Translate

Pedoman Penilaian Buku Pengayaan Pengetahuan

I.         Komponen Kelayakan Materi/Isi

Aspek

No

Kriteria

Mendukung tujuan pendidikan

1

Materi mengembangkan keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia

 

2

Materi mengembangkan kesehatan jasmani dan rohani

 

3

Meteri mengembangkan ilmu, kecakapan, kreativitas, kemandirian, dan kesadaran demokrasi serta beratnggungjawab

 

Berhubungan dengan nilai-nilai moral dan kultural

4

Materi/isi berhubungan dengan nilai-nilai moral

 

5

Materi/isi berhubungan dengan nilai kultural

 

Sesuai dengan perkembangan IPTEKS

6

Materi/isi sesuai dengan kebenaran konsep ilmu pengetahuan

 

7

Materi/isi sesuai dengan kondisi atau data mutakhir

 

8

Materi/isi sesuai dengan kenyataan (bersifat faktual)

 

Sesuai dengan penalaran pembaca

9

Materi/isi berhubungan dengan berpikir kritis

 

10

Materi/isi berhubungan dengan berpikir kreatif

 

11

Materi/isi berhubungan dengan berpikir inovatif

 

 

II.      Komponen Penyajian

Aspek

No

Kriteria

Menggunakan sistematika penyajian

12

Penyajian materi dilakukan secara logis

 

13

Penyajian materi dilakukan secara sistematis

 

Kemudahan dipahami

14

Penyajian materi/isi dalam buku familiar (intim) dengan pembaca

 

15

Penyajian materi menimbulkan suasana menyenangkan

 

16

Penyajian materi dilengkapi dengan gambar dan pesan

 

Merangsang pengembangan kreativitas

17

Penyajian mendorong pembaca untuk melakukan kerja kreatif

 

18

Penyajian mengarah pada aktivitas psikis

 

19

Penyajian merangsang pembaca untuk mencoba hal positif

 

Menumbuhkan motivasi untuk mengembangkan lebih jauh

20

Penyajian mendorong keingintahuan pembaca

 

21

Penyajian mendorong minat untuk mengumpulkan informasi

 

22

Penyajian mendorong untuk mencari buku/teks sejenis

 

Mengembangkan keterampilan berpikir

23

Penyajian dapat menuntun pembaca berpikir kritis

 

24

Penyajian dapat menuntun pembaca berpikir kreatif

 

25

Penyajian dapat menuntun pembaca berpikir inovatif

 

Mengembangkan kecakapan akademik

26

Penyajian dapat menuntun pembaca menggali informasi

 

27

Penyajian dapat menuntun kecakapan dalam memecahkan masalah

 

28

Penyajian dapat menuntun untuk mengambil keputusan

 

Menghindari masalah SARA, Bias Gender, dan HAM

29

Penyajian bahasa atau gambar yang diduga tidak menimbulkan masalah SARA

 

30

Penyajian bahasa atau gambar tidak bias gender

 

31

Penyajian bahasa atau gambar tidak bertentangan dengan HAM

 

 

 

III.        Komponen Keterbacaan Melipputi Bahasa dan Gambar

Aspek

No

Kriteria

Kesesuaian gambar dengan bahasa

32

Bahasa dan gambar digunakan secara proporsional

 

Keterpahaman bahasa atau gambar

33

Menggunakan bahasa atau gambar yang sesuai dengan perkembangan kognisi

 

34

Menggunakan media gambar yang jelas

 

35

Menggunakan keterangan gambar secara lengkap

 

Ketepatan menggunakan bahasa

36

Menggunakan ejaan secara benar

 

37

Menggunakan kata atau istilah dengan tepat

 

38

Menggunakan kalimat dengan baik dan benar

 

Ketepatan dalam menggunakan gambar/foto

39

Ukuran gambar/foto sesuai dan menarik

 

40

Warna gambar/foto sesuai dan menarik

 

41

Bentuk gambar/foto sesuai dan menarik

 

 

 

bagian butir instrumen yang diadaptasi

Sumber

Pusat Perbukuan. 2007. Pedoman Penilaian Buku Pengayaan Pengetahuan. Jakarta. Depdiknas.

Related Post:

0 Komentar untuk "Pedoman Penilaian Buku Pengayaan Pengetahuan"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top