Translate

Apa itu Kitosan?

Kitosan merupakan turunan kitin dengan rumus molekul D-glukosamin. Kitosan sebagian besar diperoleh dari bahan baku cangkang crustacea, melalui proses deproteinasi menggunakan NaOH; demineralisasi menggunakan HCl; dan deasetilasi dengan NaOH 50% (Kumar 2000). Kitosan saat ini sudah dikomersialkan karena memiliki banyak manfaat dan sifatnya yang non toksik (LD 50 = 16 g/kg BB) (Suptijah 2006).

Komersialisasi dari kitosan, tidak terlepas dari karakteristik fisik, biologi, dan kimiawi yang baik diantaranya dapat didegradasi, diperbaruhi, dan tidak toksik. Kitosan yang sering dikomersialkan adalah kitosan larut asam karena proses pembuatannya lebih mudah dan sederhana. Kitosan larut asam diaplikasikan sebagai antibakteri, pengkelat, absorben, penstabil, pembentuk film, penjernih, flokulan, koagulan, dan antifungi (Kumar 2000).

clip_image001

Gambar 1 Struktur kimia selulosa, kitin, dan kitosan

 

Kitosan komersil merupakan kitosan yang sudah diproduksi secara massal dan sudah umum diaplikasikan. Kitosan komersil memiliki standar mutu. Nilai standar mutu kitosan adalah nilai kadar air < 10%, kadar abu maksimal 2% (dengan suplemen kalsium), kadar nitrogen 5%, dan derajat deasetilasi < 70% (Suptijah et al. 1992).
0 Komentar untuk "Apa itu Kitosan?"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top