I. Komponen Kelayakan Materi/Isi
Aspek | No | Kriteria | |
Mendukung tujuan pendidikan | 1 | Materi mengembangkan keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia |
|
2 | Materi mengembangkan kesehatan jasmani dan rohani |
| |
3 | Meteri mengembangkan ilmu, kecakapan, kreativitas, kemandirian, dan kesadaran demokrasi serta beratnggungjawab |
| |
Berhubungan dengan nilai-nilai moral dan kultural | 4 | Materi/isi berhubungan dengan nilai-nilai moral |
|
5 | Materi/isi berhubungan dengan nilai kultural |
| |
Sesuai dengan perkembangan IPTEKS | 6 | Materi/isi sesuai dengan kebenaran konsep ilmu pengetahuan |
|
7 | Materi/isi sesuai dengan kondisi atau data mutakhir |
| |
8 | Materi/isi sesuai dengan kenyataan (bersifat faktual) |
| |
Sesuai dengan penalaran pembaca | 9 | Materi/isi berhubungan dengan berpikir kritis |
|
10 | Materi/isi berhubungan dengan berpikir kreatif |
| |
11 | Materi/isi berhubungan dengan berpikir inovatif |
|
II. Komponen Penyajian
Aspek | No | Kriteria | |
Menggunakan sistematika penyajian | 12 | Penyajian materi dilakukan secara logis |
|
13 | Penyajian materi dilakukan secara sistematis |
| |
Kemudahan dipahami | 14 | Penyajian materi/isi dalam buku familiar (intim) dengan pembaca |
|
15 | Penyajian materi menimbulkan suasana menyenangkan |
| |
16 | Penyajian materi dilengkapi dengan gambar dan pesan |
| |
Merangsang pengembangan kreativitas | 17 | Penyajian mendorong pembaca untuk melakukan kerja kreatif |
|
18 | Penyajian mengarah pada aktivitas psikis |
| |
19 | Penyajian merangsang pembaca untuk mencoba hal positif |
| |
Menumbuhkan motivasi untuk mengembangkan lebih jauh | 20 | Penyajian mendorong keingintahuan pembaca |
|
21 | Penyajian mendorong minat untuk mengumpulkan informasi |
| |
22 | Penyajian mendorong untuk mencari buku/teks sejenis |
| |
Mengembangkan keterampilan berpikir | 23 | Penyajian dapat menuntun pembaca berpikir kritis |
|
24 | Penyajian dapat menuntun pembaca berpikir kreatif |
| |
25 | Penyajian dapat menuntun pembaca berpikir inovatif |
| |
Mengembangkan kecakapan akademik | 26 | Penyajian dapat menuntun pembaca menggali informasi |
|
27 | Penyajian dapat menuntun kecakapan dalam memecahkan masalah |
| |
28 | Penyajian dapat menuntun untuk mengambil keputusan |
| |
Menghindari masalah SARA, Bias Gender, dan HAM | 29 | Penyajian bahasa atau gambar yang diduga tidak menimbulkan masalah SARA |
|
30 | Penyajian bahasa atau gambar tidak bias gender |
| |
31 | Penyajian bahasa atau gambar tidak bertentangan dengan HAM |
|
III. Komponen Keterbacaan Melipputi Bahasa dan Gambar
Aspek | No | Kriteria | |
Kesesuaian gambar dengan bahasa | 32 | Bahasa dan gambar digunakan secara proporsional |
|
Keterpahaman bahasa atau gambar | 33 | Menggunakan bahasa atau gambar yang sesuai dengan perkembangan kognisi |
|
34 | Menggunakan media gambar yang jelas |
| |
35 | Menggunakan keterangan gambar secara lengkap |
| |
Ketepatan menggunakan bahasa | 36 | Menggunakan ejaan secara benar |
|
37 | Menggunakan kata atau istilah dengan tepat |
| |
38 | Menggunakan kalimat dengan baik dan benar |
| |
Ketepatan dalam menggunakan gambar/foto | 39 | Ukuran gambar/foto sesuai dan menarik |
|
40 | Warna gambar/foto sesuai dan menarik |
| |
41 | Bentuk gambar/foto sesuai dan menarik |
|
√ bagian butir instrumen yang diadaptasi
Sumber
0 Komentar untuk "Pedoman Penilaian Buku Pengayaan Pengetahuan"
Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)
Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)