RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA N 11 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / semester : X / 1
Tahun Pelajaran : 2012/2013
Alokasi Waktu : 5 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar fungsi gugus dan senyawa makromolekul.
Kompetensi Dasar : 4.1 Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon.
Indikator
1. Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melelui percobaan.
2. Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon.
3. Membedakan atom C primer, sekunder, tertier, dan kuarterner.
Pertemuan Pertama dan kedua ( 3 jam pelajaran)
A. Tujuan Pembelajaran
Tujuan Intruksional:
1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian senyawa karbon.
2. Peserta didik dapat menyebutkan contoh senyawa karbon dalam kehidupan sehari-hari.
3. Peserta didik dapat menguji keberadaan unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon.
Tujuan pengiring:
1. Menumbuhkan kerjasama diantara peserta didik
2. Menumbuhkan rasa percaya diri pada peserta didik
3. Meningkatkan sikap kemandirian pada peserta didik
4. Meningkatkan kejujuran dalam diri peserta didik.
5. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengemukakan pendapatnya
B. Materi Pembelajaran
Unsur Karbon dalam Senyawa Karbon
Cabang ilmu kimia yang mempelajari senyawa karbon disebut kimia organik. Kata organik berarti zat hidup. Karena pada awalnya para ahli berpendapat bahwa senyawa organik adalah senyawa yang dihasilkan oleh makhluk hidup. Akan tetapi pendapat ini berubah setelah Freiderich Wohler (1828) berhasil mensintesis urea tanpa menggunakan ginjal manusia yakni dari amonium sianat.
Pada umumnya senyawa karbon mengandung unsur C, H, dan O. Untuk mengidentifikasi adanya unsur-unsur tersebut lakukan percobaan berikut. Identifikasi Unsur C, H, dan O dalam Senyawa
1. Tujuan percobaan: Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa.
2. Alat dan bahan:
a. gula pasir
b. air kapur (larutan Ca(OH)2)
c. kertas kobalt (kertas saring yang direndam dalam larutan kobalt(II)klorida kemudian dikeringkan hingga berwarna biru)
d. serbuk CuO
e. tabung reaksi besar
f. sumbat gabus dan pipa/selang penghubung
g. penjepit tabung
h. pembakar spiritus
3. Cara kerja:
a. Masukkan 1 sendok teh gula pasir dan serbuk CuO ke dalam tabung reaksi pertama, kemudian tutup
b. mulut tabung dengan sumbat gabus yang dihubungkan dengan pipa.
c. Isi tabung reaksi ke-2 dengan 10 mL air kapur, tutup dengan sumbat gabus. Hubungkan dengan pipa tabung pertama.
d. Panaskan tabung pertama di atas pembakar spiritus.
e. Amati apa yang terjadi pada tabung ke-2!
f. Buka sumbat gabus tabung pertama dan uji embun pada dinding tabung dengan kertas kobalt klorida.
g. Amati perubahan yang terjadi!
4. Data percobaan:
a. Perubahan pada tabung ke-2: ....
b. Perubahan pada kertas kobalt klorida: ....
5. Pertanyaan:
a. Apa fungsi CuO dalam reaksi tersebut?
b. Kesimpulan apa yang dapat kamu tarik dari percobaan ini?
C. Metode Pembelajaran
1. Eksperimen
2. Diskusi informasi
D. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Motivasi dan Apersepsi:
1) Bagaimana menguji keberadaan unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon?
b. Prasyarat pengetahuan:
Apakah yang dimaksud dengan senyawa karbon?
c. Pra eksperimen:
Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi:
a. Peserta didik dalam kelompok kerja mempersiapkan alat dan bahan praktikum (Nilai yang ditanamkan: kerja keras, kerjasama, bersahabat).
Elaborasi:
b. Peserta didik melakukan eksperimen sesuai dengan LKS praktikum yang telah disediakan (Nilai yang ditanamkan: kerja keras, kerjasama, rasa ingin tahu, tanggungjawab, kejujuran, bersahabat).
c. Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil praktikum (Nilai yang ditanamkan: kerja keras, percaya diri, mandiri, bersahabat).
Konfirmasi:
d. Guru mengarahkan hasil praktikum yang seharusnya jika praktium dilakukan dengan benar dan teliti serta memberikan beberapa penjelasan penting (Nilai yang ditanamkan: kerja keras, rasa ingin tahu, bersahabat).
3. Kegiatan Penutup
a. Peserta didik membuat kesimpulan hasil praktikum dan membuat laporan perindividu serta mengumpulkannya pada guru.
b. Guru meminta peserta didik mencari informasi tentang karakteristik senyawa karbon.
Pertemuan Ketiga ( 2 jam pelajaran)
A. Tujuan Pembelajaran
Tujuan Intruksional:
1. Peserta didik dapat menjelaskan karakteristik atom karbon.
2. Peserta didik dapat menjelaskan posisi atom C dalam rantai karbon.
3. Peserta didik dapat menyebutkan jenis ikatan kovalen antara 2 atom C dalam rantai karbon.
4. Peserta didik dapat membedakan ikatan tunggal dan ikatan rangkap.
Tujuan pengiring:
1. Menumbuhkan kerjasama diantara peserta didik
2. Menumbuhkan rasa percaya diri pada peserta didik
3. Meningkatkan sikap kemandirian pada peserta didik
4. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengemukakan pendapatnya
B. Materi Pembelajaran
Kekhasan atom karbon
1. Kekhasan Atom Karbon
a. Atom Karbon Memiliki 4 Elektron Valensi
Berdasarkan konfigurasi keenam elektron yang dimiliki atom karbon didapatkan bahwa elektron valensi yang dimilikinya adalah 4. Untuk mencapai kestabilan, atom ini masih membutuhkan 4 elektron lagi dengan cara berikatan kovalen. Tidak ada unsur dari golongan lain yang dapat membentuk ikatan kovalen sebanyak 4 buah dengan aturan oktet.
b. Atom Unsur Karbon Relatif Kecil
Ditinjau dari konfigurasi elektronnya, dapat diketahui bahwa atom karbon terletak pada periode 2, yang berarti atom ini mempunyai 2 kulit atom, sehingga jari-jari atomnya relatif kecil. Hal ini menyebabkan ikatan kovalen yang dibentuk relatif kuat dan dapat membentuk ikatan kovalen rangkap.
c. Atom Karbon Dapat Membentuk Rantai Karbon
Keadaan atom karbon yang demikian menyebabkan atom karbon dapat membentuk rantai karbon yang sangat panjang dengan ikatan kovalen, baikikatan kovalen tunggal, rangkap 2, maupun rangkap 3.Selain itu dapat pula membentuk rantai lingkar (siklik).
d. Posisi Atom Karbon
Berdasarkan kedudukannya tersebut, atom karbon dapat dibedakan menjadi:
a. atom C primer (1°) : atom C yang terikat pada satu atom C yang lain.
b. atom C sekunder (2°) : atom C yang terikat pada dua atom C yang lain.
c. atom C tersier (3°) : atom C yang terikat pada tiga atom C yang lain.
d. atom C kuartener (4°) : atom C yang terikat pada empat atom C yang lain.
CH3
1° 2° 3° |4°
CH3 – CH2 – CH – C – CH2 – CH3
| |
CH3 CH3
C. Metode Pembelajaran
1. Diskusi informasi
2. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Salam pembuka dan doa
b. Motivasi dan Apersepsi:
Mengapa atom C dapat membentuk 4 ikatan kovalen yang kuat?
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi:
a Peserta didik mengkaji literatur mengenai kekhasan atom karbon (Nilai yang ditanamkan: kerja keras, mandiri, bersahabat).
Elaborasi:
b Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan karakteristik atom karbon (Nilai yang ditanamkan: kerja keras, mandiri, bersahabat).
c Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai posisi atom C dalam rantai karbon (atom C primer, sekunder, tertier, dan kuarterner) (Nilai yang ditanamkan: kerja keras, kerjasama, bersahabat).
d Perwakilan Peserta didik diminta untuk menyebutkan jenis ikatan kovalen antara 2 atom C dalam rantai karbon (Nilai yang ditanamkan: kerja keras, percaya diri, bersahabat).
e Peserta didik memperhatikan perbedaan ikatan tunggal dan ikatan rangkap yang disampaikan oleh guru (Nilai yang ditanamkan: kerja keras, rasa ingin tahu, bersahabat)
f Guru meminta peserta didik mengerjakan latihan soal secara berkelompok (Nilai yang ditanamkan: kerja keras, kerjasama, tanggungjawab, bersahabat).
Konfirmasi:
g Guru mengoreksi pekerjaan peserta didik dan memperbaiki yang salah (Nilai yang ditanamkan: kerja keras, menghargai prestasi, bersahabat).
3. Kegiatan Penutup
a. Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat kesimpulan.
b. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Alat, Bahan dan Sumber belajar:
Buku kimia SMA Kelas X Penerbit Erlangga, Lembar Kerja Peserta Didik, dan powerpoint.
Peniaian:
1. Keaktifan peserta didik di dalam kelas
Lembar Pengamatan Penilaian Afektif peserta didik
No | Nama | Partisipasi | Kemampuan berpendapat | Kemampuan bertanya | Ketepatan menjawab | Rata-rata |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Nilai tugas peserta didik.
3. Nilai ulangan harian
Jenis Penilaian : Ulangan harian
Bentuk Penilaian : Soal objektif, benar salah, dan uraian.
Tindak Lanjut : Bagi peserta didik yang telah mencapai KKM diberikan pengayaan
bagi peserta didik yang belum mencapai KKM diberikan remedial.
Mengetahui : Yogyakarta, 2012
Guru Pembimbing Mahasiswi KKN-PPL
Risqa Uswatun, S.Si Lia Yuniarti
NIP: NIM: 09303241009
0 Komentar untuk "RPP Hidrokarbon KD 4.1"
Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)
Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)