Translate

Tipe Belajar Menurut Kolb

Tipe belajar menurut Kolb berlandaskan teori belajar pengalaman ( expereiental  leraning theory, ELT ). Model ELT mengikstisarkan adanya dua pendekatan dalam memperoleh / meraih pengalaman atau memperoleh informasi, yaitu pengalaman konkret ( concrete experience ) dan konseptualisasi abstrak ( abstract conseptualization ). Menurut Kolb beljar akan menjadi efektif jika setiap pembelajar harus berusaha memadukan keempat pendekatan. Gaya belajar merupakan hasil kombinasi pendekatan yang disukai setiap orang meliputi

a.       Converger, yang dicirikan oleh konseptualisasi abstrak dan pengalaman aktif, disebut gaya belajar tipe 1. Tipe ini termpil dalam melaksanakan aplikasi prakstis dari gagasanya dan menggunakan logika deduktif untuk memecahkan masalah. Agar pembelajaran terhadap siswa tipe ini efektif, instruktur atau guru harus berindak sebagai motivator.

b.      Diverger , oleh konseptualisasi abstrak dan pengamatan reflektif, disebut gaya belajar tipe 2. Tipe ini merespon informasi yang diberikan dengan baik jika mereka diberi waktu untuk melakukan refleksi. Efektif guru harus berfungsi sebagai pakar (expert).

c.       Assimilator , yang dicirkan oleh konseptualisasi abstrak dan pengamatan reflektif, disebut gaya belajar tipe 3. Tipe ini cakap dalam membangun model teoritis dengan cara penalaran induktif. Agar pembelajaran efektif guru harus bertindak sebagai pelatih (coach).

d.      Accommodator, yang dicirikan oleh penggunaan pengalaman konkret dan eksperimentasi aktif, gaya belajar tipe 4. Mereka mahir secara aktif mengaitkan dunia nyata dengan pembelajarinya, dengan aktif melakukan sesuatu daripada sekedar membaca atau mempelajarinya dari buku. Agar aktif dalam pembelajaran, guru harus memberi keleluasaan, serta memaksimalkan kesempatan siswa untuk menemukan sesuatu bagi dirinya sendiri dan guru sebagai fasilitator.

0 Komentar untuk "Tipe Belajar Menurut Kolb"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top