RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah | : | SMA |
Mata Pelajaran | : | Kimia |
Kelas/Semester | : | XII/I |
Standar Kompetensi | : | 2. Menerapkan konsep reaksi oksidasi- reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari. |
Kompetensi Dasar | : | 2.2. Menjelaskan reaksi oksidasi-reduksi dalam sel elektrolisis. |
Alokasi waktu | : | 30 menit |
I. Indikator
A. Kognitif
1. Produk
Menuliskan reaksi elektrolisis leburan atau lelehan dan larutan
2. Proses
Menganalisis tabel hasil pengamatan suatu percobaan elektrolisis larutan dan leburan.
B. Afektif
1. Karakter
a. jujur,
b. tanggung jawab,
c. teliti,
d. disiplin
2. Keterampilan sosial:
a. bertanya,
b. berkomunikasi,
c. menjadi pendengar yang baik
II. Tujuan Pembelajaran
A. Kognitif
1. Produk
Setelah pembelajaran peserta didik dapat menuliskan reaksi elektrolisis suatu leburan atau lelehan dan larutan
2. Proses
Diberikan LKS peserta didik dapat menganalisis reaksi yang terjadi dalam sel elektrolisis berdasarkan tabel data hasil pengamatan suatu percobaan elektrolisis larutan dan leburan.
B. Afektif
1. Karakter
Peserta didik terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, siswa menunjukkan kemajuan karakter kejujuran, tanggung jawab, disiplin dan teliti.
2. Keterampilan sosial:
Peserta didik terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dapat menunjukkan kemajuan berperilaku keterampilan sosial bertanya, berkomunikasi, dan menjadi pendengar yang baik.
III. Materi Pembelajaran
A. Reaksi elektrolisis lelehan atau leburan
B. Reaksi elektrolisis larutan
IV. Metode Pembelajaran
1. Diskusi-Informasi
2. Tanya jawab
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Fase | K E G I A T A N | SISWA | WAKTU |
1. | A. KEGIATAN AWAL 1. Membuka pelajaran Guru mengatur memasuki kelas, memberi salam kemudian mengkondisikan siswa agar siap mengikuti proses pembelajaran dan presensi 2. Apresepsi a. Guru menanyakan tentang pengertian sel elektrokimia yang telah dibahas sebelumnya. b. Guru menanyakan sel-sel yang terdapat dalam sel elektrokimia. (sel c. Guru menanyakan tentang pengertian sel elektrolisis dan reaksi-reaksi yang terdapat didalam sel tersebut. d. Guru menanyakan reaksi yang terdapat dalam sel elektrolisis. 3. Masalah/Topik materi Guru menyampaikan masalah dan topik yang akan dibahas: a. Masalah : Bagaimana reaksi redoks yang terjadi dalam sel elektrolisis? b. Topik : Reaksi oksidasi-reduksi dalam sel elektrolisis. 4. Tujuan Pembelajaran Guru menyampaikan tujuan pembelajaran produk, proses, keterampilan sosial, dan karakter yang akan dicapai peserta didik. | Jujur, disiplin dan peka Komunikatif dan rasa ingin tahu Peka, komunikatif dan kritis Peka, komunikatif dan kritis | 5 |
2. | B. KEGIATAN INTI 1. Eksplorasi Peserta didik diberi kesempatan untuk membaca buku tentang reaksi elektrolisis leburan dan larutan. 2. Elaborasi. · Guru menjelaskan ketentuan reaksi yang terjadi di katoda dan anoda pada elektrolisis leburan dan larutan elektrolit disertai dengan contoh soal. · Peserta didik berkelompok mendiskusikan LKS tentang hasil pengamatan percobaan elektrolisis leburan dan larutan, menganalisis reaksi yang terjadi dalam percobaan tersebut. · Pembahasan bersama LKS dengan perwakilan kelompok maju menuliskan jawaban hasil diskusi. 3. Konfirmasi Peserta didik membandingkan jawaban kelompoknya dengan kelompok lain dan jawaban dari guru | Peka, demokrasi, komunikatif. Kerjasama, jujur, disiplin, tanggungjawab, dll. Tanggungjawab, kritis, teliti, dll. | 20 |
3. | C. KEGIATAN AKHIR 1. Menyimpulkan bersama-sama dengan siswa tentang reaksi-reaksi yang terdapat dalam sel elektrolisis 2. Evaluasi (Tugas individu) | Tanggungjawab, kritis, teliti, jujur | 5 |
VI. Alat/Bahan/Sumber Bahan
A. Alat
1. Buku Paket, LCD, dan laptop
2. Papan tulis dan spidol
B. Bahan
1. Slide power point
2. LKS
3. Lembar soal (Tugas individu)
C. Sumber bahan
J.M.C. Johari & M. Racmawati. (2008). Kimia SMA dan MA untuk Kelas XII. .
VII. Penilaian
A. Teknik Penilaian : Evaluasi selama proses pembelajaran dan Tes tertulis
B. Bentuk Instrumen : LKS, Soal uraian (terlampir) dan lembar observasi (terlampir)
C. Pedoman penskoran:
1. LKS
No Soal | Skor |
1 | 20 |
2 | 20 |
3 | 20 |
4 | 20 |
5 | 20 |
Jumlah | 100 |
2. Tugas Individu
No Soal | Skor |
1 | 50 |
2 | 50 |
Jumlah | 100 |
Menyetujui Mahasiswa
Dr. Eli Rohaeti Tanjung Sri Nugraheni
LAMPIRAN 1
URAIAN MATERI
A. Reaksi elektrolisis lelehan atau leburan
Jenis reaksi ini melibatkan reaksi redoks sederhana karena berlangsung tanpa air. Beberapa jenis logam seperti Na, Mg, Ca, dan Al diperoleh dari elektrolit lelehan senyawa logamnya menggunakan sel ini. Sebagai contoh, elektrolisis lelehan atau leburan NaCl. Di dalam sel elektrolisis, ion Na+ akan tereduksi di katode membentuk logam Na. Sementara, ion Cl- akan teroksidasi di anode membentuk gas Cl2.
Katode : Na+ (l) + e- Na (s) x 2
Anode : 2Cl-(l) Cl2 (g) + 2e- x 1
Sel : 2Na+ (l) + 2Cl- (l) 2Na (s) + Cl2 (g)
B. Reaksi elektrolisis larutan
Jenis reaksi ini melibatkan reaksi yang agak kompleks karena adanya reaksi bersaing antara reaksi redoks elektrolit dan reaksi redoks pelarut air.
Reaksi reduksi di katode:
Deret volta:
Li-K-Ba-Ca-Na-Mg-Al-Mn-Zn-Cr-Fe-Cd-Co-Ni-Sn-Pb-(H)-Sb-Bi-Cu-Hg-Ag-Pt-Au
· Ion positif dari logam-logam disebelah kanan hidrogen pada deret volta akan tereduksi dan mengendap pada katode
· Ion positif dari logam-logam disebelah kiri hidrogen pada deret volta tidak akan tereduksi (kecuali untuk Fe, Ni, Sn, dan Pb). Hal ini yang disebabkan ion H+ dari H2O lebih mudah tereduksi dibanding ion positif dari logam disebealah kiri H. Reaksinya : 2H2O (l)+ 2e‑ H2 (g) + 2 OH-(aq)
· Jika larutan elektrolit berupa asam, maka ion H+ dari asam yang akan tereduksi, dan bukan ion H+ dari H2O.
Reaksi oksidasi di anode:
· Jika anode tidak inert, maka logam anode akan teroksidasi
· Jika anode inert maka,
- Ion negatif yang tidak mengandung oksigen seperti Cl-, Br-, I- akan teroksidasi.
- Ion negatif yang mengandung oksigen seperti SO42-, NO3-, dan PO43- tidak akan teroksidasi, tetapi yang teroksidasi adalah ion O2- dari H2O.
2 H2O (l) O2(g) + 4H+(aq) + 4e-
LAMPIRAN 2
LEMBAR KERJA SISWA
I. TUJUAN
Peserta didik dapat menuliskan reaksi elektrolisis suatu leburan atau lelehan dan larutan setelah menganalisis tabel hasil pengamatan percobaan elektrolisis.
II. MATERI
III. LATIHAN SOAL
Tuliskan reaksi yang terjadi dalam sel elektrolisis berdasarkan data hasil pengamatan berikut!
No. | Elektrolit | Elektrode | Hasil Pengamatan | |
Katode | Anode | |||
1. | Larutan CaCl2 | C | Muncul gelembung gas | Muncul gelembung gas |
2. | Lelehan MgCl2 | C | Muncul endapan | Muncul gelembung gas |
3. | Larutan K2SO4 | C | Muncul gelembung gas | Muncul gelembung gas |
4. | Larutan CuCl2 | Ni | Muncul endapan | Elektrode larut |
5. | Lelehan AgCl | Cu | Muncul endapan | Elektrode larut |
Reaksi yang terjadi:
1. | Katoda | : |
| : + | |
| Sel | |
| | |
2. | Katoda | : |
| : + | |
| Sel | : |
| | |
3. | Katoda | : |
| : + | |
| Sel | : |
| | |
4. | Katoda | : |
| : + | |
| Sel | : |
| | |
5. | Katoda | : |
| : + | |
| Sel | : |
LAMPIRAN 3
TUGAS INDIVIDU
- Tuliskan reaksi elektrolisis pada anode dan katode untuk lelehan AlCl3!
- Jika larutan Na2SO4 1M dielektrolisis dengan menggunakan elektrode karbon, maka reaksi yang terjadi di anode dan katode adalah?
LAMPIRAN 4
KUNCI JAWABAN
A. LKS
1. | Katoda |
| |
| + |
| |
| Sel |
| |
| | |
|
2. | Katoda |
| |
| + |
| |
| Sel |
| |
| | |
|
3. | Katoda | ||
| Anoda | ||
| Sel | ||
| | |
|
4. | Katoda |
| |
| + |
| |
| Sel |
| |
| | |
|
5. | Katoda |
| |
| + |
| |
| Sel |
|
B. Tugas Individu
1. Raksi elektrolisis pada anode dan katode untuk lelehan AlCl3:
Anode (+) : 2Cl-(l) Cl2 (g) + 2e-
Katode (-) : Al3+ (l) + 3e- Al (s)
2. Reaksi elektrolisis larutan NaSO4 dengan elektrode-elektrode karbon adalah:
Na2SO4(aq) 2Na+(aq) + SO42- (aq)
Anode (+) : 2 H2O (l) O2(g) + 4H+(aq) + 4e-
Katode (-) : 2H2O (l)+ 2e‑ H2 (g) + 2 OH-(aq)
LAMPIRAN 5
Lembar Penilaian 1: PROSES
Format Asesmen Kinerja Proses
No | Rincian Tugas Kinerja | Skor Maksimum | Skor Asesmen Oleh | |
Siswa sendiri | Guru | |||
1 | Menentukan reaksi yang terjadi setelah menganalisis tabel dalam LKS | 50 | | |
2 | Menuliskan reaksi yang terjadi di anoda dan katoda dalam sel elektrolisis. | 50 | | |
| Skor Total | 100 | | |
Siswa Guru
( ) ( )
Lembar penilaian 2 : KARAKTER
Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
Siswa: Kelas: Tanggal:
Petunjuk:
Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini, beri penilaian atas perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
A = sangat baik B = memuaskan
C = menunjukkan kemajuan D = memerlukan perbaikan
No | Rincian Tugas Kinerja (RTK) | A | B | C | D | Keterangan |
1 | Jujur | | | | | |
2 | Tanggungjawab | | | | | |
3 | Disiplin | | | | | |
4 | Teliti | | | | | |
( )
Lembar penilaian 3: KETERAMPILAN SOSIAL
Format Pengamatan Keterampilan Sosial
Siswa: Kelas: Tanggal:
Petunjuk:
Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini, beri penilaian atas keterampilan sosial siswa menggunakan skala berikut ini:
A = sangat baik B = memuaskan
C = menunjukkan kemajuan D = memerlukan perbaikan
No | Rincian Tugas Kinerja (RTK) | A | B | C | D | Keterangan |
1 | Mengemukakan pertanyaan | | | | | |
2 | Mengemukakan ide atau pendapat | | | | | |
3 | Menjadi pendengar yang baik (menghargai pendapat) | | | | | |
4 | Presentasi | | | | | |
( )
0 Komentar untuk "RPP Elektrolisis"
Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)
Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)