Translate

Tujuan dan Manfaat Penelitian Tindakan Kelas

Menurut Rochman Natawidjaya (1997) tujuanpenelitian tindakan kelas adalah sebagai berikut:

1.      Untuk menanggulangi masalah atau kesulitan dalam bidang pendidikandan pengajaran yang dihadapi guru dan tenaga pendidikan, terutamayang berkenaan dengan masalah pembelajaran dan pengembanganmateri pengajaran.

2.      Untuk memberikan pedoman bagi guru atau administrator pendidikandi sekolah guna memperbaiki dan meningkatkan mutu kinerja ataumengubah sistem kerjanya agar menjadi lebih baik dan produktif

3.      Untuk melaksanakan program latihan, terutama pelatihan dalam jabatanguru, yaitu sebagai salah satu strategi pelatihan yang bersifat inkuiriagar peserta lebih banyak menghayati dan langsung menerapkan hasilpelatihan tersebut

4.      Untuk memasukkan unsur-unsur pembaharuan dalam sistempembelajaran yang sedang berjalan dan sulit untuk ditembus olehpembaharuan pada umumnya.

5.      Untuk membangun dan meningkatkan mutu komunikasi dan interaksiantara praktisi (guru) dengan para peneliti akademis

6.      Untuk perbaikan suasan keseluruhan sistem atau masyarakat sekolah,yang melibatkan administrasi pendidikan, guru, siswa, orang tua, danpihak lain yang bersangkutan dengan pihak sekolah.Apabila tujuan-tujuan di atas dapat dicapai, maka guru akanmemperoleh sekurang-kurangnya empat manfaat penting dalampelaksanaan PTK.

Manfaat PTK meliputi hal-hal berikut:

1.      Guru dapat melakukan inovasi pembelajaran.

2.      Guru dapat meningkatkan kemampuan reflektifnya dan mampumemecahkan permasalahan pembelajaran yang muncul

3.      Melalui ptk guru akan terlatih untuk mengembangkan secara kreatifkurikulum di kelas atau sekolah.

4.      Kemampuan reflektif guru serta keterlibatan guru yang dalam terhadapupaya inovasi dan pengembangan kurikulum pada akhirnya akanbermuara pada tercapainya peningkatan kemampuan profesionalisme guru.

0 Komentar untuk "Tujuan dan Manfaat Penelitian Tindakan Kelas"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top