Translate

Peranan Praktikum Kimia dalam Pembelajaran Kimia

Dalam pembelajaran kimia, kegiatan praktikum memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini karena praktikum memiliki peranan dapat :

1. memotivasi peserta didik dalam belajar

Kegiatan praktikum dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan sejumlah keterampilan proses kimia yang penting dan sikap ilmiah. Hal itu dimungkinkan terjadi, karena kegiatan praktikum sangat menarik, mengasyikkan dan mendorong peserta didik untuk berinisiatif, berimajinasi dan bekerjasama (dalam kerja kelompok).

Selain itu sejumlah hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak sangat menikmati kegiatan praktikum di sekolah. Mengingat peserta didik tertarik dan menikmati kegiatan praktikum, maka tidaklah berlebihan jika kita berharap peserta didik akan termotivasi untuk belajar lebih giat dan lebih berkualitas.

 

2. memberikan kesempatan untuk mengembangkan sejumlah keterampilan

Para ahli berpendapat bahwa dengan mengerjakan kegiatan praktikum, peserta didik memperoleh keterampilan-keterampilan proses IPA (termasuk kimia), misalnya keterampilan :

a.       melakukan pengamatan (observing)

b.      melakukan pengukuran (measuring)

c.       menginterpretasi (interpreting)

d.      melakukan manipulasi (manipulating)

e.       mengajukan hipotesis (hypothesizing)

f.       menarik kesimpulan (concluding)

g.      mengkomunikasikan hasil (communicating)

 

Pada pembelajaran kimia, guru harus selektif dalam menentukan jenis kegiatan praktikum di sekolah, sehingga keterampilan proses yang diharapkan berkembang pada diri peserta didik dapat terwujud.

 

3. meningkatkan kualitas belajar peserta didik

Tidak diragukan lagi bahwa melalui pengalaman langsung (first-hand experiences), peserta didik dapat belajar lebih mudah dibandingkan dengan belajar melalui sumber sekunder, misalnya buku. Hal tersebut sangat sesuai dengan pendapat Bruner yang menyatakan bahwa anak belajar dengan pola inactive melalui perbuatan (learning by doing) akan dapat mentrasnfer ilmu pengetahuan yang dimilikinya pada berbagai situasi (Tresna Sastrawijaya, 1998 : 17).

Melalui praktikum, peserta didik dapat memiliki banyak pengalaman, baik berupa pengamatan langsung atau bahkan melakukan percobaan sendiri dengan objek tertentu. Dengan pengalaman langsung itu proses belajar dapat berlangsung lebih mudah dan hasil belajarnya tidak mudah dilupakan sebagaimana pepatah kuno dari Cina yang mengatakan:

“saya mendengar ...... dan saya lupa”

                        “ saya melihat ...... dan saya ingat”

                                                “saya mengerjakan ...... dan saya mengerti”

Jadi, dengan mengerjakan learning by doing peserta didik menjadi aktif dalam belajarnya. Dengan keaktifan tersebut dapat diharapkan hasil belajarnya semakin baik.

0 Komentar untuk "Peranan Praktikum Kimia dalam Pembelajaran Kimia"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top