Translate

Denaturasi Protein

Perubahan konformasi alamiah menjadi suatu konformasi yang tidak menentu merupakan suatu proses yang disebut denaturasi. Perubahan bentuk sampel tersebut diakibatkan karena terjadinya denaturasi. Proses denaturasi bisa disebabkan karena pengaruh bahan-bahan kimia, tekanan tinggi, penyinaran sinar X dan ultraviolet serta pemanasan. Dalam percobaan ini denaturasi protein disebabkan karena penambahan bahan kimia yaitu asam asetat 1 N dan pemanasan.

Protein dengan penambahan asam atau pemanasan akan terjadi koagulasi pada pH iso-elektrik kelarutan protein sangat menurun atau mengendap. Protein yang terdenaturasi pada titik isolistriknya masih dapat larut pada pH di luar titik isolistrik tersebut.

Perubahan struktur yang diakibatkan proses denaturasi adalah perubahan konfigurasi protein dari bentuk α-heliks menjadi memanjang. Hal ini disebabkan rusaknya ikatan hidrogen dan ikatan non polar yang terjadi pada struktur berlipat dari protein. Adapun gambarnya dapat dilihat sebagai berikut :

clip_image002

 

Kelarutan endapan tersebut diuji dengan cara menambahkan sedikit air. Namun endapan sulit dilarutkan kembali. Hal ini dapat terjadi karena pada umumnya sifat denaturasi protein bersifat irreversibel yaitu pengendapan tidak dapat diperoleh kembali protein asam dengan cara melarutkannya dalam air.

Ketika diuji dengan reagen Millon, endapan dari putih telur itik tambak, susu sapi murni dan susu kedelai menunjukkan hasil yang positif dengan memberikan warna merah. Artinya dalam endapan terdapat protein yang mengandung asam amino tirosin atau triptofan. Sedangkan endapan dari putih telur ayam kampung, putih telur ayam ras dan putih telur penyu memberikan hasil uji yang negatif yang berarti di dalam tidak mengandung protein akibat telah rusak oleh pemanasan. Denaturasi akibat pemanasan mengakibatkan perubahan struktur protein. Dengan berubahnya struktur protein maka aktivitas protein akan hilang.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa baik penambahan senyawa kimia ataupun pemanasan dapat menyebabkan perubahan dari struktur protein atau terjadi denaturasi protein. Denaturasi akibat penambahan senyawa kimia dapat disebabkan karena terjadinya reaksi antara gugus-gugus yang ada dengan senyawa yang ditambahkan.

0 Komentar untuk "Denaturasi Protein"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top