Translate

Jenis-jenis Entalpi Reaksi

·         Entalpi pembentukan (DHf) adalah kalor yang dilepaskan atau yang diserap oleh sistem pada reaksi pembentukan 1 mol senyawa dari unsur-unsurnya.  Perubahan entalpi pembentukan dilambangkan dengan DHf. f  berasal dari formation yang berarti pembentukan.

Contoh :  a.  C   +   O2   ¾®   CO2     DHf = -395,2 kj/mol

                b.  C   +   2S  ¾®    CS2     DHf = +117.1 kj/mol

·         Entalpi penguraian (DHd) adalah kalor yang dilepaskan atau yang diserap oleh sistem pada reaksi penguraian 1 mol senyawa menjadi unsur-unsurnya.  Perubahan entalpi pembentukan dilambangkan dengan DHd. d berasal dari decompotition yang berarti penguraian.

Contoh :       a.  CO2   ¾®     C   +      O2           DHd    = 395,2 kj/mol

                   b.  AlBr3   ¾®   Al    +   1½Br2   DHd   = +511 kj/mol

·         Entalpi pembakaran(DHc) adalah kalor yang dilepaskan oleh sistem pada reaksi pembakaran 1 mol unsur/senyawa.  Perubahan entalpi pembakaran dilambangkan dengan DHc. c berasal dari combution yang berarti pembakaran

Contoh :  a.  C   +   O2   ¾®  CO2                           DHc = -395,2 kj/mol

                  b.  C2H2   +   O2 ¾®  2CO2   +   H2O          DHc = -1298 kj/mol

·         Entalpi penetralan(DHn) adalah kalor yang dilepaskan oleh sistem pada reaksi penetralan 1 mol senyawa basa oleh asam (OH-   +   H+  ®  H2O).  Perubahan entalpi penetralan dilambangkan dengan DHn. n berasal dari netrallization yang berarti penetralan.

Contoh :   NaOH   +   HCl  ¾®  NaOH    +   H2O         DHn = - 57,7 kj/mol

Hukum Hess

·      Perubahan entalpi suatu reaksi merupakan sesuatu yang mungkin untuk dihitung  dari perubahan entalpi reaksi lain yang nilainya sudah diketahui.  Hal ini dilakukan supaya tidak usah dilakukan eksperimen setiap saat.

·     Entalpi adalah suatu fungsi keadaan.  Perubahan entalpi hanya tergantung pada keadaan awal dan akhir saja dari pereaksi dan hasil reaksi tanpa memperhatikan jalannya perubahan zat pereaksi menjadi hasil reaksi.

·     Walaupun orang dapat membuat reaksi  melalui berbagai langkah mekanisme reaksi yang berbeda,secara keseluruhan entalpi reaksi tetap sama.

Contoh :  reaksi pembakaran yang terjadi pada  metana membentuk gas CO2 dan   cairan H2O dapat terjadi melalui dua tahap:

- tahap pertama metana terbakar menghasilkan uap air

clip_image002

- tahap kedua uap air mengembun dari fasa gas menjadi fasa cair :

clip_image004

 Untuk mengetahui DH reaksi : clip_image006

Dapat diperoleh dengan mengabungkan kedua persamaan diatas :

     clip_image008

clip_image010

      clip_image012

clip_image014

Tahap tahap reaksi :

clip_image015

Tampak pada diagram disamping, jarak relatif  pada garis merefleksikan perbedaan energi relatif (DH) antara zat pereaksi dan hasil. Contoh, jarak yang menunjukkan entalpi berhubungan dengan kondensasi air (DH = -88 kJ) hanya sekitar 10% selama jarak antara zat pereaksi dan hasil reaksi untuk pembakaran metana menjadi CO2 dan air dalam fasa cair.

·         Hukum Hess, menyatakan jika reaksi dilakukan melalui beberapa tahap, DH untuk reaksi tersebut akan sama dengan jumlah dari perubahan entalpi untuk masing masing tahap reaksi.

·         Kita dapat menggunakan informasi dari sejumlah reaski reaksi lain untuk menentukan DH yang belum diketahui.  Penentuan DH untuk reaski ;    clip_image017

secara eksperimen kita dapat memperoleh :

clip_image019

clip_image021

Kita dapat membalikkan reaksi ke 2 dan menjumlahkannya dengan yang pertama :

clip_image023

clip_image025

     clip_image027

0 Komentar untuk "Jenis-jenis Entalpi Reaksi"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top