Translate

Identifikasi Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas

Terdapat beberapa model penelitian tindakan yang diusulkan olehsejumlah tokoh, seperti model Kemmis dan Mc.Taggart, Model Elliot,Model Ebbbut, dan Model Mc.Kernan. Model-model tersebutdikembangkan dari pemikir Kurt Lewin, orang yang dianggap sebagaipenggagas awal penelitian tindakan. Kurt Lewin (Mc.Niff, 1992 : 22)menggambarkan penelitian tindakan sebagai serangkaian langkah yangmembentuk spiral. Setiap langkah memiliki empat tahap, yaitumelaksanakan perencanaan (planning), melaksanakan tindakan (acting), pengamatan (observing), danrefleksi (reflecting). Tahapantersebut, membentuk satu siklus, yang dapat dilanjutkanke ke siklus berikutnya denga rencana, tindakan, pengamatan, dan refleksiulang berdasarkan hasil yang dicapai pada siklus sebelumnya. Jumlahsiklus dalam suatu penelitian tindakan bergantung pada apakahpermasalahan penelitian yang dihadapi sudah dapat dipecahkan.Pengembangan terhadap model dasar tersebut dapat dilihat pada gambar 2di bawah ini.

clip_image002 

PTK dalam pelaksanaannya diawali dengan diagnosis masalah,kesadaran permasalahan yang anda rasakan mengganggu dan menghalangipencapaian tujuan pendidikan sehingga ditengarai telah berdampak kurangbaik terhadap proses dan / atau hasil belajar siswa, dan / atau implementasiprogram sekolah.

 

Masalah apa yang mengganggu dan menghalangi anda dalam pencapaiantujuan pendidikan/ pembelajaran:

1. ……………………………………………………………………..

2. …………………………………………………………………….

3. ……………………………………………………………………..

4. ……………………………………………………………………..

5. …………………………………………………………………......

 

Dengan perumusan permasalahan yang lebih tajam tersebut dapatdilakukan diagnosis kemungkinan-kemungkinan penyebab permasalahnsecara lebih cermat sehingga terbuka peluang untuk menjajaki alternatifalternatiftindakan perbaikan yang diperlukan sebagai upaya mengatasiatau memecahkan masalah yang perlu ditunjang dengan data lapangansistematis dan kajian pustaka yang relevan. Hal itu dapat anda tuliskandalam format berikut.

 

Diagnosis permasalahan:

6. ……………………………………………………………………..

7. …………………………………………………………………….

8. ……………………………………………………………………..

Alternative tindakan perbaikan:

…………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………

0 Komentar untuk "Identifikasi Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top