Translate

4 Cara Belajar untuk Persiapan UN

Ujian Nasional (UN) tinggal sebentar lagi, apakah Teman sudah mempersiapkan untuk ujian nanti? Seperti bimbingan belajar maupun pendalaman materi. Tak sedikit para pelajar menganggap bahwa UN dianggap sebagai momok yang menakutkan. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem belajar yang baik agar mendapatkan nilai terbaik. Berikut cara belajar yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi Ujian Nasional.

  • Belajar sendiri

Rajin belajar adalah kunci sukses agar kita lulus ujian. Pelajari contoh materi ujian yang sudah diberikan guru sekolah. Karena tinggal beberapa minggu, kamu bisa menyicil belajar materi maksimal 2-3 jam/hari. Hindari sistem kebut semalam, cara ini tidak efektif sama sekali bagi kamu. Karena materi yang kita pelajari akan mudah lupa. Kamu bisa membuat catatan kecil agar mudah diingat dan dihafal.

  • Belajar kelompok

Bila kamu tidak mengerti materi pelajaran yang akan diujikan, kamu bisa bertanya kepada teman kamu dengan belajar kelompok. Misalnya kamu tidak mengerti pelajaran matematika, kamu bisa mencari tahu caranya kepada teman. Sehingga ini memudahkan kamu mendapatkan jawabannya.

  • Belajar kreatif

Untuk mengerjakan soal ujian dibutuhkan kreatifitas dalam menjawab. Tips utamanya dengan mengelompokkan materi yang ada. Misalnya, bila ujiannya matematika, kamu bisa membuat rumus-rumus yang kira-kira sering muncul dalam ujian. Kamu bisa melihat soal ujian tahun lalu. intinya, belajar kreatif sesuai kemampuan kamu.

  • Belajar optimis

Cobalah belajar mengambil keputusan saat ujian. Misalnya, bila ada Try Out atau semacamnya, lebih baik kerjakan terlebih dahulu daripada mencontek. Mencontek tak menjamin kamu mendapatkan hasil yang bagus. Bila sudah selesai dikerjakan, baru kamu bisa tanyakan kepada teman kamu yang bisa menjawa tersebut. Cara ini bisa membantu kamu untuk menjawab soal berikutnya. Jangan takut bila nilai Try Out kamu tidak bagus dibanding teman kamu. Yang penting kamu mengerjakan sendiri dan bisa tahu kesalahan kamu. Belajar optimis bertujuan agar kita tak ragu dalam ujian nanti. Selain itu, bila kita optimis, ekspetasi kamu terhadap ujian semakin besar makanya kamu harus lebih giat belajar. (***)

0 Komentar untuk "4 Cara Belajar untuk Persiapan UN"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top