Translate

Istilah- Istilah Kimia Ac- Al

acetyl CoA carboxylase. Merupakan enzim yang mengkatalisis proses sintesis (yang membutuhkan ATP) malonil Ko-A dari asetil Ko-A dan karbon dioksida, dimana berperan dalam menjalankan beberapa tahapan dalam sintesis asam lemak. 

 

acetylcholine receptor. Sebuah saluran gerbang ligan yang memungkinkan masuknya ion sodium dalam jumlah besar dan menggerakkan potensial aksi; terdiri dari pentamer subunit polipeptida, saluran terbuka untuk memungkinkan lintasan ion potasium dan sodium dimana dua molekul asetilkolin mengakibatkan terbukanya saluran untuk sementara waktu.

 

acetylcholinesterase. Sebuah enzim pada pembelahan sinaptis yang mengubah asetilkolin menjadi kolin dan asetat; kerja dari enzim ini mengakibatkan tertutupnya membran reseptor asetilkolin dengan secara cepat mengurangi konsentrasi dari asetilkolin pada daerah antara membran pre-sinaptik dan post-sinaptik.

 

acetyllysine-binding domain. Sebuah domain yang terdiri dari ikatan tetra heliks yang mengikat peptide-peptida yang mengandung asetillisin. Disebut juga bromodomain.

 

actin. Merupakan protein yang banyak ditemukan pada eukariot; pada otot lurik, membentuk filamen dari sarkomer dan mengaktifkan ATPase dari miosin.

 

actinomycin. Merupakan antibiotik polipeptida dari Streptomyces yang memcegah pemanjangan fase sintesis RNA dengan mengikat DNA heliks ganda melalui interkalasi, sehingga mencegah DNA sebagai templat.

 

action potential. Merupakan bentuk peningkatan potensial membran dan perubahan konduktivitas sodium dan potassium yang dihasilkan dari perubahan permeabilitas ion dari membran akson. Disebut juga impuls saraf.

 

activated carriers. Adalah molekul-molekul kecil yang membawa gugus fungsi teraktivasi yang dapat didonasikan ke molekul lain; sebagai contoh, ATP membawa gugus fosfat teraktivasi dan KoA membawa gugus asil teraktivasi.

 

activated methyl cycle. Adalah sebuah rangkaian reaksi dimana gugus S-metil dari metionin dirubah menjadi bentuk biokimiawi reaktif melalui penyisipan ke dalam gugus adenosil; sebuah gugus S-metil aktif dapat dipindahkan dari S-adenosilmetionin ke molekul akseptor seperti norepinefrin. Tahapan terakhir dari siklus  tersebut adalah regenerasi metionin dari homosistein dan N5-metiltetrahidrofolat.

 

activation domain. Merupakan daerah structural dari factor transkripsi yang memfasilitasi transkripsi dalam beberapa bentuk. Lihat juga DNA-binding domain.

 

active site. Merupakan daerah spesifik dari enzim yang mengikat dan mengkatalisis substrat.

 

 

active transport, Transpor aktif transpor dari ion atau molekul melawan gradient konsentrasi,dimana DG untuk spesies yang berpindah positif;proses ini harus berpasangan dengan input dari energi bebas yang berasal dari sumber seperti ATP, gradient elektrokimia dari Na+ atau K+, atau cahaya

 

Actomyosin Bentukkompleks in vitro antar myosin dan aktin yang memperlihatkan sifat pasti dari otot,seperti kontraksi pada kehadiran ATP.

 

Acyl adenylate Campuran anhydridedimana kelompok molekul carboxyl terhubung pada kelompok phosphoryl AMP;bentuk dari acyl adenylates berfungsi untuk mengaktifasi kelompok carboxyl dalam reaksi biokimia, seperti pembentukan molekul dari lemak acyl CoA dari asam lemak bebas dan koenzim A.

 

acyl carrier protein, protein pembawa Acyl Bakteri polipeptida yang terhubung pada phosphopantetheine dan bertindak sebagai carrier dari rantai lemak acyl yang sedang tumbuh selama biosintesis dari asam lemak.

 

adaptation, adaptasi Pengaturan ulang level sensitivitas dari reseptor-reseptor dikarenakan kehadiran terusmenerus dari ligand. Dapat disebut juga desentisasi.

 

addition to or formation of double bond, penambahan atau pembentukan ikatan ganda Reaksi dimana suatu kelompok fungsional ditambahkan padaikatan ganda atau kelompok yang dipindahkan dari suatu molekul untuk membentuk ikatan ganda.

 

Adeninylate cyclase Suatu enzim yang membentuk cAMP, pemberi pesan keduadari ATP.

 

 Adenylate cyclase cascade Jalur transduksi sinyal yang mempekerjakan cAMP dan serangkaian enzim untuk mengubah (mengkonversikan) sinyal ekstraseluler kepada sinyal intraseluler.

 

adipocytes, adiposit sel mamalia yang merupakan penyimpanan utama untuk triacylglycerols.

 

A-DNA helix Bagian sebelah kanan dari helix ganda terbuat dari untaiantiparalel disatukan oleh pasangan basa A-T dan G-C;lebih lebar dan pendek dari DNA-B dan dapat dilihat padaDNA dehidrasi jugapada bagian untai ganda dari RNA didalam RNA-DNA helix.

 

aerobic, aerob  Terdapat oksigen didalamnya.

 

affinity chromatography, kromatografi afinitas Sebuah teknik pemurnian dari protein berdasarkan ketinggian afinitas dari banyak protein untuk kelompokkimia yang spesifik. Kelompok ini terikatpada matriks inest;dan sampel protein diajukan,hanya protein-protein dengan afinitas untuk kelompok tersebut yang terikat.

 

affinity labeling, pelabelan afinitas Pemetaan sisiaktif dari enzim dengan menggunakan substrat analog yang terikat pada sisi aktif dan membentuk ikatan kovalen dengan asam amino terdekat.

 

Agonists Molekul yang terikat pada protein reseptor dan pemicu jalur sinyal.

 

Alcaptonuria Kelainan penyakit menurun yang tidak berbahaya diakibatkan oleh hasil pemecahan dari tyrosine dan phenylalanine.

0 Komentar untuk "Istilah- Istilah Kimia Ac- Al"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top