Translate

IDENTIFIKASI SENYAWA ORGANIK

Kompetensi :

  1. Mengidentifikasi senyawa alkena, alkil halida, alkohol, fenol,  aldehida dan keton.
  2. Memiliki kecakapan membedakan beberapa senyawa organik

 

B. Tugas sebelum praktikum

  1. Mempelajari reaksi-reaksi yang terlibat dalam identifikasi senyawa organik
  2. Mempelajari sifat-sifat bahan kimia dalam reaksi identifikasi

 

C. Teori

            Masalah yang sering dihadapi dalam laboratorium kimia organik diantaranya adalah identifikasi senyawa-senyawa organik pada suatu bahan. Senyawa organik tersebut biasanya merupakan suatu hasil sintesis, hasil samping suatu reaksi maupun hasil isolasi dari suatu bahan alam. Untuk itulah diperlukan adanya suatu metode untuk mengetahui struktur senyawa tersebut. Identifikasi dapat dilakukan dalam dua cara yaitu secara spektroskopi maupun secara reaksi kimia. Percobaan ini akan menggunakan cara yang kedua yaitu identifikasi struktur senyawa organik melalui reaksi kimia.

            Dalam uji karakteristik kimia digunakan pereaksi kimia tertentu yang dapat bereaksi secara selektif dengan gugus fungsional organik. Hasil reaksi ini diharapkan menghasilkan perubahan yang dapat dengan mudah diamati (seperti dihasilkannya endapan berwarna, keluar gas, timbulnya bau dll). Test dikatakan positif bila terjadi reaksi yang diharapkan pada gugus fungsional yang diuji.

            a. Uji karakteristik alkena

            Alkena bereaksi dengan bromine menghasilkan senyawa visinal dibromida sebagai hasil reaksi adisi. Adanya ikatan rangkap pada alkena dapat ditandai dengan menambahkan larutan Br2 yang diikuti hilangnya warna bromin dari merah coklat menjadi tidak berwarna.

            b. Uji karakteristik alkil halida

            Senyawa turunan alkil halida dapat dikarakterisasi dengan reaksi AgNO3 dalam alkohol. Uji reaksi ini melibatkan pembentukan endapan perak halida yang mempunyai warna putih (AgCl) dan kuning pucat (AgI dan AgBr). Alkil halida bereaksi dengan perak nitrat dalam etanol pada suhu kamar menghasilkan endapan perak halida.

            c. Uji karakteristik alkohol

            Reaksi oksidasi alkohol dengan asam kromat dapat dipakai untuk identifikasi jenis alkohol yang ada. Alkohol primer akan dioksidasi menghasilkan asam karboksilat sedangkan alkohol sekunder menghasilkan keton. Reaksi oksidasi dengan asam kromat terjadi sangat singkat dan memberikan perubahan warna yang jelas dari warna orange menjadi larutan biru kehijauan. Alkohol tersier dengan asam kromat tidak dapat bereaksi. Mengapa ?

            d. Uji karakteristik aldehida dan keton.

            Test ini merupakan test yang umum untuk semua senyawa aldehida dan keton. Reaksi aldehida atau keton dengan dinitrofenilhidrazon menghasilkan endapan berwarna kuning/merah. Reaksi ini menunjukkan reaksi yang positif untuk gugus karbonil senyawa aldehida atau keton.

            Untuk membedakan aldehida dan keton dari tes ini dapat dilakukan dengan test asam kromat. Aldehida mudah dioksidasi menghasilkan asam karboksilat sedangkan keton tidak dapat dioksidasi dengan pereaksi tersebut. Reaksi aldehida dengan asam kromat akan ditandai dengan terbentuknya endapan hijau kebiruan (15 detik) dari kromsulfat. Reaksi dengan keton membutuhkan waktu 2 menit untuk menghasilkan endapan tersebut.

            e. Ujikarakteristk fenol

            Reaksi antara fenol dan feri klorida memberikan senyawa kompleks yang berwarna merah, hijau, biru atau ungu. Warna yang diperoleh tergantung pada substituen yang terikat pada fenol.

 

D. Alat dan Bahan

Alat :  

a.       Rak tabung reaksi

b.      10 tabung reaksi

c.       gelas piala

d.      pipet

e.       penangas air

f.       pemanas.

Bahan :

a.       Sampel

b.        CCl4

c.       bromin 2%

d.      peraknitrat dalam etanol (jenuh)

e.       aseton

f.       asam kromat (5 gr CrO3 dlm 15 mL air)

g.      asam sulfat

h.      etanol 95%

i.        2,4-ditrofenilhidrazin

j.        akuades

k.      ferri klorida 5%.

 

E. Pengalaman belajar

1.       Alkena :Larutkan 0,1 gr/4 tetes sampel dalam 1-2 mL CCl4. tambahkan dua tetes larutan bromin 2% dan kocok campuran tersebut. Jika warna bromin menghilang, lanjutkan penambahan bromin hingga diperoleh warna bromin yang tetap.

2.       Alkilhalida : Campurkan 0,1 gr/4 tetes sampel dengan 1 mL larutan perak nitrat dalam etanol. Kocok campuran dan tunggu hingga dua menit, amati apakah terbentuk endapan. Jika tidak, panaskan hingga mendidih diatas penangas air selama 1 menit. Amati apakah ada endapan.

3.       Alkohol : Larutkan 1 tetes sampel dalam 1 mL aseton dan tambahkan 1 tetes asam kromat diikuti penambahan 5 mL asam sulfat pekat. Warna orange dari asam kromat akan menjadi hijau kebiruan atau terbentuk endapan jika sampel yang digunakan alkohol primer atau sekunder.

4.       Aldehida dan keton : Masukkan 2 mL etanol 95% ke dalam tabung reaksi dan tambahkan 2 tetes sampel. Selanjutnya tambahkan 1 mL larutan 2,4-dinitrofenilhidrazin dan digojok kuat-kuat. Jika tidak terbentuk endapan panaskan dalam penangas air selama 1 menit, selanjutnya tambahkan 5 tetes air. Jika terbentuk endapan kuning sampai merah orange menunjukkan test positif untuk aldehida dan keton. Test asam kromat. Masukkan 2 mL aseton ke dalam tabung reaksi dan tambahkan sampel 1 tetes. Selanjutnya tambahkan 1 tetes asam kromat dan digojok.

5.       Fenol : Larutkan 1 tetes sampel ke dalam 1 mL akuades (atau dalam etanol jika tidak larut dalam akuades). Tambahkan 1 tetes larutan ferriklorida 5%  dan digojok. Test fenol positif jika terbentuk warna pada hasil reaksi.

 

F. Tugas setelah praktikum

1. Berikan 3 contoh-contoh senyawa yang termasuk golongan alkena, aldehida, alkohol, keton dan fenol.

2. Tuliskan reaksi yang terlibat dalam identifikasi senyawa-senyawa tersebut

 

Pustaka

            Anwar C., 1996, Pengantar Praktikum Kimia Organik, DIKTI, Jakarta.

Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 2006, Kecakapan Hidup (Life Skill), Jakarta

 

2 Komentar untuk "IDENTIFIKASI SENYAWA ORGANIK"
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top