Translate

Teknik Memperlambat Laju Korosi

Untuk memperlambat korosi, ada beberapa cara yang bisa ditempuh, yaitu:

 

1.      Pelapisan logam, 2. Pengecatan, 3. Perlindungan katodik, dan 4. Memperkecil katalisator dalam system.

1.      Pelapisan logam

            Prinsip pelapisan logam adalah menghambat reaksi oksidasi logam yang akan dilindungi. Jadi pada proes ini logam yang akan dilindungi harus dilapisi dengan logam yang sukar mengalami oksidasi.  Contoh dalam kehidupan sehari- hari seperti: melapisi besi dengan emas, melapisi besi dengan krom, melapisi besi dengan perak, melapisi besi dengan titanium, dll.

           Ada beberapa macam teknik pelapisan logam,yaitu: 1. Penyepuhan/ penyalutan listrik/ electroplating, 2. Pencelupan Panas (Hot Dipping), 3. Pelapisan Dengan Penyemprotan, 4. Pelapisan Dengan Penempelan (Clad Coating) dan 5. Pelapisan Difusi. Pemilihan pelapisannya sangat tergantung dari jenis logam,  kegunaan, dan tingkat kebutuhannya.

2.      Pengecatan

   Pengecatan bertujuan untuk memisahkan dari logam dan lingkungannya.

Pengecatan yang baik adalah mampu menutup semua pori logam yang ada, sehingga peluang oksigen dan air untuk masuk kerongga logam besi akan bisa dihindari. Untuk hal ini sering digunakan cat, selaput organic, vernis, lapisan logam, dan enamel.

        Jika pori- pori logam yang ada tidak tertutup, maka akan terjadi reaksi seperti berikut:

clip_image001         Fe       +  O2                         Fe O

clip_image002         Fe       +  O2                         Fe2 O3

Apalagi dalam suasana yang mendukung seperti:  pH tinggi (suasana basa), pH rendah (suasana asam),  kelembaban udara yang tinggi, dan keberadaan air maka semuanya akan mampu sebagai katalisator proses perkaratan.

 

3.      Perlindungan katodik

           Prinsip perlindungan katodik adalah membuat bahan yang akan dilindungi ditempatkan sebagai katoda, dan bahan lain yang akan dikorbankan ditempatkan sebagai anoda. Dengan kontrol arus kita dapat mendeteksi apakah anoda masih berfungsi atau tidak.  

            Secara mudah perlindungan katodik yang sering dilakukan 2 macam cara yaitu:

  1. Metoda Anoda Tumbal/ korban (Sacrificial Anode Method) dan b. Metoda Arus Terpasang (Impressed Current Method). Kedua cara ini, kontrol arus harus selalu dilakukan agar logam yang dilindungi (sebagai katoda) tetap terjaga dan tetap utuh. Oleh karenanya metoda ini dikenal sebagai perlindungan katodik.

 

4. Memperkecil katalisator dalam sistem.

         Proses reduksi- oksidasi yang ada sering dapat semakin cepat terjadi, hal ini disebabkan karena adanya beberapa faktor  seperti berikut: pH rendah (suasana asam), pH tinggi (suasana basa), oksigen, kelembaban udara yang tinggi, adanya oksidator atau reduktor. Semua faktor yang mampu mempercepat laju korosi, sering disebut katalisator.

0 Komentar untuk "Teknik Memperlambat Laju Korosi"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top