Translate

Konstruksi Soal Kimia Berdasarkan Tingkat Kognitif IV

1.      Kompetensi Dasar: Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia.

JikapadakondisiSTP (Standar Temperature Pressure)volume dari 4,25 gram gas adalah2,8 L makamassamolekulrelatifgas tersebutadalah ….
A.    26
B.     28
C.     30
D.    32
E.     34

Pembahasan:
n = clip_image002
n = clip_image004
clip_image006 = clip_image008àMr = 34
Jawaban E
Aspekkognitif: C3, K2.
Dimensi proses kognitifmengaplikasidandimensipengetahuankonseptual

2.      Kompetensi Dasar: Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia.

Hemoglobin (Mr=68.000) mengandung 0,33% massabesi, makajumlah atom Fe (Ar=56) dalammolekul hemoglobin adalah ….
A.    3
B.     4
C.     5
D.    6
E.     7

Pembahasan
clip_image010x 100% = % Fe
clip_image012x 100% = 0,33%
Atom (56) = 0,33 x 680
Atom (56) = 224,4
Atom = clip_image014 = 4,007 (dibulatkan = 4) àjawaban: B
Aspekkognitif: C3, K2
Dimensi proses kognitifmengaplikasidandimensipengetahuankonseptual

3.      Kompetensi Dasar: Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk.

Unsur X mempunyainomor atom 20.Senyawagaramnyaapabiladipanaskanakanmenghasilkan gas yang dapatmengeruhkan air barit. Rumussenyawatersebutadalah ….
A.    X2SO4
B.     XSO4
C.     X2CO3
D.    XCO3
E.     XCl2

Pembahasan:
20Xtermasukgolongan IIA, gas yang dapatmengeruhkan air baritadalah gas CO2, makagaramtersebutadalah XCO3 yang biladipanaskanakanteruraimenjadi XO dan CO2 (jawaban: D. XCO3)
Aspekkognitif: C3, K2
Dimensi proses kognitifmengaplikasidandimensipengetahuankonseptual

4.      Kompetensi Dasar: Menjelaskan teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom dan teori hibridisasi untuk meramalkan bentuk molekul.

UnsurXedengannomor atom 54 danunsur F dengannomor atom 9 membentuksenyawa XeF4.Bentukmolekulsenyawainiadalah ….
A.    Linier
B.     Oktahedral
C.    Bujursangkar
D.    Piramidatrigonal
E.     Tetrahedron

Pembahasan :terdapat 4 pasangelektronikatan di sekeliling atom pusatdan 2 pasangelekronbebassehinggabentukmolekulnyaadalahbujursangkaratausegiempatdatar (jawaban = C)
Aspekkognitif: C3, K2. Dimensi proses kognitifmengaplikasidandimensipengetahuankonseptual

5.      Kompetensi Dasar: Menentukan clip_image016H reaksi berdasarkan percobaan, hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan standar, dan data energi ikatan.

Reaksi 3 gram magnesium (Ar=24) dengan nitrogen (Ar=14) berlebihmenghasilkan Mg3N2. Padakeadaanstandar, proses tersebutmelepaskankalorsebesar 28 kJ. Entalpipembentukanstandar Mg3N2adalah….
A.    -75
B.     -117
C.     -224
D.    -350
E.     -672

Pembahasan:
3 Mg +  N2à Mg3N2  clip_image016H = -28 kJ
3/24                 1/24 mol
clip_image016H pembentukan standar Mg3N2 = -clip_image018 = -672 kJ mol-1
Aspekkognitif: C3, K2
Dimensi proses kognitifmengaplikasidandimensipengetahuankonseptual

6.      Kompetensi Dasar: Mendeskripsikan pengertian laju reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

Lajupenguraian N2O5menjadi NO2dan  O2adalah 2,5 x 10-6mol/Ls, makalajupembentukan NO2adalah ….
A.    1,3 x 10-6mol/Ls
B.     2,5 x 10-6mol/Ls
C.     3,9 x 10-6mol/Ls
D.    5,0  x 10-6mol/Ls
E.     6,2 x 10-6mol/Ls

Pembahasan:
2N2O5à 4NO2 + O2
Denganmelihatperbandingankoefisienreaksinya
Maka rNO2 = clip_image020 x 2,5 x 10-6 = 5,0 x 10-6mol/Ls
Aspekkognitif: C3, K2
Dimensi proses kognitifmengaplikasidandimensipengetahuankonseptual
7.      Kompetensi Dasar: Menjelaskan kesetimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan dengan melakukan percobaan

Reaksidisosiasi PCl5adalahsebagaiberikut: PCl5(g) <-> PCl3(g) + Cl2(g), apabilabanyaknyamol PCl5dan PCl3padakesetimbangansamamakaderajatdisosiasi PCl5adalah ….
A.    0,50
B.     0,33
C.     0,25
D.    0,22
E.     0,17

Pembahasan
PCl5(g)   ßà PCl3(g) +        Cl2(g)
Mula-mula:                  A                                 -                       -
Bereaksi:                                                                      
Setimbang:                  A(1-α)                                           
Dalamkeadaansetimbangmol PCl5 samadenganmol PCl3 maka
PCl5    =          PCl3
A(1-α) =         
1-α       =          α
1          =         
Α         =          0,5
Aspekkognitif: C3, K3
Dimensi proses kognitifmengaplikasidandimensipengetahuanproseduralkarenaterdiridaribeberapatahapan proses mengerjakan

8.      Kompetensi Dasar: Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan

Konsentrasi H3O+dalamlarutanBa(OH)2 0,05 M adalah  … M.
A.    1 x 10-13
B.     5 x 10-10
C.     1 x 10-7
D.    5 x 10-5
E.     1 x 10-2
[OH-] = 2 x 0,05 = 0,1
[H+] = 10-14 : 10-1
[H+] = 10-13 M
Aspekkognitif: C2, K2
Dimensi proses kognitifmenertidandimensipengetahuankonseptual

9.      Kompetensi Dasar: Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Margarinadalahsuatuemulsidari …. (nomer 9)
A.    Minyakdalam air
B.     Air dalamminyak
C.     Air dalam protein
D.    Protein dalamminyak
E.     Lemakdalam air

Pembahasan: margarinmerupakansuatuemulsilemakdalam air (E)
Aspekkognitif: C1, K1
Dimensi proses kognitifmengingatdandimensipengetahuankonseptua

10.  Kompetensi Dasar: Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk sifat koligatif larutan

Jika 0,005 molgaram MA dilarutkandalam 100 gram air makalarutanakanmembekupada -1,620 C. apabilaKf air =1,8 makaderajationisasgaram MA adalah ….
A.    0,4
B.     0,5
C.     0,6
D.    0,7
E.     0,8
clip_image016Tf = m Kf i
1,62 = 0,05 x (1000/100) x (1+α)
1,62 = 0,9 + 0,9 α
α = 0,8
Aspekkognitif: C3, K2
Dimensi proses kognitifmengaplikasidandimensipengetahuankonseptual

11.  Kompetensi Dasar: Menerapkan konsep reaksi oksidasireduksi dalam sistem elektrokimia yang melibatkan energi listrik dan kegunaannya dalam mencegah korosi dan dalam industri




Padareaksiredoks MnO2 + 2H2SO4 + 2 NaIà MnSO4 + Na2SO4 + 2 H2O + I2senyawa yang berperansebagaioksidatoradalah ….
A.    NaI
B.     MnO2
C.     H2SO4
D.    MnSO4
E.     I-

Pembahasan: BilanganoksidasiMnberubahdari +4 menjadi +2 sehinggamengalamireduksisehingga MnO2sebagaioksidator.
Aspekkognitif: C2, K2
Dimensi proses kognitifmengertidandimensipengetahuankonseptual

12.  Kompetensi Dasar: Menerapkan hukum Faraday untuk elektrolisis larutan elektrolit

Padaelekrolisisleburan Al2O3diperoleh 0,225 gram Al. Jjumlahmuatanlistrik yang diperlukanadalah …. (1F = 96500 Coulomb/mol)
A.    221,9 Coulomb
B.     804,0 Coulomb
C.     1025,9 Coulomb
D.    2412,5 Coulomb
E.     8685,0 Coulomb

ElektrolisisleburanAl2O3 :
Mol Al = 0,225/27 = 8,3 x 10-3mol
Katoda:  Al3+  +     3e-à      Al
                           0,025 mol     0,0083mol
Jumlahmuatanlistrik yang diperlukan: 0,025 x 96500 = 2412,5 Coulomb
Aspekkognitif: C3, K2
Dimensi proses kognitifmengaplikasidandimensipengetahuankonseptual

13.  Kompetensi Dasar: Mendeskripsikan kecenderungan sifat fisik dan kimia unsur utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya)

Oksida Al2O3dapatlarutdalamlarutanNaOH.
sebab
Oksida Al2O3tidaklarutdalamlarutanHCl
 (jawaban = C)

Al bersifatamfotersehinggadapatbersifatsebagaiasammaupunbasasehinggadapatberaksibaikdenganNaOHmaupunHCl. Oksida Al2O3dapatlarutpadakeduanya.
Hubungannyabenardansalah
Aspekkognitif: C3, K2
Dimensi proses kognitifmengaplikasidandimensipengetahuankonseptual

14.  Kompetensi Dasar: Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, alkanoat, dan alkil alkanoat)

Senyawaorganikberikut yang mengandungguguskarboniladalahsenyawa
1)      Keton
2)      Aldehid
3)      Ester
4)      Asamkarboksilat

Jawaban : E
guguskarbonil(-C=O-)
Jawaban 1,2,3,dan 4 benarsemua
Aspekkognitif: C1, K2
Dimensi proses kognitifmengingatdandimensipengetahuankonseptual

15.  Kompetensi Dasar: Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, alkanoat, dan alkil alkanoat)

Molekul C5H10O2terdapatpadasenyawa
1)      etilpropanoat
2)      n-propiletanoar
3)      isopropiletanoat
4)      asambutanoat

jawaban :A
rumus CnH2nO2dapatberupaasamalkanoatatau ester. Jawaban 1,2,3benar
Aspekkognitif: C2, K2
Dimensi proses kognitifmengertidandimensipengetahuankonseptual
0 Komentar untuk "Konstruksi Soal Kimia Berdasarkan Tingkat Kognitif IV"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top