Translate

Manfaat CaCO3 pada Kulit Udang untuk Mengabsorbsi Logam Berat dalam Perairan

Meningkatnya jumlah limbah udang masih merupakan masalah yang perlu dicarikan upaya pemanfaatannya. Hal ini bukan saja memberikan nilai tambah pada usaha pengolahan udang, akan tetapi juga dapat menanggulangi masalah pencemaran lingkungan yang ditimbulkan, terutama masalah bau yang dikeluarkan serta estetika lingkungan yang kurang bagus (Manjang, 1993). Sifat-sifat khitin,CaCO3, dan khitosan terhubung dengan gugus amino dan hidroksil yang terikat, maka menyebabkan khitin dan khitosan mempunyai reaktifitas kimia yang tinggi dan menyebabkan sifat polielektrolit kation sehingga dapat berperan sebagai penukar ion (ion exchanger) dan dapat berperan sebagai absorben terhadap logam berat dalam air limbah. Karena berperan sebagai penukar ion dan sebagai absorben maka khitin dan khitosan dari limbah udang berpotensi dalam memcahkan masalah pencemaran lingkungan perairan dengan penyerapan yang lebih murah dan bahannya mudah didapatkan. Komposisi bahan kimia meliputi kitin dan kalsium karbonat (CaCO3) yang diperoleh dari limbah kulit udang digunakan sebagai absorben untuk menyerap ion kadmium, tembaga, dan timbal dengan cara dinamis dengan mengatur kondisi penyerapan sehingga air yang dibuang ke lingkungan menjadi air yang bebas dari ion-ion logam berat.

 Mengingat besarnya manfaat dari senyawa khitin dan kalsium karbonat serta tersedianya bahan baku yang banyak dan mudah didapatkan maka perlu pengkajian dan pengembangan dari limbah ini sebagai bahan penyerap terhadap logam-logam berat di perairan. Kalsium merupakan juzuk penting dalam diet yang sehat. Kekurangan kalsium dapat menghambat pembentukan tulang dan gigi, sementara penyimpanan berlebihan mengakibatkan karang ginjal. Vitamin D diperlukan untuk menyerap kalsium. Keluaran tenusu, seperti susu dan keju, adalah sumber kalsium yang paling banyak. Pada orang-orang bukan keturunan Eropa, mereka tidak tahan terhadap laktosa (intolerans laktosa), sehingga mereka tidak boleh menggunakan keluaran tenusu. Bagi orang-orang ini, terdapat banyak lagi sumber kalsium yang baik. Misalnya rumpai laut seperti kelp, wakame dan hijiki; biji-bijian dan benih (contohnya badam dan bijan); kacang-kacangan; makanan laut seperti tiram dan udang halus, ikan bertulang lenbut; bayam, gandum lengkap, kai lan, okra, rutabaga, brokoli, dan keluaran yang diperkuatkan seperti jus oren dan roti.

Penggunaan-penggunaan lain dari kalsium adalah sebagai berikut.

            1. Sebagai agen penurun dalam penyarian logam-logam lain, contohnya uranium, zirkonium, dan torium.

            2. Menghilangkan oksida, menghilangkan sulfur dan menghilangkan karbon untuk bebagai jenis aloi ferus dan tak ferus.

            3. Sebagai agen pengaloian yang digunakan dalam pembuatan aloi aluminium, berilium, tembaga, plumbum dan magnesium dalam penghasilan simen dan mortar yang digunakan dalam bidang pembinaan.

1 Komentar untuk "Manfaat CaCO3 pada Kulit Udang untuk Mengabsorbsi Logam Berat dalam Perairan"

punya jurnalnya nggak,, saya mau jadikan sebagai acuan di proposal sya

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top