Translate

KRITERIA KEBERHASILAN LEMBAGA PENDIDIKAN

 

Pengorganisasian sebagai proses membagi kerja ke dalam tugas-tugas yang lebih kecil, membebankan tugas-tugas itu kepada orang yang sesuai dengan kemampuannya, dan mengalokasikan sumberdaya, serta mengkoordinasikannya dalam rangka efektivitas pencapaian tujuan organisasi. Oleh sebab itu, untuk mencapai tujuan sebuah organisasi maka diperlukan kriteria keberhasilan organisasi lembaga pendidikan (Nanang Fattah, 1996 : 71).

Kriteria keberhasilan berfungsi untuk menentukan nilai suatu aspek dalam suatu komponen tertentu. Pengelolaan suatu lembaga pendidikan yang efektif dan efisien merupakan syarat mutlak keberhasilan organisasi tersebut. Tidak terkecuali lembaga pendidikan yang juga akan semakin dituntut menjadi suatu organisasi yang tepat sasaran dan berdayaguna. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal memerlukan suatu sistem pengelolaan yang profesional. Sebagai salah satu komponen utama dalam sistem pendidikan, selayaknya sekolah memberikan kontribusi yang nyata dalam meningkatkan kualitas SDM. Hal ini tidak terlepas dari seberapa baik sekolah tersebut dikelola. Apabila sekolah dianalogikan sebagai mesin produksi, maka kualitas output akan relevan dengan kualitas mesinnya. Keberhasilan suatu lembaga pendidikan (sekolah) merupakan keberhasilan kepala sekolah. Kepala sekolah yang berhasil apabila mereka memahami keberadaan sekolah sebagai organisasi yang kompleks dan unik, serta mampu melaksanakan peranan kepala sekolah sebagai seseorang yang diberi tanggung jawab untuk memimpin sekolah.

Kualitas sebuah lembaga pendidikan juga hakikatnya diukur dari kualitas proses pembelajarannya, disamping output dan outcome yang dihasilkan. Oleh karena itu kriteria mutu dan keberhasilan pembelajaran seharusnya dibuat secara rinci, sehingga benar-benar measurable and observable (dapat diukur dan diamati).

Menurut Rahmania Utari, kriteria keberhasilan lembaga pendidikan adalah sebagai berikut:

-          Input : tingkat ketersediaan dan pendayagunaan masukan instrumental dan lingkungan

-          Proses : tingkat efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pembelajaran

-          Output : tingkat pencapaian lembaga dan hasil belajar

-          Outcome : dampak langsung dan tidak langsung

22 Komentar untuk "KRITERIA KEBERHASILAN LEMBAGA PENDIDIKAN"

Keberhasilan lembaga pendidikan dalam meningkatkan kualitas tidak terlepas dari Kepemimpinan, SIM, Humas, Peserta didik. Mengapa demikian?

mohon dikirimkan isi artikel ini untuk menambah referensi skrpsi saya, terima kasih. Alamat email: Rachelanastasya56@gmail.com

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus

190106104.mhs@uinmataram.ac.id

Mohon maaf ,saya boleh minta artikelnya?. Terimakasih

mohon maaf kak, saya izin minta artikelnya, apakah boleh

nurulnurnurul0405@gmail.com

Mohon maaf kak, boleh share artikel ini ke email saya? sebagai bahan referensi tugas saya, terima kasih

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top