Translate

Perspektif Pedagogik mengenai Evaluasi Pendidikan

Telah disinggung bahwa pengertian evaluasi dan pendidikan di bagian tinjauan pustaka. Dan jika kita tarik benang merahnya, bahwa evaluasi pendidikan merupakan suatu proses secara sistematis yang berguna untuk menentukan atau membuat keputusan yang dapat dijadikan indikator untuk mengetahui sejauh mana tujuan-tujuan pendidikan yang telah dlaksanakan, apakah tercapai atau tidak oleh sisiwa. Kesimpulan lain mengenai pengertian evaluasi pendidikan adalah pendidikan merupakan prediksi terhadap pertumbuhan dan kemajuan siswa ke arah tujuan-tujuan atau nilai-nilai yang telah di tetapkan di dalam kurikulum sebelumnya.

Ada pun fungsi evaluasi pendidikan di bagi ke dalam 4 kelompok fungsi :

  1. Untuk mengetahui perkembangan dan kemajuan serta keberhasilan bagi para siswa setelah mengalami atau menjalani kegiatan belajar selama jangka waktu tertentu.
  2. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan program pengajaran yang telah di jalankan.
  3. Untuk keperluan BK atau Bimbingan dan Konseling pada para siswa.
  4. Untuk keperluan dalam perbaikan dan pengembangan kurikulum sekolah yang 
    bersangkutan tersebut.

            Dari keempat fungsi di atas perlu adanya sentuhan dari substansi pedagogik terhadap evaluasi pendidikan. Karena ada dua alasan kenapa pedagogik perlu diaplikasikan dalam dunia pendidikan.

            Pertama, bahwa pedagogik sebagai suatu system pengetahuan tentang pendidikan anak karena pedagogik akan menjadi dasar atau landasan bagi praktek pendidikan anak. Selain itu bahwa pedagogik akan menjadi standar (kriteria) keberhasilan praktek pendidikan anak.

            Kedua, manusia memiliki motif utuk mempertanggungjawabkan pendidikan bagi anak-anaknya, karena itu agar dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan logis, maka praktik pendidikan terhadap anak memerlukan keberadaan pedagogik sebagai landasannya.

            Selain itu, terdapat kegunaan pedagogik bagi pendidik dalam melakukan evaluasi pendidikan sekurang-kurangnya ada empat, yaitu:

(1)   Pedagogik berguna bagi pendidik dalam rangka memahami fenomena pendidikan (situasi pendidikan) secara sistematis.

(2)   Pedagogik berguna dalam rangka memberikan petunjuk tentang apa yang seharusnya dilakukan oleh pendidik.

(3)   Pedagogik berguna bagi pendidik dalam rangka menghindari terjadinya kesalahan-kesalahan dalam praktek mendidik anak.

(4)   Pedagogik berguna untuk mengenal diri sendiri dan melakukan koreksi diri demi menyempurnakan” diri sendiri.

Dengan memahami kegunaan pedagogik bagi pendidik,maka dalam melakukan evaluasi pendidikan pun seorang pendidik akan mengetahui batasan-batasannya, seorang pendidik akan memahami objek studinya yakni kondisi dan situasi siswa yang dididiknya, seorang pendidik akan mampu mengantisipasi kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi dalam proses pendidikan dan evaluasi pendidikan, dan pendidik pun akan menjadi pribadi yang mengenali dirinya sendiri, sehingga tidak mudah menyalahkan atau men-judge orang lain terutama siswa yang dididiknya. Dan hal itu terkait pula dengan evaluasi pendidikan yang pendidik lakukan terhadap siswa didikannya.

Setelah sorang pendidik mengetahui dan memahami urgensi penerapan dan kegunaan pedagogik, maka sorang pendidik dalam melakukan evaluasi pendidikan perlu juga memahami fungsi pedagogik agar dalam praktik evaluasi pendidikan akan sejalan dengan tujuan pendidikan nasional. Berikut fungsi pedagogik, yakni:

(1)   Menyatupadukan temuan hasil studi mengenai objek tertentu.

(2)   Menjelaskan dan memberikan petunjuk (deskriptif)

(3)   Meprediksi

(4)   Mengontrol

(5)   Mengembangkan

Jadi jelas bahwa seorang pendidik dalam mempraktikan evaluasi pendidikan terhadap siswa harus mengkaitkan fungsi pedagogik agar pendidik mampu menyatupadukan pengetahuan kepada siswa sebelum dilakukannya evaluasi pendidikan, sehigga ketercapaian siswa dalam evaluasi pendidikan peroleh hasil yang ideal.

Selain itu dengan memahami dan menerapkan fungsi pedagogik dalam evaluasi pendidikan, maka pendidik akan mampu mengontrol atau mengendalikan agar sesuatu yang baik atau sesuatu yang diharapkan terhadap siswa dapat tercapai. Begitu juga pendidik aka mampu mengembangkan hasil temuannya setelah melakukan evaluasi pendidikan terhadap siswa.

Evaluasi pendidikan dalam sudut pandang pedagogik berarti seorang pendidik bukan hanya melaksanakan tugasnya dalam memperoleh informasi atas ketercapaian siswa didiknya semata. Lebih jauh dari itu, ilmu pedagogik memandang bahwa pendidik akan menyatupadukan pengetahuan secara jelas dan lugas kepada siswa sebelum melangkah kepada tahap evaluasi sebagai bahan untuk menuju evaluasi pendidikan, pendidik pun mampu berpandangan luas terhadap hasil atau informasi yang diperoleh, pendidik akan mampu melakukan pengendalian agar sesuatu yang diharapkan tercapai, hingga ke arah bagaimana mengembangkan informasi atau hasil yang diperoleh pendidik setelah melakukan evaluasi pendidikan. Karena sekali lagi, tujuan pendidikan yang diamanatkan dalam Undang Undang Dasar 1945, yaitu untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Bukan sekedar mengevaluasi siswa guna peroleh informasi atas ketercapaian siswa semata.

Jadi sangatlah ideal jika pendidik mampu menerapkan konteks pedagogik terhadap evaluasi pendidikan. Karena dengan hal itu,pendidik akan melakukan evaluasi pendidikan secara utuh, optimal, efektif dan berkualitas serta proporsional agar tujuan pendidikan pun terwujud.

2 Komentar untuk "Perspektif Pedagogik mengenai Evaluasi Pendidikan"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top