TAHAPAN PTK
No | Tahapan | Hal yang dilakukan |
1 | Mengembangkan Fokus Masalah Penelitian | Merasakan adanya masalah · Tidak puas terhadap pembelajaran yang telah dilakukan · Berpikir balik untuk melihat sisi lemah pembelajaran · Ada usaha/kemauan untuk mengatasi/memecahkan masalah. Identifikasi Masalah · Tanya pada diri sendiri tentang PBM · Masalah yang dirasakan atau pernah dialami Analisis Masalah · Pilih masalah yang dirasakan paling mendesak · Pilih masalah yang mampu diselesaikan oleh guru · Pilih masalah yang skalanya kecil dan terbatas · Kaitkan ptk dengan pengembangan sekolah |
2 | Merencanakan Tindakan | Memformulasikan solusi dalam bentuk “ hipotesis tindakan “ · Kaji teori pendidikan dan pembelajaran · Kaji masalah-masalah yang relevan · kaji hasil diskusi dengan kolega · kaji pengalaman pembelajaran sendiri · pilih alternatif tindakan yang menjanjikan hasil optimal lakukan kaji ulang Menganalisis hipotesis tindakan dengan memperhatikan · Kemampuan guru · Kemampuan siswa · Ketersediaan sarana pendukung di sekolah · Iklim belajar di kelas · Iklim kerja di sekolah Melakukan persiapan Tindakan · Membuat skenario pembelajaran · Mempersiapkan fasilitas dan sarana pendukung · Mempersiapkan cara merekam dan menganalisis data · Melakukan simulasi |
3 | Melaksanakan Tindakan | · Melaksanakan tindakan sesuai dengan persiapan yang telah dilakukan. · Selama pelaksanaan tindakan dilakukan observasi oleh tim |
4 | Analisis dan Refleksi | · Analisis Data Menyeleksi, menyederhanakan, memfokuskan, mengabstraksikan, mengorganisasikan data secara sistematis dan rasional · Refleksi Mengkaji keberhasilan atau kegagalan pencapaian berbagai tujuan dan untuk menentukan perlu tidaknya tindak lanjut dalam rangka mencapai tujuan akhir. Refleksi terdiri atas 4 komponen: 1. Analisis 2. Pemaknaan 3. Penjelasan 4. Kesimpulan tentang keberhasilan atau kegagalan tindakan untuk menentukan rencana tindakan berikutnya |
5 | Merencanakan tindak Lanjut | · Dilaksanakan apabila hasil tindakan dinilai belum berhasil · Jumlah siklus bergantung pada terselesaikannya masalah · Ada kemungkinan jumlah siklus ditentukan sebelumnya. |
0 Komentar untuk "Tahapan Penelitian Tindakan Kelas"
Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)
Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)