1. Kelas X
Standar Kompetensi : Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri)
Kategori soal : mudah
Soal :
Berapa volume dari 0,2 mol karbon dioksida jika diukur pada keadaan standar?
a. 0,48 L
b. 1,12 L
c. 2,24 L
d. 4,48 L
e. 5,24 L
Jawab : D
Pembahasan :
Diket :
Dalam keadaan standar Vm = 22,4 L/mol
n = 0,2 mol
Ditanya :
V dalam keadaan standar?
Jawab :
V = n x Vm = 0,2 mol x 22,4 L/mol = 4,48 L
Analisis :
Dimensi kognitif : C4 (menganalisis), hal ini dikarenakan untuk menyelesaikan soal siswa harus mengingat dan memahami rumus yang digunakan kemudian mengaplikasikan dalam soal dan menganalisis soal tersebut.
Dimensi pengetahuan : K2 (pengetahuan konseptual), hal ini dikarenakan penyelesaian soal berdasarkan konsep yang ada.
2. Kelas X
Standar Kompetensi : Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri)
Kategori soal : sedang
Soal :
Massa dari 5,6 L suatu gas pada keadaan standar adalah 11 gram. Berapakah massa molekul relatif (Mr) gas tersebut?
a. 27
b. 44
c. 56
d. 61,6
e. 246,4
Jawab : B
Pembahasan :
Diket :
V = 5,6 L
Massa = 11 gram
Dalam keadaan standar Vm = 22,4 L/mol
Ditanya : Mr?
Jawab :
V = n x Vm
Analisis :
Dimensi kognitif : C4 (menganalisis), hal ini dikarenakan untuk menyelesaikan soal siswa harus mengingat dan memahami rumus yang digunakan kemudian mengaplikasikan dalam soal dan menganalisis soal tersebut.
Dimensi pengetahuan : K2 (pengetahuan konseptual), hal ini dikarenakan penyelesaian soal berdasarkan konsep yang ada.
3. Kelas X
Standar Kompetensi : Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia
Kategori soal : sedang
Soal:
Di antara unsur-unsur 11Na, 12Mg, 19K, 20Ca, 37Rb yang memiliki energi ionisasi terbesar adalah...
a. 11Na
b. 12Mg
c. 19K
d. 20Ca
e. 37Rb
Jawab : A
Pembahasan :
Dalam satu periode energi ionisasi akan semakin besar dari kiri ke kanan dan dalam satu golongan akan semakin besar dari bawah ke atas. Na terletak pada golongan IA dan kulit ke 3 atau kulit M, sehingga Na memiliki energi ionisasi paling besar di antara kelima unsur tersebut. (Mg : golongan IIA dan kulit ke 3, K : golongan IA dan kulit ke 4, Ca : golongan IIA dan kulit ke 4, Rb : golongan IA dan kulit ke 5)
Analisisis :
Dimensi kognitif : C2 (mengerti), hal ini dikarenakan untuk menyelesaikan soal siswa harus mengingat dan mengerti materi yang diberikan.
Dimensi pengetahuan : K2 (pengetahuan konseptual), hal ini dikarenakan penyelesaian soal berdasar fakta dan konsep yang telah ada.
4. Kelas XI
Standar Kompetensi : Memahami struktur atom untuk meramalkan sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul, dan sifat-sifat senyawa
Kategori soal : sulit
Soal :
Deret bilangan kuantum untuk unsur Co adalah...
Jawab : B
Pembahasan :
Co memiliki nomor atom 27, sehingga konfigurasi elektronnya sebagai berikut :
1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d7
Analisis :
Dimensi kognitif : C4 (menganalisis), hal ini dikarenakan untuk menyelesaikan soal siswa hrs mengingat nomor atom yang dimiliki Co dan dapat mengerti serta menganalisis soal.
Dimensi pengetahuan : K2 (pengetahuan konseptual) karena penyelesaian soal membutuhkan konsep.
5. Kelas XI
Standar kompetensi : Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya
Kategori soal : sedang
Soal :
Dalam suatu reaksi kimia dibebaskan 8,4kJ energi. Jika kalor ini digunakan untuk memanaskan 100cm3 air, maka kenaikan suhunya adalah...(kalor jenis air = 4,2 Jg-1°C-1)
a. 4,2°C
b. 8,4°C
c. 16,8°C
d. 20°C
e. 40°C
Jawab : D
Pembahasan :
Diket :
Q = 8,4 kJ = 8400 J
V = 100cm3
Kalor jenis air = C = 4,2 Jg-1°C-1
Jawab :
Analisis :
Dimensi kognitif : C4 (menganalisis), hal ini dikarenakan untuk menyelesaikan soal siswa harus mengingat dan memahami rumus yang digunakan kemudian mengaplikasikan dalam soal dan menganalisis soal tersebut.
Dimensi pengetahuan : K2 (pengetahuan konseptual), hal ini dikarenakan penyelesaian soal berdasarkan konsep yang ada.
6. Kelas XI
Standar Kompetensi : Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhi, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri
Kategori soal : sedang
Soal :
Sebanyak 100 mL larutan KOH 0,1 M dicampur dengan 400 mL larutan KOH 0,2 M. Kemolaran larutan yang didapat adalah...
a. 0,12 M
b. 0,15 M
c. 0,18 M
d. 0,20 M
e. 0,21 M
Jawab : C
Pembahasan :
Diket :
V1 = 100 mL
M1 = 0,1 M
V2 = 400 mL
M2 = 0,2 M
Ditanya : M ?
Jawab :
M1V1 + M2V2 = M(V1+V2)
0,1 M x 100 mL + 0,2 M x 400 mL = M (100 mL + 400 mL)
10 mmol + 80 mmol = M x 500 mL
Analisis :
Dimensi kognitif : C4 (menganalisis). Hal ini dikarenakan untuk menyelesaikan soal siswa harus mengingat dan memahami rumus yang digunakan kemudian mengaplikasikan dalam soal dan menganalisis soal tersebut.
Dimensi pengetahuan : K2 (pengetahuan konseptual), hal ini dikarenakan penyelesaian soal berdasarkan konsep yang ada.
7. Kelas XI
Standar Kompetensi : Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhi, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri
Kategori soal : sulit
Soal :
Jika pada saat kesetimbangan masih ada 1 mol SO3, maka tetapan kesetimbangan reaksi tersebut adalah...
a. 0,5
b. 1,0
c. 13,5
d. 27
e. 40,5
Jawab : D
Mula2 : 4 mol
Reaksi : 3 mol 3 mol 1,5 mol
Sisa : 1 mol 3 mol 1,5 mol
Analisis :
Dimensi kognitif : C4 (menganalisis), hal ini dikarenakan untuk menyelesaikan soal siswa harus mengingat dan memahami rumus yang digunakan kemudian mengaplikasikan dalam soal dan menganalisis soal tersebut.
Dimensi pengetahuan : K2 (pengetahuan konseptual), hal ini dikarenakan penyelesaian soal berdasarkan konsep yang ada.
8. Kelas XI
Standar Kompetensi : Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukurannya, dan terapannya
Kategori soal : sedang
Soal :
Berapakah pH jika dicampurkan 100 mL larutan CH3COOH 0,8 M dengan 100 mL larutan NaOH 0,2 M? (Ka CH3COOH = 10-5)
a. 3 – log 5
b. 11 + log 5
c. 5 – log 3
d. 9 + log 3
e. 3 – log 3
Jawab : C
Mula2 : 80 mmol 20 mmol - -
Reaksi : 20 mmol 20 mmol 20 mmol 20 mmol
Sisa : 60 mmol - 20 mmol 20 mmol
mol CH3COOH = M x V = 0,8 M x 100 mL = 80 mmol
mol NaOH = M x V = 0,2 M x 100 mL = 20 mmol
pH = - log H+ = - log (3 x 10-5) = 5 – log 3
Analisis :
Dimensi kognitif : C4 (menganalisis), hal ini dikarenakan untuk menyelesaikan soal siswa harus mengingat dan memahami rumus yang digunakan kemudian mengaplikasikan dalam soal dan menganalisis soal tersebut.
Dimensi pengetahuan : K2 (pengetahuan konseptual), hal ini dikarenakan penyelesaian soal berdasarkan konsep yang ada.
9. Kelas XI
Standar Kompetensi : Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Kategori soal : mudah
Soal :
Penghamburan berkas sinar oleh sistem koloid disebut...
a. gerak Brown
b. efek Tyndall
c. koagulasi
d. elektroforesis
e. dialisis
Jawab : B
Pembahasan :
Gerak Brown adalah gerak zig-zag partikel koloid
Efek Tyndall adalah penghamburan sinar oleh sistem koloid
Koagulasi adalah penggumpalan partikel koloid
Elektroforesis adalah pergerakan partikel koloid dalam medan listrik
Dialisis adalah proses penghilangan ion-ion pengganggu dalam pembuatan suatu koloid
Analisisis :
Dimensi kognitif : C2 (mengerti), hal ini dikarenakan untuk menyelesaikan soal siswa harus mengingat dan mengerti materi yang diberikan.
Dimensi pengetahuan : K1 (pengetahuan factual), hal ini dikarenakan penyelesaian soal berdasar fakta yang telah ada.
10. Kelas XII
Standar Kompetensi : Menjelaskan sifat-sifat koligatif larutan non-elektrolit dan elektrolit
Kategori soal : sedang
Soal :
Fraksi mol suatu larutan non-elektrolit adalah 0,1 dan tekanan uap jenuh air murni pada suhu 20°C adalah 17,5 mmHg, maka penurunan tekanan uap jenuh larutan pada suhu tersebut adalah...
a. 1,75 mmHg
b. 3,50 mmHg
c. 7,00 mmHg
d. 14,00 mmHg
e. 15,75 mmHg
Jawab : E
Pembahasan :
Diket :
XA = 0,1
P° = 17,5 mmHg
Ditanya : P?
Jawab :
P = XA x P°
XA + XB = 1
XB = 1 - XA = 1 – 0,1 = 0,9
P = XA x P° = 0,9 x 17,5 = 15,75
Analisis :
Dimensi kognitif : C4 (menganalisis), hal ini dikarenakan untuk menyelesaikan soal siswa harus mengingat dan memahami rumus yang digunakan kemudian mengaplikasikan dalam soal dan menganalisis soal tersebut.
Dimensi pengetahuan : K2 (pengetahuan konseptual), hal ini dikarenakan penyelesaian soal berdasarkan fakta dan konsep yang ada.
11. Kelas XII
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari
Kategori soal : sedang
Soal :
Jika diketahui E° Sn2+/Sn = -0,14 volt dan E° Ag+/Ag = +0,80 volt, maka potensial standar sel tersebut adalah...
a. 1,74 volt
b. 1,46 volt
c. 0,94 volt
d. 0,66 volt
e. 0,52 volt
Jawab : C
Pembahasan :
Diket :
E° Ag+/Ag = +0,80 volt
E° Sn2+/Sn = -0,14 volt
Ditanya : E°sel ?
Jawab :
E°sel = E°katoda – E° anoda = +0,80 – (-0,14) = +0,94 volt
Analisis :
Dimensi kognitif : C4 (menganalisis), hal ini dikarenakan untuk menyelesaikan soal siswa harus mengingat dan memahami rumus yang digunakan kemudian mengaplikasikan dalam soal dan menganalisis soal tersebut.
Dimensi pengetahuan : K2 (pengetahuan konseptual), hal ini dikarenakan penyelesaian soal berdasarkan fakta dan konsep yang ada.
12. Kelas XII
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari
Kategori soal : sulit
Soal :
Pada elektrolisis leburan Al2O3 ( Ar O = 16, Al =27 ) diperoleh 0,225 gram Al. Jumlah muatan listrik yang diperlukan adalah...( 1F = 96500 C/mol )
a. 221,9 coulomb
b. 804,0 coulomb
c. 1025,9 coulomb
d. 2412,5 coulomb
e. 8685,0 coulomb
Jawab : D
Pembahasan :
Diket :
massa Al yang dibebaskan = G = 0,225 gram
Ar Al = 27
Biloks Al3+ = 3
F = 96500 C/mol
Ditanya : Q ?
Jawab:
Q = i x t
Q = 2412,5 C
Analisis :
Dimensi kognitif : C4 (menganalisis), hal ini dikarenakan untuk menyelesaikan soal siswa harus mengingat dan memahami rumus yang digunakan kemudian mengaplikasikan dalam soal dan menganalisis soal tersebut.
Dimensi pengetahuan : K3 (pengetahuan prosedural), hal ini dikarenakan penyelesaian soal berdasarkan konsep yang ada dan diselesaikan secara bertahap dengan prosedur tertentu.
13. Kelas XII
Standar Kompetensi : Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan, dan bahayanya, serta terdapatnya di alam
Kategori soal : mudah
Soal :
Logam-logam alkali biasanya disimpan dalam minyak tanah
SEBAB
Dalam satu golongan dari atas ke bawah reaksinya dengan air semakin kuat (kereaktifannya makin tinggi)
Jawab : A
Pembahasan : pernyataan logam-logam alkali biasanya disimpan dalam minyak tanah adalah benar. Dan dalam satu golongan dari atas ke bawah reaksinya dengan air semakin kuat (kereaktifannya makin tinggi) juga merupakan ciri khas dari logam alkali. Sehingga pernyataan keduanya banar dan saling berhubungan.
Analisisis :
Dimensi kognitif : C2 (mengerti), hal ini dikarenakan untuk menyelesaikan soal siswa harus mengingat dan mengerti materi yang diberikan.
Dimensi pengetahuan : K2 (pengetahuan konseptual), hal ini dikarenakan penyelesaian soal berdasar fakta dan konsep yang telah ada.
14. Kelas XII
Standar Kompetensi : Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan makromolekul
Kategori soal : sedang
Soal :
Hidrokarbon yang tidak mempunyai isomer adalah...
1. C2H4
2. C2H5Cl
3. C2H6
4. C2H2Cl2
Jawab : A
Pembahasan :
C2H4, C2H5Cl, C2H6 adalah hidrokarbon yang tidak memiliki isomer.
Analisisis :
Dimensi kognitif : C4 (menganalisis), hal ini dikarenakan untuk mengerti materi yang diberikan, kemudian menganalisisnya.
Dimensi pengetahuan : K2 (pengetahuan konseptual), hal ini dikarenakan penyelesaian soal berdasar konsep yang telah ada.
15. Kelas XII
Standar Kompetensi : Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan makromolekul
Kategori soal : sedang
Soal :
Berikut ini yang merupakan ciri benzena adalah...
1. Bersifat racun dan merupakan bahan karsinogen
2. Dapat digunakan sebagai bahan peledak
3. Sebagai bahan dasar pembuat stirena
4. Sebagai bahan pengawet
Jawab : B
Pembahasan :
Benzena memiliki sifat beracun dan merupakan bahan karsinogen, selain itu benzena merupakan bahan dasar pembuat stirena, yaitu bahan untuk membuat sejenis karet sintesis. Sedangkan yang dapat digunakan sebagai bahan peledak adalah toluena dan yang digunakan untuk pengawet adalah asam benzoat.
Analisisis :
Dimensi kognitif : C4 (menganalisis) hal ini dikarenakan untuk menyelesaikan soal siswa harus mengingat dan mengerti materi yang diberikan kemudian melakukan analisis.
Dimensi pengetahuan : K1 (pengetahuan factual) hal ini dikarenakan penyelesaian soal berdasarkan fakta yang ada
Tag :
Soal-Soal Kimia
0 Komentar untuk "Konstruksi Soal Kimia Berdasarkan Tingkat Kognitif III"
Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)
Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)