Translate

Macam Perlindungan Katodik

            Ada 2 macam perlindungan katodik yang sering dilakukan yaitu: a. Metoda Anoda Tumbal/ korban (Sacrificial Anode Method) dan b. Metoda Arus Terpasang (Impressed Current Method).

a. Metoda Anoda Tumbal/ korban (Sacrificial Anode Method)

           Prinsip Metoda Anoda Tumbal adalah membuat bahan yang akan dilindungi ditempatkan sebagai katoda, dan bahan lain yang akan dikorbankan ditempatkan sebagai anoda. Dengan kontrol arus kita dapat mendeteksi apakah anoda masih berfungsi atau tidak.

           Metoda ini dapat dikatakan berhasil baik jika kita tepat dalam memilih anoda yang akan dikorbankan. Secara kasar dapat dikatakan anoda yang dikorbankan harus mempunyai kemudahan oksidasi lebih tinggi dari logam yang akan dilindungi. Hal ini akan diuraikan pada bagian deret volta.

             Pada sistem ini pengecekan arus yang terlihat di monitor dan anoda korban harus selalu kontinyu, agar logam yang dilindungi (pada katoda) tetap terjaga dan utuh.

 

  

b. Metoda Arus Terpasang (Impressed Current Method).

           Prinsip Metoda Arus Terpasang adalah memberi arus yang lebih kecil dari tegangan polarisasi dari logam tersebut. Metoda ini memiliki keuntungan tidak termakannya anoda yang diberikan. Untuk menghambat laju korosi pada polarisasi katodik tertentu diperlukan arus terpasang sebesar :

                                          ie = io  eksp α η z F/ RT 

di mana:

ie = arus minimal yang diperlukan untuk menghambat laju korosi logam

io = arus polarisasi yang diperlukan oleh logam untuk  proses korosi

α  = derajat polarisasi

η  = polarisasi keseluruhan

z = bilangan oksidasi = (untuk besi 2 )

F = Faraday = 96,494 Coloumb/ mol

R = konstanta Reyberg = 8,3142 joule/ mol K

T = suhu mutlak

            Jadi sebagai contoh: untuk mengendalikan  laju korosi baja dalam air laut  maka arus yang diberikan minimal adalah -650 mV SSC. Namun jika arus yang diberikan lebih kecil maka (missal -850 mV SSC), maka lajunya bisa berkurang lebih 0,02 % dibandingkan dengan baja yang tidak diberikan perlindungan.
0 Komentar untuk "Macam Perlindungan Katodik"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top