Translate

RPP Struktur Atom

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Prodi/Fakultas              : Pendidikan Kimia Subsidi/MIPA

Nama Sekolah              : SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Mata Pelajaran             : Kimia

Kelas/Semester              : X/I

Alokasi Waktu              : 20 menit

Standar Kompetensi    : 1. Mengidentifikasi struktur atom  dan sistem periodik  unsur

Kompetensi Dasar     : 1.1  Memahami perkembangan struktur atom berdasarkan  teori atom Dalton, Thomson, Rutherford, dan Bohr

  1.2  Memahami sifat periodik unsur dalam tabel periodik unsur, massa atom relatif, dan perkembangan tabel periodik unsur 

Indikator                     : 1.1.1  Menjelaskan sifat-sifat sinar katoda

    1.1.2 Menjelaskan eksperimen yang dilakukan oleh J.J Thomson mengenai sinar katoda

1.1.3 Mendeskripsikan model atom J.J Thomson berdasarkan eksperimen sinar katoda

1.1.4 Menjelaskan kelebihan dan kelemahan model atom Thomson

 

I.             Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat :

1.      Menjelaskan sifat-sifat sinar katoda

2.      Menjelaskan eksperimen yang dilakukan oleh J.J Thomson mengenai sinar katoda

3.      Mendeskripsikan model atom J.J Thomson berdasarkan eksperimen sinar katoda

4.      Menjelaskan kelebihan dan kelemahan model atom Thomson

 

II.          Materi Pembelajaran

1.      Sifat-sifat sinar katoda

clip_image002

Gambar 1. Tabung Sinar Katoda

a)         Sinar katoda dipancarkan oleh katoda dalam sebuah tabung hampa bila dilewati arus listrik (aliran listrik adalah penting)

b)         Sinar katoda berjalan dalam garis lurus

c)         Sinar tersebut bila membentur gelas atau benda tertentu lainnya akan menyebabkan terjadinya fluoresensi (mengeluarkan cahaya). Dari fluoresensi inilah kita bisa melihat sinar, sinar katoda sendiri tidak tampak.

d)        Sinar katoda dibelokkan oleh medan listrik dan magnit; sehubungan dengan hal itu diperkirakan partikelnya bermuatan negatif

e)         Sifat-sifat dari sinar katoda tidak tergantung dari bahan elektrodanya (besi, platina dsb.)

 

 

 

 

2.      Eksperimen J.J Thomson

clip_image004

Gambar 2. Pengamatan Sinar Katoda yang dilakukan oleh J.J Thomson

Kode C = Katoda; A = Anoda; E = lempeng kondensor bermuatan listrik; M = magnet; F = layar berfluoresensi.

Berkas 1 : Hanya dengan adanya medan listrik, berkas sinar katoda dibelokkan keatas menyentuh layar pada titik 1.

Berkas 2 : Hanya dengan adanya medan magnit, berkas sinar katoda dibelokkan kebawah menyentuh layar pada titik 2.

Berkas 3 : Berkas sinar katoda akan lurus dan menyentuh layar dititik 3, bila medan listrik dan medan magnit sama besarnya

 

3.      Model atom J.J Thomson

Berdasarkan eksperimen yang dilakukan oleh J.J Thomson, diperoleh kesimpulan sebagai berikut :

a)         Kecepatan sinar katoda jauh lebih kecil dibandingkan kecepatan cahaya.

b)         Perbandingan muatan listrik (e) dengan massa (m), e/m sinar katoda kira-kira 2 x 108 Coulomb per gram. Nilai ini sekitar 2000 kali lebih besar dari e/m yang dihitung dari hidrogen yang dilepas dari elektrolisis air (Thomson menganggap sinar katoda mempunyai muatan listrik yang sama  seperti atom hidrogen dalam elektrolisis air).

c)         Partikel sinar katoda bermuatan negatif dan merupakan partikel dasar suatu benda yang harus ada pada setiap atom. Pada tahun 1874 Stoney mengusulkan istilah elektron.

 

Model atom Thomson dikenal dengan model plum pudding/roti kismis.

 

clip_image006

Gambar 3. Model Atom J.J Thomson

 

4.      Kelebihan model atom Thomson :

Membuktikan adanya partikel lain yang bermuatan negatif dalam atom. Berarti atom bukan merupakan bagian terkecil dari suatu unsur.

Kelemahan model atom Thomson :

Model Thomson tidak dapat menjelaskan susunan muatan positif dan negatif dalam bola atom tersebut

 

III.       Metode Pembelajaran

1.      Ceramah

2.      Tanya jawab

3.      Tugas

 

IV.       Langkah-langkah Pembelajaran

A.    Kegiatan Awal (alokasi waktu ± 5 menit)

1)      Membuka Pelajaran

a.          Salam, berdoa, presensi, dan mengecek kesiapan siswa

b.      Menyampaikan tujuan pembelajaran

2)      Apersepsi

a.          Menanyakan kepada siswa mengenai atom itu apa?

b.      Mengingatkan kembali materi pelajaran teori atom Dalton mengenai model atom Dalton dan kelemahan dari model atom Dalton.

3)      Masalah

Menyampaikan topik dan masalah yang akan dibahas :

        Masalah : Apakah isi dari atom itu ?

Info : Salah satunya adalah elektron.

Topik : Penemuan elektron

B.     Kegiatan Inti (alokasi waktu ± 12 menit)

1)      Menjelaskan dan diskusi dengan siswa tentang sifat-sifat sinar katoda melalui penayangan ppt

2)      Menjelaskan eksperimen penemuan elektron oleh J.J Thomson berdasarkan sinar katoda melalui penayangan ppt

3)      Menyimpulkan sinar katoda = elektron

4)      Membahas model atom Thomson setelah penemuan adanya elektron dalam atom

5)      Menjelaskan kelebihan dan kelemahan model atom Thomson melalui penayangan ppt

6)      Memberikan tugas kepada siswa mengenai materi teori atom J.J Thomson (terlampir)

C.     Penutup (alokasi waktu ± 3 menit)

1)      Evaluasi Proses

No

Aspek

Skor (1-4)

1

Kehadiran mengikuti pelajaran

 

2

Perhatian selama mengikuti pelajaran

 

3

Keberanian menyatakan pendapat

 

4

Keberanian bertanya

 

 

2)      Rangkuman

J.J Thomson dapat menemukan elektron dan mengemukakan bahwa atom barada dalam keadaan stabil di alam dan memiliki muatan yang netral. Sehingga Thomson berasumsi didalam atom terdapat muatan positif. Model atom Thomson disebut juga plum pudding, atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah roti kismis.

3)      Memberikan pesan untuk pertemuan yang akan datang

 

V.          Alat/Bahan/Sumber Bahan

A.    Alat

1)      LCD dan laptop

2)      Papan tulis dan spidol

B.     Bahan

1)      Slide power point

C.     Sumber bahan

Agustina Dwi Rahayu. (2011). Kupas Tuntas 1001 Soal Kimia. Jakarta: PT Buku Seru.

http://www.e-dukasi.net/index.php

http://id.wikipedia.org

Michael Purba. (2010). Kimia Untuk SMK. Jakarta: Erlangga.

 

 

VI.       Penilaian

A.    Teknik Penilaian       : Tes tertulis (tugas rumah)

B.     Bentuk Instrumen    : Uraian

1)      Soal

1.      Sebutkan sifat-sifat sinar katoda !

2.      Jelaskan bagaimana eksperimen yang dilakukan oleh J.J Thomson mengenai sinar katoda !

3.      Jelaskan dan gambarkan model atom J.J Thomson berdasarkan eksperimen sinar katoda !

4.      Sebutkan kelebihan dan kelemahan model atom Thomson !

2)      Kunci jawaban

1.      Sifat-sifat sinar katoda :

a)         Sinar katoda dipancarkan oleh katoda dalam sebuah tabung hampa bila dilewati arus listrik (aliran listrik adalah penting)

b)         Sinar katoda berjalan dalam garis lurus

c)         Sinar tersebut bila membentur gelas atau benda tertentu lainnya akan menyebabkan terjadinya fluoresensi (mengeluarkan cahaya). Dari fluoresensi inilah kita bisa melihat sinar, sinar katoda sendiri tidak tampak.

d)        Sinar katoda dibelokkan oleh medan listrik dan magnit; sehubungan dengan hal itu diperkirakan partikelnya bermuatan negatif

e)         Sifat-sifat dari sinar katoda tidak tergantung dari bahan elektrodanya (besi, platina dsb.)

2.      Eksperimen yang dilakukan oleh J.J Thomson dengan menggunakan sinar katoda digambarkan sebagai berikut :

clip_image007

Berkas 1 : Hanya dengan adanya medan listrik, berkas sinar katoda dibelokkan keatas menyentuh layar pada titik 1.

Berkas 2 : Hanya dengan adanya medan magnit, berkas sinar katoda dibelokkan kebawah menyentuh layar pada titik 2.

Berkas 3 : Berkas sinar katoda akan lurus dan menyentuh layar dititik 3, bila medan listrik dan medan magnit sama besarnya

Disimpulkan : Partikel sinar katoda bermuatan negatif dan merupakan partikel dasar suatu benda yang harus ada pada setiap atom. Pada tahun 1874 Stoney mengusulkan istilah elektron.

3.      J.J Thomson menemukan elektron dan mengemukakan bahwa atom barada dalam keadaan stabil di alam dan memiliki muatan yang netral. Sehingga Thomson berasumsi didalam atom terdapat muatan positif. Model atom Thomson disebut juga plum pudding, atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah roti kismis.

clip_image006

4.      Kelebihan model atom Thomson : Membuktikan adanya partikel lain yang bermuatan negatif dalam atom. Berarti atom bukan merupakan bagian terkecil dari suatu unsur.

Kelemahan model atom Thomson : Model Thomson tidak dapat menjelaskan susunan muatan positif dan negatif dalam bola atom tersebut

3)      Pedoman penskoran

No Soal

Skor

1

25

2

25

3

25

4

25

Jumlah

100

 

Jumlah skor perolehan siswa

 

x 100

 
 


Skor maksimal

 
clip_image008Nilai akhir =

 

           

 

 

                                                                                   

                                                                                    Yogyakarta, 02 April 2012

                        Menyetujui

 

 

 

                             I Made Sukarna, M. Si                                           Dian Kartika  
0 Komentar untuk "RPP Struktur Atom"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top