekankan pada prinsip joyfull learning. Metode ini juga dapat dikatagorikan sebagai metode pembelajaran menghafal tanpa menghafal.
Metode pembelajaran GOKIL dapat digunakan sebagai alternatif bagi peserta didik dalam menghafal dan memahami materi- materi kimia,  khususnya pada bab- bab yang memerlukan hafalan dan pemahaman (non hitungan).



B.     Langkah-langkah pelaksanaan
1.      Guru/ pendidik telah selesai memberikan/ menjelaskan materi kimia bab tertentu (mis. Ikatan Kimia).
2.      Guru memberikan kesmpatan bagi siswa untuk bertanya untuk mengantisipasi apabila masih terdapat siswa yang kurang paham terhadap materi tersebut.
3.      Setelah dirasa seluruh siswa paham dan mengerti seluruh materi yang telah mereka pelajari, guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
4.      Masing-masing kelompok ditugaskan untuk membuat gombalan kimia yang dapat berupa kalimat, puisi, pantun maupun lagu sesuai kreatifitas siswa. Dengan ketentuan untuk gombalan yang berupa kalimat dan pantun minimal 3 buah, dan untuk puisi serta lagu minimal 1 buah.
5.      Guru menyampaikan tata cara permainan/ perlombaan :
a.       Masing- masing kelompok menunjuk 1- 2 orang perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil kreatifitasnya di depan kelas.
b.      Masing- masing kelompok di berikan lembar penilaian oleh guru yang berisi penilaan terhadap kelompok lain yaitu aspek kreatifitas, kesesuaian gombalan dengan materi, kegokilan, kelucuan dll, dengan skala nilai 1- 10. Pada bagian lembar terakhir berupa lembar saran dan kritik bagi setiap kelompok, apabila terdapat ketidaksesuaian gombalan yang dibuat dengan materi kimia yang telah dipelajari.
c.       Setelah selesai,lembar penilaian dikembalikan kepada guru untuk di jumlah perolehan skor masing- masing kelompok dan penentuan pemenang. Lembar saran dan kritik yang telah ditulis oleh kelompok penilai, dikelmbalikan kepada kelompok yang mempresentasikan sebagai koreksi.
6.      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok pemenang yang dapat berupa snack ringan dengan tujuan dapat dinikmati seluruh siswa di kelas tersebut dan untuk mencegah timbulnya kesenjangan.




C.     Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Gokil
1.      Kelebihan
a.       Meningkatkan siswa dalam pemahaman materi.
b.      Memudahkan siswa dalam mengingat materi.
c.       Meningkatkan kreatifitas siswa.
d.      Meningkatkan peran siswa dalam pembelajaran dan evaluasi melalui lembar koreksi pada setiap kelompok yang mempresentasikan.


2.      Kekurangan
a.       Hanya dapat diterapkan pada materi kimia non hitung.
b.      Perlunya pengawasan guru yang ekstra agar siswa tidak hanya ribut/ ramai pada saat metode pembelajaran ini diterapkan.
Perlu diperhatikan pada pemberian hadiah agar siswa nantinya tidak hanya mengharapkan hadiah. Selain itu hadiah yang diberikan haruslah yang dapat dinikmati seluruh siswa, meskipun pemenangnya hanya satu kelompok saja.

Related Post:

0 Komentar untuk "Metode Pembelajaran GOKIL (Gombalan Kimia Lucu)"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top