Translate

Definisi Strategi Pembelajaran

Tujuan program belajar anak adalah untuk membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan ketrampilan yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan perkembangan (Depdikbud. 1994). Oleh karena itu Taman Kanak-Kanak yang merupakan ditujukan kepada anak usia 4-6 tahun sesuai dengan tingkatan perkembangannya dengan kegiatan bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain.

Tujuannya adalah untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki anak didik sesuai dengan karakteristik anak.

Strategi pembelajaran merupakan suatu cara atau pola yang digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran. Sedemikian rupa untuk memenuhi standar kompetensi yang diharapkan. Tujuan, fungsi dan standar kompetensi-standar kompetensi pendidikan Taman Kanak-Kanak telah dijelaskan oleh I Wayan Sutama.

Strategi pembelajaran di Taman Kanak-Kanak sebagai berikut:

  1. Tujuan

a.       Mengenal peraturan dan menanamkan disiplin pada anak

b.      Mengenalkan anak pada dunia sekitar

c.       Menumbuhkan sikap dan perilaku baik

d.      Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi

e.       Mengemabangkan ketrampilan-ketrampilan, kreativitas dan kemampuan yang dimiliki anak

f.       Menyiapkan anak untuk memasuki pendidikan dasar.


  1. Fungsi

a.       Fisik/motorik

b.      Moral dan nilai-nilai agama

c.       Sosio-emosional

d.      Kognitif

e.       Bahasa

f.       Kemandirian

g.      Seni

0 Komentar untuk "Definisi Strategi Pembelajaran"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top