Translate

Tautomeri Keto Enol

Reprotonasi terhadap ion enolat dapat terjadi pada karbon menghasilkan keton atau terjadi pada oksigen menghasilkan enol. Keton selalu benda dalam kesetimbangan dengan bentuk enolnya pada kondisi yang sesuai (hampir semua kondisi).

clip_image002[4] 

Perubahan bolak-balik keto-enol dapat dikatalisis oleh asam atau basa, dan proses terjadi secara bertahap ataupun bersamaan.

clip_image002Dengan katalis basa:

 

 

 

Dengan katalis asam:

 

clip_image004

 

 

 

 

 

Proses transfer proton secara bersamaan:

clip_image006

 

 

 

 

 

 

Posisi kesetimbangan tergantung pada struktur senyawa dan pada kondisi (solvent, temperatur, konsentrasi, dan lain-lain).

Perlu diketahui bahwa bentuk keto dan bentuk enol dari suatu senyawa adalah molekul-molekul yang berbeda (jangan dikacaukan dengan bentuk resonansi yang kadang keberadaannya tidak nyata). Bentuk keto dan enol disebut tautomer satu sama lainnya, dan perubahannya dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya disebut tautomeri. Tautomer-tautomer dengan mudah dan cepat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain pada kondisi biasa. Beberapa contoh senyawa aldehida dan keton yang ada dalam kesetimbangan bentuk keto enolnya adalah sebagai berikut:

 clip_image008

 

 

3 Komentar untuk "Tautomeri Keto Enol"

sebelumnya, terima kasih untuk artikelnya.
diharapkan artikelnya bisa dikirim ke email saya di bawah ini agar bisa digunakan sebagai referensi untuk membuat tugas
tiara_azzah95@yahoo.co.id
terimakasih sebelumnya

Terimakasih atas materinya, sangat bermanfaat

Teorinya bagus untuk menjadi refernsi.
ekalusya.wahyuni@gmail.com

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top