Translate

Aliran Essensialisme dalam Pendidikan

Para ahli penganut aliran ini berpendapat bahwa pendidikan sebagai pemelihara kebudayaan, yaitu ingin kembali kepada kebudayaan lama warisan sejarah yang telah membuktikan kebaikan-kebaikannya bagi kehidupan manusia. Kesalahan dari kebudayaan modern sekarang menurut pandangan essensialisme adalah kecenderungannya, bahkan gejala-gejala penyimpangannya dari jalan lurus yang telah ditanamkan kebudayaan warisan sejarah. Proses belajar menurut pandangan essensialisme : (1) melatih daya jiwa yang potensial ada, (2) proses belajar sebagai penyerap apa yang berasal dari luar, yaitu warisan-­warisan social yang disusun dalam kurikulum tradisional dan guru berfungsi sebagai perantara.

Belajar adalah proses aktif pribadi untuk mengerti dan menguasai sesuatu. Materi dan isi yang dipelajari adalah apa yang tersimpulkan dalam istilah kurikulum; yaitu kurikulum yang kaya, berurutan, dan sistematis, yang didasarkan pada target tertentu dan tidak dapat dikurangi sebagai satu kesatuan pengetahuan, kecakapan-kecakapan, dan sikap yang berlaku di dalam kebudayaan yang demokratis.

Isi pendidikan perlu ditetapkan guna efektivitas pembinaan kepribadian. Artinya, perlu disediakan materi pokok yang mengarahkan pengetahuan sebagai isi yang harus dikuasai dalam kehidupannya.

Fungsi guru adalah sebagai perantara antara bahan yang telah ditentukan berdasarkan standar itu dengan murid sebagai penerima. Sekolah berfungsi mendidik warga negara supaya hidup sesuai dengan prinsip­prinsip dan lembaga-lembaga sosial yang ada di dalam masyarakat. Demiashkevich berpendapat bahwa fungsi sekolah terutama sebagai pusat intellectual trainning dan latihan daya jiwa yang sudah ada sebagai hereditas. Horne berpandangan bahwa kurikulum harus sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak. Yang utama adalah essential studies yang meliputi metode ilmiah, dunia organis, dan an-organis, apresiasi seni.

0 Komentar untuk "Aliran Essensialisme dalam Pendidikan"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top