I. Komponen Kelayakan Materi/Isi
| Aspek | No | Kriteria | |
| Mendukung tujuan pendidikan | 1 | Materi mengembangkan keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia |
|
| 2 | Materi mengembangkan kesehatan jasmani dan rohani |
| |
| 3 | Meteri mengembangkan ilmu, kecakapan, kreativitas, kemandirian, dan kesadaran demokrasi serta beratnggungjawab |
| |
| Berhubungan dengan nilai-nilai moral dan kultural | 4 | Materi/isi berhubungan dengan nilai-nilai moral |
|
| 5 | Materi/isi berhubungan dengan nilai kultural |
| |
| Sesuai dengan perkembangan IPTEKS | 6 | Materi/isi sesuai dengan kebenaran konsep ilmu pengetahuan |
|
| 7 | Materi/isi sesuai dengan kondisi atau data mutakhir |
| |
| 8 | Materi/isi sesuai dengan kenyataan (bersifat faktual) |
| |
| Sesuai dengan penalaran pembaca | 9 | Materi/isi berhubungan dengan berpikir kritis |
|
| 10 | Materi/isi berhubungan dengan berpikir kreatif |
| |
| 11 | Materi/isi berhubungan dengan berpikir inovatif |
|
II. Komponen Penyajian
| Aspek | No | Kriteria | |
| Menggunakan sistematika penyajian | 12 | Penyajian materi dilakukan secara logis |
|
| 13 | Penyajian materi dilakukan secara sistematis |
| |
| Kemudahan dipahami | 14 | Penyajian materi/isi dalam buku familiar (intim) dengan pembaca |
|
| 15 | Penyajian materi menimbulkan suasana menyenangkan |
| |
| 16 | Penyajian materi dilengkapi dengan gambar dan pesan |
| |
| Merangsang pengembangan kreativitas | 17 | Penyajian mendorong pembaca untuk melakukan kerja kreatif |
|
| 18 | Penyajian mengarah pada aktivitas psikis |
| |
| 19 | Penyajian merangsang pembaca untuk mencoba hal positif |
| |
| Menumbuhkan motivasi untuk mengembangkan lebih jauh | 20 | Penyajian mendorong keingintahuan pembaca |
|
| 21 | Penyajian mendorong minat untuk mengumpulkan informasi |
| |
| 22 | Penyajian mendorong untuk mencari buku/teks sejenis |
| |
| Mengembangkan keterampilan berpikir | 23 | Penyajian dapat menuntun pembaca berpikir kritis |
|
| 24 | Penyajian dapat menuntun pembaca berpikir kreatif |
| |
| 25 | Penyajian dapat menuntun pembaca berpikir inovatif |
| |
| Mengembangkan kecakapan akademik | 26 | Penyajian dapat menuntun pembaca menggali informasi |
|
| 27 | Penyajian dapat menuntun kecakapan dalam memecahkan masalah |
| |
| 28 | Penyajian dapat menuntun untuk mengambil keputusan |
| |
| Menghindari masalah SARA, Bias Gender, dan HAM | 29 | Penyajian bahasa atau gambar yang diduga tidak menimbulkan masalah SARA |
|
| 30 | Penyajian bahasa atau gambar tidak bias gender |
| |
| 31 | Penyajian bahasa atau gambar tidak bertentangan dengan HAM |
|
III. Komponen Keterbacaan Melipputi Bahasa dan Gambar
| Aspek | No | Kriteria | |
| Kesesuaian gambar dengan bahasa | 32 | Bahasa dan gambar digunakan secara proporsional |
|
| Keterpahaman bahasa atau gambar | 33 | Menggunakan bahasa atau gambar yang sesuai dengan perkembangan kognisi |
|
| 34 | Menggunakan media gambar yang jelas |
| |
| 35 | Menggunakan keterangan gambar secara lengkap |
| |
| Ketepatan menggunakan bahasa | 36 | Menggunakan ejaan secara benar |
|
| 37 | Menggunakan kata atau istilah dengan tepat |
| |
| 38 | Menggunakan kalimat dengan baik dan benar |
| |
| Ketepatan dalam menggunakan gambar/foto | 39 | Ukuran gambar/foto sesuai dan menarik |
|
| 40 | Warna gambar/foto sesuai dan menarik |
| |
| 41 | Bentuk gambar/foto sesuai dan menarik |
|
√ bagian butir instrumen yang diadaptasi
Sumber
0 Komentar untuk "Pedoman Penilaian Buku Pengayaan Pengetahuan"
Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)
Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)