Translate

Reaksi Enol atau Enolat Aldehida dan Keton

Halogenasi

clip_image002Halogenasi aldehida terhadi menurut skema berikut:

 

 

 

  Reaksi dapat dipercepat dengan penambahan asam atau basa. Telah ditemukan bahwa kecepatan halogenasi suatu keton berbanding langsung dengan konsentrasi keton dengan konsentrasi asam yang ditambahkan, tetapi tidak tergantung pada konsentrasi atau jenis hologen yang digunakan (klor, brom atau iod). Oleh karena itu langkah lambat reaksi adalah langkah yang tidak melibatkan hologen, yaitu langkah pembentukan enol. Jadi mekanisme reaksinya adalah sebagai berikut:

   

 clip_image004

 

 Halogenasi terhadap keton asimetris seperti metil propil keton memperlihatkan bahwa orientasi halogenasi terhadi lebih dominan pada karbon –a yang lebih tersubstitusi. Hal ini tampaknya disebabkan oleh kestabilan yang tinggi untuk enol yang karbon ikatan rangkapnya lebih tersubstitusi.

      Didalam halogenasi terkatalis-basa terhadap keton, ditemukan juga bahwa kecepatan reaksi sama sekali tidak tergantung pada konsentrasi dan identitas halogen. (Kita gunakan istilah terpromosi karena basa dikonsumsi secara stoikimetri dalam reaksi keseluruhan). Didalam reaksi ini, langkah pertama dan langkah penentu kecepatan reaksi adalah langkah pelepasan proton dari karbon-a menghasilkan ion enolat. 

clip_image008

 

 

 

 

Orientasi substitusi selalu terjadi pada karbon-a yang kurang tersubstitusi.

 clip_image006

 

Jika halogen yang digunakan berlebihan maka dapat terjadi trihalometil keton, yang selanjutnya pecah menghasilkan asam dan tirhalometan.

clip_image010

 

Reaksi ini dikenal sebagai reaksi haloform.

Kondensasi aldol

Jika suatu aldehida sederhana diolah dengan larutan basa encer akan mengalami reaksi kondensasi aldol.

clip_image012

 

 

 

Adapun mekanisme reaksinya adalah sebagai berikut:

clip_image014Langkah I : pembentukan ion enolat

 

 

clip_image016Langkah 2 : adisi nukleofilik

 

 

 

clip_image018Langkah 3 : perpindahan proton

 

 

clip_image020      Dimungkinkan pula terjadi kondensasi campuran dari dua aldehida yang berbeda. Sebagai contoh adalah kondensasi asetaldehida dengan propionaldehida yang menghasilkan empat macam produk alkol.

 

 

 

 

 

 

 

clip_image022Aldol aromatis yang memungkinkan membentuk system konjugasi sulit untuk diisolasi karena mereka akan mengalami dehidrasi dalam kondisi pembuatannya menghasilkan senyawa karbonil a,b-tak jenuh:

 

 

clip_image024      Reaksi kondensasi aldol dapat pula dikatalis dengan asam menghasilkan senyawa karbonil a,b-tak jenuh.

 

 

 

 

 

2 Komentar untuk "Reaksi Enol atau Enolat Aldehida dan Keton"

tolong kirim artikel lwt Email, Terima kasih banyak

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top