Translate

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas

Sebagaimana halnya penelitian atau arti riset, penelitian tindakan kelas jugamerupakan upaya untuk mencari jawaban yang dapat menjadi pemecahan suatumasalah yang sedang dihadapi. Berkenaan dengan arti penelitian tindakan kelas ini,ada berbagai sumber literatur yang mencantumkan pengertian penelitian tindakankelas. Walaupun ada beberapa definisi penelitian tindakan kelas yang kadang-kadangterlihat berbeda, namun definisi-definisi tersebut memiliki banyak persamaan. Perlupula dikemukakan bahwa sebelum istilah penelitian tindakan kelas digunakan, yanglebih banyak dikenal adalah Penelitian Tindakan (Action Research). Penelitiantindakan ini memiliki kawasan yang lebih luas dari pada penelitian tindakan kelas.Penelitian tindakan dapat diterapkan dalam berbagai bidang ilmu di luar ilmupendidikan, misalnya dalam bidang industri, kesehatan, ekonomi dan sebagainya.

Untuk mengetahui konsep penelitian tindakan kelas (PTK)yang didalam bahasa Inggris disebut classroom action research (CAR)secarajelas perlu dikemukakan sejumlah batasan tentang penelitian tersebut.Dave Ebbutt, sebagaimana dikutip Hopkins (1993), menyatakan bahwapenelitian tindakan adalah kajian sistematik tentang upaya meningkatkanmutu praktik pendidikan oleh sekelompok masyarakat melalui refleksi atashasil tindakan tersebut.Sementara itu, menurut Kemmis dan Mc.Tanggart (dalam SolyAbimanyu, 1995), penelitian tindakan adalah studi yang dilakukan untukmemperbaiki diri sendiri, pengalaman kerja sendiri, tetapi dilakasanakansecara istematis, terencana, dan dengan sikap mawas diri. Sebagai bentukpenelitian praktis, dalam bidang pendidikan, penelitian tindakan inimengacu pada apa yang dilakukan guru untuk memperbaiki prosespengajaran yang menjadi tanggung jawabnya. Penelitian ini dapatdilakukan guru secara perorangan untuk kepentingan perbaikanpengajarannya di kelas atau dilakukan oleh sekelompok atau seluruh guruuntuk memperbaiki keadaan di sekolah tersebut.

Menurut John Eliot (dalam Hopkins, 1993), penelitian tindakan adalahsuatu kajian tentang situasi sosial dengan tujuan memperbaiki mututindakan dalam situasi sosial tersebut. Tujuan penelitian tersebut adalahuntuk memperoleh penelitian praktis dalam situasi konkrit. Oleh sebab itu,kesahihan teori atau hipotesis tidak terlalu bergantung pada tes kebenaranilmiah, melainkan pada manfaatnya dalam membantu masyarakat agarmereka dapar berperilaku secara lebih cerdas dan terampil. Teoridivalidasi melalui tindakan praktis.

Suharsimi Arikunto (2006) menjelaskan frasa penelitian tindakan kelasdari unsur kata pembentuknya, yakni penelitian, tindakan, dan kelas.Penelitian mengacu pada suatu kegiatan mencermati suatu objek denganmenggunakan cara atau aturan metodologi tertentu untuk memperoleh dataatau informasi yang bermanfaat untuk meningkatkan mutu suatu hal yangmenarik minat dan penting bagi peneliti. Tindakan mengacu pada suatugerak kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu. Dalampenelitian tindakan kelas tindakan itu berbentuk rangkaian siklus kegiatanuntuk siswa. Kelas mengacu pada pengertiannya yang tidak terikat padaruang kelas, tetapi pada pengertian yang lebih spesifik. Istilah kelasmengacu pada sekelompok siswa yang dalam waktu yang sama menerimapelajaran yang sama dari guru yang sama. Kelas bukan wujud ruang, tetapisekelompok peserta didik yang sedang belajar. Dengan demikian,penelitian tindakan kelas dapat dilakukan tidak hanya di ruang kelas, tetapidi mana saja tempatnya, yang penting ada sekelompok anak belajar.Pembelajaran dapat terjadi di laboratorim, di perpustakaan, di lapanganolahraga, di tempat kunjungan, atau tempat lain.

Dengan menggabungkan batasan pengertian ketiga kata tersebut dapatdisimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas merupakan suatupencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yangsengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan.Tindakan tersebut diberikan oleh guru atau dengan arahan guru yangdilakukan oleh siswa.

Dari pengertian di atas dapat dinyatakan bahwa penelitian tindakankelas merupakan penelitian yang bersifat reflektif. Kegiatan penelitianberangkat dari permasalahan riil yang dihadapi oleh guru dalam prosesbelajar mengajar, kemudian direfleksikan alternatif pemecahanmasalahnya dan ditindaklanjuti dengan tindakan-tindakan nyata yangterencana dan terukur. Hal penting dalam PTK adalah tindakan nyata(action) yang dilakukan guru (dan bersama pihak lain) untuk memecahkanmasalah yang dihadapi dalam proses belajar mengajar. Tindakan itu harusdirencanakan dengan baik dan dapat diukur tingkat keberhasilannya dalampemecahan masalah tersebut. Jika ternyata program itu belum dapatmemecahkan masalah yang ada, maka perlu dilakukan penelitian siklusberikutnya (siklus kedua) untuk mencoba tindakan lain (alternatifpemecahan yang lain samapai permasalahan dapat diatasi).

Berdasarkan uraian di atas jelaslah dalam kegiatan penelitian tindakan,guru merupakan faktor utama yang harus memainkan perannya secara baik. Guru dituntut memiliki kepekaan terhadap setiap permasalahandalam proses pembelajaran di kelas. Tanpa kepekaan itu guru sulit menemukanpermasalahan yang layak untuk diteliti atau diperbaiki. dan jika itu yangterjadi, maka sulit bagi guru untuk memperbaiki kinerjany.

Secara singkat Penelitian Tindakan Kelas dapat didefinisikan sebagai suatubentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untukmeningkatkan kemantapan rasional dari tindakan-tindakan mereka (guru) dalammelaksanakan tugasnya, seperti diilustrasikan pada gambar berikut.

image

 

Setelah dilakukan refleksi/perenungan yang mencakup analisis, sintesis danpenelitian terhadap hasil pengamatan terhadap proses serta tindakan tadi, biasanyamuncul permasalahan/pemikiran baru yang perlu mendapat perhatian, sehingga padagilirannya perlu dilakukan perencanaan ulang, tindakan ulang dan pengamatan ulang,serta diikuti pula dengan refleksi ulang sampai sesuatu permasalahan dianggapteratasi utuh kemudian biasanya diikuti oleh kemunculan permasalahan lain yangjuga harus diperlakukan serupa.

0 Komentar untuk "Pengertian Penelitian Tindakan Kelas"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top