Translate

Gugus Karbonil

Ada beberapa kenyataan tentang gugus karbonil akan dikemukakan sebagai berikut:

1.      Atom karbonnya adalah hibridasi sp2 sehingga ketiga atom yang terikat padanya terletak pada satu bidang datar dengan besar sudut ikat adalah 120ยบ.

2.      Ikatan rangkap dua karbon-oksigen terdiri atas satu ikatan s dan satu ikatan p. Ikatan s adalah hasil tumpang tindih dari satu orbital sp2 atom karbon dengan satu orbital sp2 atom oksigen. Sedangkan ikatan pada hasil tumpang tindih satu orbital p atom karbon dengan satu orbital p atom oksigen. Dua orbital sp2 lainnya yang ada pada atom karbon masing-masing membentuk ikatan s dengan gugus/atom lain.

3.      Atom oksigennya masih memiliki dua pasang elektron bebas. (Atom oksigen dalam gugus karbonil kemungkinan adalah hibrida sp2, meskipun hal ini masih dipertentangkan).

4.      Panjang ikatan C=0 adalah 1,24 A, lebih pendek dari pada ikatan C-0 pada alcohol dan eter (1,43 A).

         Oleh karena oksigen lebih elektronegatif dari pada atom karbon maka struktur hibrida resonansi karbonil dapat ditulis sebagai berikut:

clip_image002[4]

 

 

 

 

Dari struktur hibrida resonansi ini maka dapat dipahami bahwa ikatan C = 0 adalah polar.

0 Komentar untuk "Gugus Karbonil"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top