Translate

Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas

Agar pemahaman kita lebih mendalam tentang penelitian tindakan kelas, makakita perlu mengenal lebih dekat penelitian tindakan kelas dengan cara mengetahuiciri-ciri atau karakteristiknya.

Dengan PTK anda berupaya memperbaiki praksis pembelajaranagar menjadi lebih efektif. Oleh karena itu, PTK tidak boleh menggangguproses belajar mengajar. Guru tidak perlu mengubah jadwal rutin kelasyang sudah direncanakan hanya untuk PTK. Ditegaskan oleh Suyanto(1997), PTK harus sejalan dengan rencana rutin anda sebagai guru. PTKdiharapkan tidak membberi beban tambahan yang lebih berat bagi anda.PTK justru dikerjakan terintegrasi dengan kegiatan sehari-hari di kelas.

Beberapa karakteristik atau ciri penelitian tindakankelas Menurut Hopkins (1993), PTK memiliki karakteristik sebagaiberikut:

1. Perbaikan proses pembelajaran dari dalam (an inquiry om practicefrom within)

2. Usaha kolaboratif antara guru dan dosen (a collaborative effort betweenschool teacher aducator)

3.  Bersifat fleksibel (a reflective practice made public)

Sementara itu menurut Rochman natawidjaya (1997), karakeristikpenelitian tindakan kelas sebagai berikut:

1.     Merupakan prosedur penelitian ditempat kejadian yang dirancanguntuk menanggulangi masalah nyata di tempat yang bersangkutan

2.    Diterapkan secara kontekstual, artinya variabel-variabel, atau factorfaktor yang ditelaah selalu terkait dengan keadaan dan suasanapenelitian

3.  Terarah pada perbaikan peningkatan mutu kinerja guru dikelas

4.  Bersifat fleksibel (disesuaikan dengan keadaan)

5. Banyak mengandalkan data yangdiperoleh langsung dari pengamatanatas perilaku serta refleksi peneliti

6.    Menyerupai “penelitian eksperimental”, namun tidak secara ketat mempedulikan pengendalian variable

7.    Bersifat situasional dan spesifik, umumnya dilakukan dalam bentuk studi kasus.

 

Sebagai pengelola dan pelaksana program di kelas, guru merupakan orangyang paling banyak mengenal dan mengetahui persoalan-persoalan di kelasnyasebagai tempat dia mengajar. Sebagai seorang pengelola dan pelaksana program dikelas, guru bertanggung jawab mengelola mata pelajaran sesuai dengan bidangstudinya. Karena itu bersamaan dengan kegiatan mengajar, guru juga melaksanakanperbaikan-perbaikan. Dengan kata lain, guru melakukan tindakan-tindakan gunamelakukan perubahan-perubahan yang berkenaan dengan upaya menuju perbaikanpembelajaran. Upaya-upaya perbaikan pembelajaran dengan melakukan langkah-langkahsecara bertahap sesuai dengan siklus yang telah ditentukan merupakanpenelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru sendiri atau secara kolaboratif.

0 Komentar untuk "Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top