Translate

Perkembangan Teori Atom

1.  Model atom

a.  John Dalton

  Atom adalah partikel terkecil dalam zat yang masih memiliki sifat zat tersebut dan tidak dapat dibagi lagi.

  Atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil, suatu unsur memiliki atom-atom yang identik dan berbeda untuk unsur yang berbeda.

  Atom-atom bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhana. Misalnya air terdiri atom-atom hidrogen dan atom-atom oksigen

  Reaksi kimia merupakan pemisahan dan penggabungan atau penyusunan kembali dari atom-atom, sehingga atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan

  Kelebihan : mulai membangkitkan minat terhadap penelitian mengenai model atom

  Kelemahan : teori atom Dalton tidak dapat menjelaskan suatu larutan dapat menghantarkan arus listrik. Bagaimana mungkin bola pejal dapat menghantarkan arus listrik ? padahal listrik adalah elektron yang bergerak. Berarti ada partikel lain yang dapat menghantarkan arus listrik.

b.  Teori atom J.J Thomson

  Atom merupakan benda pejal yang bermuatan positif dan didalamnya tersebar muatan negatif elektron.

  Kelebihan : membuktikan adanya partikel lain yang bermuatan negatif dalam atom. Berarti atom bukan merupakan bagian terkecil dari suatu unsur.

  Kelemahan : model atom Thomson ini tidak dapat menjelaskan susunan muatan positif dan negatif dalam bola atom tersebut.

c.  Teori atom Rutherford

  Rutherford menyatakan bahwa atom terdiri dari inti atom yang sangat kecil dan bermuatan positif, dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif.

  Kelebihan : membuat hipotesa bahwa atom tersusun dari inti atom dan elektron yang mengelilingi inti

  Kelemahan : tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke dalam inti atom. Karena Rutherford telah mengenalkan lintasan/kedudukan elektron yang nanti disebut dengan kulit

d. Teori atom Niels Bohr

Pada dasarnya model atom Bohr masih memelihara model Rutherford, yaitu suatu inti bermuatan positif dan dikelilingi elektron bermuatan negatif.

Menurut model atom Bohr, elektron-elektron mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu yang disebut kulit elektron atau tingkat energi. Tingkat energi paling rendah adalah kulit elektron yang terletak paling dalam, semakin keluar semakin besar nomor kulitnya dan semakin tinggi tingkat energinya.

e.  Teori atom mekanika kuantum

“ tidak mungkin dapat ditentukan kedudukan dan momentum suatu benda secara seksama pada saat bersamaan, yang dapat ditentukan adalah kebolehjadian menemukan elektron pada jarak tertentu dari inti atom.

 

2. Susunan Atom: proton (ditemukan oleh Goldstein/ Rutherford), neutron (ditemukan oleh J.Chadwick), dan elektron (ditemukan oleh J.J Thomson).

0 Komentar untuk "Perkembangan Teori Atom"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top