Translate

Isolasi Eugenol dari Minyak Daun Cengkeh

Dua ratus gram minyak daun cengkeh dimasukkan ke dalam gelas piala 1000 ml dan diaduk dengan penambahan larutan 80 gram NaOH dalam 500 ml akuades. Campuran dipindahkan ke dalam corong pisah, kemudian didiamkan hingga terbentuk dua lapisan (lapisan atas A1 dan lapisan bawah B1). Lapisan atas A1 diekstrak lagi dengan 16 gram NaOH baru dalam 150 ml aquades, hingga terbentuk dua lapisan (lapisan atas A2 dan lapisan bawah B2). Lapisan bawah B1 diekstrak dengan petroleum eter 3 kali @100 ml lalu dipisahkan (lapisan atas A3 dan lapisan bawah B3). Lapisan bawah B2 dan B3 digabung, kemudian diasamkan dengan HCl 25% sambil diaduk dengan pengaduk magnet sampai pH=2-3. pH diukur menggunakan kertas pH.

            Setelah didiamkan, terbentuk dua lapisan. Lapisan tersebut dipisahkan. Lapisan atas (organik) disimpan, sedangkan lapisan bawah diekstrak dengan petroleum eter dua kali @100 ml. Lapisan organik digabung, dicuci dengan akuades hingga netral, dikeringkan dengan Na2SO4 anhidrat, kemudian pelarutnya diuapkan pada evaporator Buchi. Kemurnian eugenol diperiksa kemurniannya dengan kromatografi gas (GC). Analisis struktur dilakukan dengan alat spektrofotometer IR.

0 Komentar untuk "Isolasi Eugenol dari Minyak Daun Cengkeh"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top