Translate

RPP Hidrokarbon KD 4.4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan               : SMA N 11 Yogyakarta

Mata Pelajaran                     : Kimia

Kelas / semester                   : X / 2

Tahun Pelajaran                    : 2012/2013

Alokasi Waktu                      :  6 jam pelajaran

Standar Kompetensi    :        4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar fungsi gugus dan senyawa makromolekul.

Kompetensi Dasar        :        4.4 Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan  sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni, dan estetika

Indikator

1.        Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan.

2.        Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sandang dan papan.

3.        Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika.

 

Pertemuan Pertama ( 1 jam pelajaran)

A. Tujuan Pembelajaran

Tujuan Intruksional:

1.        Peserta didik dapat menjelaskan sumber dan kegunaan alkana dalam bidang pangan, sandang, papan,  seni, dan estetika.

2.        Peserta didik dapat menjelaskan sumber dan kegunaan alkena dalam bidang pangan, sandang, papan, seni, dan estetika.

3.        Peserta didik dapat menjelaskan sumber dan kegunaan alkuna dalam bidang pangan, sandang, papan,  seni, dan estetika.

4.        Peserta didik dapat menjelaskan pengertian industri petrokimia.

5.        Peserta didik dapat menjelaskan kegunaan fraksi gas dan nafta dalam industri kimia.

6.        Peserta didik dapat menjelaskan kegunaan gas alam dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pengiring:

1.      Menumbuhkan sikap percaya diri pada peserta didik

2.      Menumbuhkan sikap mandiri pada peserta didik

3.      Meningkatkan sikap menghargai pendapat pada peserta didik

4.      Meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik.

 

B. Materi Pembelajaran

Sumber dan Kegunaan Senyawa Hidrokarbon

Beberapa hidrokarbon yang digunakan dalam berbagai bidang di kehidupan sehari-hari, antara lain :

a.       Bidang Pangan

Beberapa senyawa hidrokarbon yang banyak digunakan dalam bidang pangan, antara lain :

·         Propilena glikol : sebagai penyedap rasa, pelarut zat warna makanan, dan humektan bahan tambahan makanan.

·         Gas asetilena (etuna) dan etilena : mempercepat pematangan buah

·         Monosodium glutamate : penyedap makanan

·         Dulsin, sakarin, siklamat : zat pemanis buatan

·         Butilhidroksilanison (BHA) dan Butilhidroksiltoluena (BHT) : zat antioksidan yang ditambahkan pada minyak lemak agar tidak menjadi tengik

·         Etil propanoat : pemberi aroma pada minuman

·         Propil asetat : member aroma pir

·         Asam asetat : bahan cuka

b.      Bidang Sandang

Beberapa senyawa hidrokarbon yang banyak digunakan dalam bidang sandang, antara lain :

·         PTA (purified terephthalicacid) yang dibuat dari para-xylene dimana bahan dasarnya adalah kerosin (minyak tanah). Kehalusan bahan yang terbuat dari serat poliester dipengaruhi oleh zat penambah (aditif) dalam proses pembuatan benang (saat mereaksikan PTA dengan metanol).

·         Etilena, propilena, benzena : bahan membuat pakaian dari polimer (jaket, sarung tangan, sepatu, rok wanita)

c.       Bidang Papan

Beberapa senyawa hidrokarbon yang banyak digunakan dalam bidang sandang, antara lain :

·         Polistirena : sebagai bus penahan panas yang dipasang pada rumah-rumah yang berada di daerah dingin (karet sintetis)

d.      Bidang Industri dan Perdagangan

·         Etena/ etilena : bahan pembuatan plastic polietena/ polietilena (kantong plastic, botol, mainan anak-anak). Polietilena dibentuk dari senyawa etilena melalui reaksi polimerisasi.

clip_image001nCH2 = CH2               ( - CH2 – CH2 -­­ )n

·         Polistirena : bahan pembuatan gelas plastic untuk minum dan kemasan makanan

·         Propena : bahan pembuatan plastic polipropilena (tidak tembus cahaya, kuat, dan keras)

·         Polivinil asetat : sebagai zat perekat, bahan baku cat, disket computer

·         Isopropyl : sebagai zat aditif bahan bakar dan cairan pembersih peralatan elektronik

·         Aseton : sebagai pembersih kuku

·         Benzene : menghasilkan fraksi nafta untuk pembuatan sabun dan sampo

Selain itu, umumnya, sebelum digunakan benzene terlebih dahulu diubah menjadi stirena, kumeba, dan sikloheksana.

-          Stirena : untuk membuat karet sintesis, seperti SBR dan polistirena

-          Kumena : untuk membuat fenol, selanjutnya fenol digunakan untuk membuat perekat dan resin

-          Sikloheksana : untuk membuat nylon, misalnya nylon 66 dan nilon 6.

·         Etilenaglikol atau glikol : sebagai bahan antibeku dalam radiator mobil di daerah beriklim dingin.

Reaksi pembentukan glikol berlangsung secar adisi, yaitu :

clip_image002CH2=CH2 + O2               CH2 - CH2

·         Isobutilena : mengahsilkan MTBE (methyl tertiary butyl eter) yang digunakan untuk menaikkan nilai oktan bensin. MTBE dibuat dari reaksi isobutilena dengan methanol.

·         Butadiena : sebagai bahan dasar produk petrokimia, diantaranya :

-          Karet sintesis, seperti SBR (styrene-butadiene-rubber) dan neoprene

-          Nilon yaitu nilon 66

e.       Bidang Seni

·         Propilena glikol : untuk membuat asap buatan pada pertunjukan teater dan music

·         Plastic propilena dapat dibentuk menjadi bantuk-bentuk yang indah dan bernilai seni.

·         Hidrokarbon yang terbuat dari  Low AromaticWhite Spirit  atau LAWS : digunakan untuk pelarut cat.

f.       Bidang Estetika

·         Terpena (2-isoprena-2-metil-1,3-butadiena) : sebagai bahan minyak wangi

·         Gliserol : Sebagai bahan kosmetika (pelembab) dan pelembut (40% formaldehida dalam air)  

 

C. Metode Pembelajaran

1.  Diskusi kelompok

2.  Ceramah

3.  Permainan kelompok

D. Langkah-langkah Kegiatan

1.      Kegiatan Pendahuluan

a.  Salam pembuka dan doa

b.  Motivasi dan Apersepsi: Tahukah anda bahwa bahan dasar pembuatan kosmetik berasal dari residu minyak bumi?

2.      Kegiatan Inti

Eksplorasi:

a.       Guru menanyakan beberapa contoh produk kimia yang diketahui dan menanyakan komposisi dari produk ang telah disebutkan (nilai yang ditanamkan: kemandirian, percaya diri).

Elaborasi:

b.      Guru membagi peserta didik dalam 8 kelompok (nilai yang ditanamkan: bersahabat).

c.       Peserta didik mendiskusikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni dan estetika dalam kelompok masing-masing (nilai yang ditanamkan: kerja keras, kerjasama, menghargai pendapat, bersahabat).

d.      Masing-masing peserta didik memperoleh kartu soal dari guru dan menuliskan jawabannya di kartu tersebut beserta nama masing-masing (nilai yang ditanamkan: tanggungjawab, bersahabat).

e.       Kartu dikumpulkan perkelompok, kemudian ditukar dengan kartu kelompok lain (nilai yang ditanamkan: kerja keras, kemandirian, bersahabat).

Konfirmasi:

f.       Masing-masing peserta didik mengoreksi jawaban di kartu soal dan menuliskan nilainya, yang benar memperoleh nilai 100, yang salah tidak memperoleh nilai, jika kesalahan 50% maka nilainya 50 dan seterusnya (nilai yang ditanamkan: kerja keras, menghargai prestasi, kejujuran, bersahabat).

g.      Masing-masing kelompok mengutus perwakilan untuk menjadi tim penilai kelompok. Nilai masing-masing kelompok diumumkan, yang nilainya tertinggi menjadi pemenang (nilai yang ditanamkan: kerja keras, menghargai prestasi, bersahabat).

3.  Kegiatan Penutup

a.  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok pemenang

b.  Guru membimbing siswa membuat kesimpulan.

 

Pertemuan kedua ( 2 jam pelajaran)

Ulangan Harian (2 KD)

 

Pertemuan ketiga ( 1jam pelajaran )

Pendalaman materi

 

Pertemuan keempat (2 jam pelajaran)

Pengayaan dan remidi

 

Alat, Bahan dan Sumber belajar:

Buku kimia SMA Kelas X Penerbit Erlangga, Lembar Kerja Peserta Didik, dan powerpoint.

Peniaian:

1.      Keaktifan peserta didik di dalam kelas

Lembar Pengamatan Penilaian Afektif peserta didik

No

Nama

Partisipasi

Kemampuan berpendapat

Kemampuan bertanya

Ketepatan menjawab

Rata-rata

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.      Nilai tugas peserta didik

3.      Nilai ulangan harian

a.       Jenis Penilaian    :  Ulangan harian

b.      Bentuk Penilaian   :     Uraian

c.       Tindak Lanjut    :  Bagi peserta didik yang telah mencapai KKM diberikan pengayaan

                                  bagi peserta didik yang belum mencapai KKM diberikan remedial.

 

                        

Mengetahui :                                                                              Yogyakarta,   2012

Guru Pembimbing                                                                     Mahasiswi KKN-PPL

 

 

 

Risqa Uswatun, S.Si                                                                       Lia Yuniarti

NIP:                                                                                              NIM: 09303241009
0 Komentar untuk "RPP Hidrokarbon KD 4.4"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top