Translate

Istilah- Istilah Kimia Al- As

alcoholic fermentation, fermentasi alkohol. Peristiwa perubahan secara anaerobik dari glukosa menjadi etanol, seiring dengan pembentukan ATP.

 

aldol condensation, kondensasi aldol. Kombinasi dari dua buah senyawa-senyawa karbomil (aldehid dan keton) menjadi bentuk α -hydroxycarbonyl atau aldol

 

aldose,  aldosa. Monosakarida dengan atomkarbon C-1 yang berisi kelompok aldedhid

 

alleles  Bentuk lain dari gen pada tempat khusus dari kromosom.

 

allosteric interaction, interaksi alosterik Interaksi antara molekul kecil (ligan) dan sisi dari protein yang mungkin berada jauh dari sisi aktifnya; interaksi ini menyebabkan perubahan penyesuaian dan alterasi yang konsekuen pada aktifitas katalitik protein.

 

α helix Struktur motif bersama pada protein-protein dengan polipeptida sebagai rantai utama yang membentuk bagian dalam dari delapan tangan heliks, dengan sisi rantai-rantai perpanjangan kearah luar; heliks distabilkan dengan ikatan rantai dalam hydrogen antara NH dan grup CO oleh rantai utama.

 

α-ketoglutarate dehydrogenase Siklus enzim asam sitrat yang mengkatalisis oksidatif dekarboksilasi dari α ketoglutarat menjadi succinil CoA. Enzim ini membantu untuk meregulasi dasar dari siklus asam citric, yang secara sturktural dan mekanis mirip dengan kompleks piruvat dehidrogenase.

 

alternative splicing Generasi yang unik namun berhubungan dengan molekul-molekul oleh sambungan yang berbeda dari pre-mRNA transkrip,sambungan alternatif dapat meningkatkan potensial dalam mengkode genom.

 

Amanitin. Peredaran oktapeptida dari jamur Amanita phalloides (the destroying angel) yang berpotensi untuk menghalangi fase elongasi dari sintesis RNA yang dikatalisis oleh RNA polymerase II.

 

Ames test Merupakan tes sederhana, cara cepat untuk mendeteksi karsinogen dengan mengukur kemampuan kimia untuk mengakibatkan mutasi pada bakteri Salmonella

 

amiloride-sensitive sodium channel, channel sodium sensitif-amiloride Saluran sodium yang berfungsi untuk mendeteksi rasa garam. Beberapa saluran tertutup oleh amiloride, yang juga dapat mematikan rasa garam.

 

amino acid, asam amino. Asam yang berasal dari bahan organic dengan atom α karbon yang dihubungkan dengan asam karboksilat, grup amino, atom hydrogen dan sisi rantai (grup R). Dua puluh asam amino yang berbeda, dibangun oleh kompleks protein.

 

amino sugar, gula amino. Gula yang mengandung grup amino daripada grup hidroksil dengan C-2 sebagai posisi; gula amino yang paling umum adalah glukosamin dan galaktodsamin.

 

Aminoacyl-tRNA. Asam amino golongan ester untuk transfer RNA.

 

aminoacyl-tRNA synthetase Suau enzim yang mengaktifkan sejenis asam amino dan kemudian bekerjasam dengannya unuk mentransfer RNA. Juga dikenal sebagai enzim pengaktif, setiap aminosil-tRNA dibuat spesifik untuk asam amino tertentu.

 

aminotransferase Suatu kelas enzim yang mentransfer suatu grup α -amino dari asam α -amino menjadi asam α -keto. Dikenal dengan nama transaminase.

 

ammoniotelic makhluk hidup yang menggeluarkan ammonia secera langsung, biasanya dikeluarkan oleh hewan air.

 

AMP-dependent protein kinase protein kinase, terdapat pada eukariot, yang akan aktif jika berikatan dengan AMP dan dihambat oleh ATP; mengakibatkan, ini berfungsi sebagai pengukur bahan bakar seluler, terhambatnya proses tertentu dengan cara phosphorylaything enzim kunci saat energi rendah.

 

ampere satuan energi listrik, bernilai: 6.24 × 1018 per second.

 

amphibolic reactions proses metabolisme yang bisa menjadi katabolisme ataupun anabolisme, tergantung pada kondisi energi dalam sel.

 

amphipathic molecule Molekul, seperti lemak membran,yang menggandung bagian hidropobik dan hidrofilik.

 

Amylopectin suatu bentuk pati yang bercabang, yang mengandung residu glukosa disekitar satu α -1,6 per 30 α -1,4 sambungan.

 

amylose Bentuk pati yang tidak bercabang, mengandung residu glukosa pada rantai α -1,4.

 

amytal suatu barbiturate yang menghalangi rantai respirasi dengan menghambat transfer electron pada kompleks reduktase NADH-Q.

 

anabolic steroid Suatu steroid, seperti testosteron, yang bekerja melewati resepor androgen untuk menstimulus gen yang mempertinggi perkembangan dari masa otot.

 

anabolism Suatu set dari reaksi metabolic yang memerlukan energi untuk mensintesis molekul dari precursor yang simple

 

anaerobic dalam keadaan tanpa oksigen.

 

anapleurotic reaction Berasal dari kata yunani untuk “memenuhi”, menunjukkan reaksi yang menggantikan proses meabolisme intermediet yang hilang. Contoh yang umum adalah reaksi yang dibuat oleh piruvat karboksilase, dimana karboksilasi dari piruvat menghasilkan oksalat, komponen penting dari cicin asam sitrik.

 

Andersen's disease Suatu penyakit yang menyebabkan kegagalan dalam membuat ikatan α -1,6-glykosidic pada saat sintesis dari glikogen. Glikogen ada dalam ambang normal tapi dengan cabang luar yang lebih panjang; secara klinis, penyakit yang mempunyai ciri cirrhosis pada liver.

 

androgens Merupakan salah satu kelompok hormone steroid, dibawah pengaruh hormon testosteron, yang bertanggungjawab atau berperan dalam perkembangan karakteristik seks sekunder pada pria; disintesis oleh testes.

 

angstrom (Å) Suatu satuan panjang yang equal/setara dengan 10-10 meter.

 

anomers Isomer-isomer dari hemiasetal siklis atau hemiketal, dengan perbedaan konfigurasi  hanya pada atom karbon karbonil-nya; karbon tersebut dikenal sebagai karbon anomerik.

 

antagonist Sebuah molekul yang berikatan dengan protein reseptor tetapi tidak memicu jalur persinyalan. Sama hal-nya dengan molekul yang berperan sebagai zat kompetitif  inhibitor pada enzim.

 

antibody Suatu protein yang disintesis oleh hewan dalam merespon suatu substansi asing, atau suatu antigen; sering berikatan dengan antigen, menetralisir substansi asing tersebut atau menghancurkannya.

 

anticodon Suatu rangkaian tiga buah nukleotida dari RNAt yang memiliki pasangan basa satu buah kodon dalam RNAm.

 

antigen Suatu substansi asing yang dapat mendatangkan sintesis antibodi.

 

antigenic determinant Bertempat di antigen di mana suatu antibody berikatan padanya. Disebut juga sebagai epitope.

 

antimycin A Sebuah antibiotik dari bakteri Streptomyces yang menghambat system pernafasan dengan cara memblokir transfer elektron dalam reduktase kompleks sitokrom.

 

antiporter Sebuah sistem transport di mana suatu molekul dibawa melewati membran yang arahnya berlawanan dengan ion, yang pada gilirannya dipompa kembali melewati membran selama transport aktif yang berkaitan dengan hidrolisis ATP.

 

antiserum Serum diambil dari darah hewan yang terimunisasi berisi antibody terlarut yang khusus untuk antigen yang memiliki ke-khas-an tertentu.

 

apoptosis Suatu peristiwa peluncuran enzim proteolitik yang berperaan dalam pengontrolan kematian sel dalam responnya terhadap kerusakan sel yang signifikan atau perkembangan yang yang terprogram secara spesifik. Disebut juga sebagai kematian sel yang terprogram.

 

arachidonate Merupakan derivat dari linoleat, derived from linoleate, 20:4 asam lemak yang merupakan precursor utama terhadap beberapa sinyal molekul, termasuk prostaglandin.

 

 arrestin Suatu protein yang berperan dalam terminasi galur transduksi sinyal visual melalui pengikatan rhodopsin yang terfosforilasi serta pencegahan terjadinya interaksi dengan transducin. Arrestin mungkin memiliki peran yang sama dalam galur transduksi sinyal 7TsM-bebas lainnya.

 

ascorbate (vitamin C) Merupakan vitamin yang larut dalam air yang berfungsi sebagai antioksidan dan dibutuhkan dalam hidroksilasi kolagen; dan sebagai obat defisiensi vitamin C (sariawan).

 

 

aspartyl proteases, aspartil protease  kelas enzim pendegradasi protein yang aktivitasnya tergantung kepada residu aspartat pada daerah aktif. Aspartil protease diperlukan untuk replikasi HIV.

0 Komentar untuk "Istilah- Istilah Kimia Al- As"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top