Translate

Hierarki Belajar Menurut Robert M. Gagne

Dalam bukunya yang berjudul The Conditions of Learning (1970), Gagne  mengemukakan delapan macam jenis belajar yang memebentuk satu hierarki belajar bertahap dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks, yang meliputi (Suyono & Hariyanto, 2012:137):

a.       Signal Learning, atau belajar isyarat. Merupakan tahap belajar yang paling sederhana, setahap lebih tinggi dari perbuatan reflex. Individu belajar mengenal dan member respon terhadap isyarat.

b.      Stimulus-response learning, belajar rangsangan-tanggapan. Setahap lebih tinggi dari belajar tanda-tanda. Merupakan upaya untuk membentuk hubungan antara rangsangan dengan tanggapan. Respon yang diperoleh karena adanya stimulus lebih bersifat emosional.

c.       Chaining, rantai perbuatan. Individu belajar melakukan suatu rangkaian kegiatan yang membentuk suatukesatuan. Suatu bentu rangkaian motorik.

d.      Verbal association, asosiasi verbal. Perilaku yang berhubungan dalam bentuk verbal yaitu hubungan bahasa.

e.       Discrimination learning, belajar membedakan. Individu belajar melihat perbedaan dan juga persamaan sesuatu benda dengan lainnya, sehingga dapat melakukan pengelompokan dan klasifikasi.

f.       Concept learning, belajar konsep. Menyangkut pemahaman dan penggunaan konsep-konsep. Konsep merupakan symbol hasil pemikiran, diperoleh dari hasil membuat penafsiran terhadap fakta, prinsip, prossedur atau fenomena a;am dan hubungan antar berbagai fakta.

g.      Rule learning, belajar aturan-aturan, kaidah-kaidah dan hukum-hukum. Hukum-hukum ilmiah merupakan pernyataan relasi antara berbagai konsep. Belajar aturan dapat dilaksanakan baik di dalam keluarga, di dalam masyarakat, di sekolah, pemerintahan, dan lain-lain.

h.      Problem solving learning, belajar pemecahan masalah. Belajar pemecahan masalah adalah belajar dalam menerapkan prinsip-prinsip, konsep-konsep dan hukum keilmuan guna memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

0 Komentar untuk "Hierarki Belajar Menurut Robert M. Gagne"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top