RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA N 11 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / semester : X / 2
Tahun Pelajaran : 2012/2013
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar fungsi gugus dan senyawa makromolekul.
Kompetensi Dasar : 4.4 Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni, dan estetika
Indikator
1. Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan.
2. Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sandang dan papan.
3. Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika.
Pertemuan Pertama ( 1 jam pelajaran)
A. Tujuan Pembelajaran
Tujuan Intruksional:
1. Peserta didik dapat menjelaskan sumber dan kegunaan alkana dalam bidang pangan, sandang, papan, seni, dan estetika.
2. Peserta didik dapat menjelaskan sumber dan kegunaan alkena dalam bidang pangan, sandang, papan, seni, dan estetika.
3. Peserta didik dapat menjelaskan sumber dan kegunaan alkuna dalam bidang pangan, sandang, papan, seni, dan estetika.
4. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian industri petrokimia.
5. Peserta didik dapat menjelaskan kegunaan fraksi gas dan nafta dalam industri kimia.
6. Peserta didik dapat menjelaskan kegunaan gas alam dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan Pengiring:
1. Menumbuhkan sikap percaya diri pada peserta didik
2. Menumbuhkan sikap mandiri pada peserta didik
3. Meningkatkan sikap menghargai pendapat pada peserta didik
4. Meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik.
B. Materi Pembelajaran
Sumber dan Kegunaan Senyawa Hidrokarbon
Beberapa hidrokarbon yang digunakan dalam berbagai bidang di kehidupan sehari-hari, antara lain :
a. Bidang Pangan
Beberapa senyawa hidrokarbon yang banyak digunakan dalam bidang pangan, antara lain :
· Propilena glikol : sebagai penyedap rasa, pelarut zat warna makanan, dan humektan bahan tambahan makanan.
· Gas asetilena (etuna) dan etilena : mempercepat pematangan buah
· Monosodium glutamate : penyedap makanan
· Dulsin, sakarin, siklamat : zat pemanis buatan
· Butilhidroksilanison (BHA) dan Butilhidroksiltoluena (BHT) : zat antioksidan yang ditambahkan pada minyak lemak agar tidak menjadi tengik
· Etil propanoat : pemberi aroma pada minuman
· Propil asetat : member aroma pir
· Asam asetat : bahan cuka
b. Bidang Sandang
Beberapa senyawa hidrokarbon yang banyak digunakan dalam bidang sandang, antara lain :
· PTA (purified terephthalicacid) yang dibuat dari para-xylene dimana bahan dasarnya adalah kerosin (minyak tanah). Kehalusan bahan yang terbuat dari serat poliester dipengaruhi oleh zat penambah (aditif) dalam proses pembuatan benang (saat mereaksikan PTA dengan metanol).
· Etilena, propilena, benzena : bahan membuat pakaian dari polimer (jaket, sarung tangan, sepatu, rok wanita)
c. Bidang Papan
Beberapa senyawa hidrokarbon yang banyak digunakan dalam bidang sandang, antara lain :
· Polistirena : sebagai bus penahan panas yang dipasang pada rumah-rumah yang berada di daerah dingin (karet sintetis)
d. Bidang Industri dan Perdagangan
· Etena/ etilena : bahan pembuatan plastic polietena/ polietilena (kantong plastic, botol, mainan anak-anak). Polietilena dibentuk dari senyawa etilena melalui reaksi polimerisasi.
nCH2 = CH2 ( - CH2 – CH2 - )n
· Polistirena : bahan pembuatan gelas plastic untuk minum dan kemasan makanan
· Propena : bahan pembuatan plastic polipropilena (tidak tembus cahaya, kuat, dan keras)
· Polivinil asetat : sebagai zat perekat, bahan baku cat, disket computer
· Isopropyl : sebagai zat aditif bahan bakar dan cairan pembersih peralatan elektronik
· Aseton : sebagai pembersih kuku
· Benzene : menghasilkan fraksi nafta untuk pembuatan sabun dan sampo
Selain itu, umumnya, sebelum digunakan benzene terlebih dahulu diubah menjadi stirena, kumeba, dan sikloheksana.
- Stirena : untuk membuat karet sintesis, seperti SBR dan polistirena
- Kumena : untuk membuat fenol, selanjutnya fenol digunakan untuk membuat perekat dan resin
- Sikloheksana : untuk membuat nylon, misalnya nylon 66 dan nilon 6.
· Etilenaglikol atau glikol : sebagai bahan antibeku dalam radiator mobil di daerah beriklim dingin.
Reaksi pembentukan glikol berlangsung secar adisi, yaitu :
· Isobutilena : mengahsilkan MTBE (methyl tertiary butyl eter) yang digunakan untuk menaikkan nilai oktan bensin. MTBE dibuat dari reaksi isobutilena dengan methanol.
· Butadiena : sebagai bahan dasar produk petrokimia, diantaranya :
- Karet sintesis, seperti SBR (styrene-butadiene-rubber) dan neoprene
- Nilon yaitu nilon 66
e. Bidang Seni
· Propilena glikol : untuk membuat asap buatan pada pertunjukan teater dan music
· Plastic propilena dapat dibentuk menjadi bantuk-bentuk yang indah dan bernilai seni.
· Hidrokarbon yang terbuat dari Low AromaticWhite Spirit atau LAWS : digunakan untuk pelarut cat.
f. Bidang Estetika
· Terpena (2-isoprena-2-metil-1,3-butadiena) : sebagai bahan minyak wangi
· Gliserol : Sebagai bahan kosmetika (pelembab) dan pelembut (40% formaldehida dalam air)
C. Metode Pembelajaran
1. Diskusi kelompok
2. Ceramah
3. Permainan kelompok
D. Langkah-langkah Kegiatan
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Salam pembuka dan doa
b. Motivasi dan Apersepsi: Tahukah anda bahwa bahan dasar pembuatan kosmetik berasal dari residu minyak bumi?
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi:
a. Guru menanyakan beberapa contoh produk kimia yang diketahui dan menanyakan komposisi dari produk ang telah disebutkan (nilai yang ditanamkan: kemandirian, percaya diri).
Elaborasi:
b. Guru membagi peserta didik dalam 8 kelompok (nilai yang ditanamkan: bersahabat).
c. Peserta didik mendiskusikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni dan estetika dalam kelompok masing-masing (nilai yang ditanamkan: kerja keras, kerjasama, menghargai pendapat, bersahabat).
d. Masing-masing peserta didik memperoleh kartu soal dari guru dan menuliskan jawabannya di kartu tersebut beserta nama masing-masing (nilai yang ditanamkan: tanggungjawab, bersahabat).
e. Kartu dikumpulkan perkelompok, kemudian ditukar dengan kartu kelompok lain (nilai yang ditanamkan: kerja keras, kemandirian, bersahabat).
Konfirmasi:
f. Masing-masing peserta didik mengoreksi jawaban di kartu soal dan menuliskan nilainya, yang benar memperoleh nilai 100, yang salah tidak memperoleh nilai, jika kesalahan 50% maka nilainya 50 dan seterusnya (nilai yang ditanamkan: kerja keras, menghargai prestasi, kejujuran, bersahabat).
g. Masing-masing kelompok mengutus perwakilan untuk menjadi tim penilai kelompok. Nilai masing-masing kelompok diumumkan, yang nilainya tertinggi menjadi pemenang (nilai yang ditanamkan: kerja keras, menghargai prestasi, bersahabat).
3. Kegiatan Penutup
a. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok pemenang
b. Guru membimbing siswa membuat kesimpulan.
Pertemuan kedua ( 2 jam pelajaran)
Ulangan Harian (2 KD)
Pertemuan ketiga ( 1jam pelajaran )
Pendalaman materi
Pertemuan keempat (2 jam pelajaran)
Pengayaan dan remidi
Alat, Bahan dan Sumber belajar:
Buku kimia SMA Kelas X Penerbit Erlangga, Lembar Kerja Peserta Didik, dan powerpoint.
Peniaian:
1. Keaktifan peserta didik di dalam kelas
Lembar Pengamatan Penilaian Afektif peserta didik
No | Nama | Partisipasi | Kemampuan berpendapat | Kemampuan bertanya | Ketepatan menjawab | Rata-rata |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Nilai tugas peserta didik
3. Nilai ulangan harian
a. Jenis Penilaian : Ulangan harian
b. Bentuk Penilaian : Uraian
c. Tindak Lanjut : Bagi peserta didik yang telah mencapai KKM diberikan pengayaan
bagi peserta didik yang belum mencapai KKM diberikan remedial.
Mengetahui : Yogyakarta, 2012
Guru Pembimbing Mahasiswi KKN-PPL
Risqa Uswatun, S.Si Lia Yuniarti
NIP: NIM: 09303241009
0 Komentar untuk "RPP Hidrokarbon KD 4.4"
Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)
Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)