Translate

Pengembangan Kemampuan Daya Pikir Anak

Pengembangan daya pikir dan daya cipta. Daya pikir atau daya cipta merupakan potensi yang ada pada diri individu untuk menangkap, mengolah, menyampaikan dan mengungkapkan kembali. Dalam bukunya Anggara Sudono (1995). Kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan anak yang sering diartikan sebagai kecerdasan atau daya pikir. Piaget menjelaskan ada tiga cara bagaimana anak dapat sampai pada mengetahui sesuatu. Pertama melalui interaksi sosial yaitu mempelajari sesuatu dari manusia dan lingkungan sekitar. Kedua melalui pengetahuan fisik yaitu mengetahui sifat fisik suatu benda. Ketiga logical – mathematical yaitu tentang angka, klasifikasi, waktu, ruang dan konservasi.

Pada tahapan ini anak sudah mampu berfikir secara logis tanpa keharusan adanya referensi benda-benda konkrit. Anak pada usia Taman Kanak-Kanak dalam hal ini adalah pada tahapan proporsional. Hal ini dikarenakan anak belum memiliki kesanggupan untuk berfikir secara logis dalam rangka mengenali sifat-sifat khusus suatu objek secara cermat. Anak masih memerlukan suatu media dalam proses kegiatan pembelajaran yang bersifat konkrit.

Salah satu dari pengembangan kemampuan daya pikir atau kognitif adalah berhitung atau matematis. Secara umum ada tiga kecakapan yang mendasari bidang berhitung. Pertama pemasangan satu-satu, kedua meningkatkan komunikasi simbol verbal (bahasa) maupun numeral (angka), ketiga mengurutkan. Kcakapan ini merupakan dasar yang penting bagi pemahaman dan ketrampilan pengukuran. Dalam kegiatan pembelajaran di Taman Kanak-Kanak khususnya tentang berhitung yang mengembangkan kognitif anak harus menggunakan media pembelajaran yang sesuai denagn tingkat perkembangan dan tujuan kegiatan pembelajaran.

Berhitung merupakan aktivitas yang mengembangkan kemampuan kognitif anak atau daya pikir anak dan berhubungan dengan kecerdasan anak. Menurut Piaget kecerdasan terbentuk melalui proses penangkapan stimulus, pembentukan gambaran mental pengasimilasian atau pengakomodasian pengalaman pada organisme kemudian berputar kembali ke pembentuk gambaran dari hand out Tumardi (Metodologi Pengembangan Daya Pikir dan Daya Cipta).

0 Komentar untuk "Pengembangan Kemampuan Daya Pikir Anak"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top