Translate

Soal Kimia Berdasar Tingkat Kognitif (bag.2)



1. Indikator    : Memperkirakan sifat-sifat unsur berdasarkan konfigurasi elektron
     Butir Soal  :  Suatu unsur memiliki konfigurasi elektron 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 3d10 4s2 4p3.                                        Unsur tersebut dalam tabel periodik terdapat pada...
                            a. Golongan Va, periode 3
                            b. Golongan Va, periode 4
                            c. Golongan VIIa, periode 7          
                            d. Golongan Va, periode 3
                            e. Golongan VIa, periode 5           
Analisis      :   Soal ini termasuk ke dalam C2, K2 (melakukan pemahaman terhadap                                     konsep kimia) karena dalam hal ini peserta didik diuji kemampuannya                                             mencari hubungan antara bilangan kuantum dengan letak suatu unsur di dalam tabel periodik unsur. Setelah mengetahuinya siswa dapat mengetahui sifat unsur tersebut


2. Indikator    : Memprediksi sifat-sifat kimia dan fisika suatu molekul berdasarkan strukturnya
     Butir Soal  : Di bawah ini yang merupakan ciri-ciri sifat fisik dari senyawa yang berikatan ionik sebagai berikut:
                          1. Larut dalam air
                          2. Bersifat konduktor
                          3. Titik didih tinggi
                          4. Titik leleh rendah
                          Pernyataan yang benar adalah...
                          a. 1,2,3 benar
                          b. 1,3 benar
                          c. 2,4 benar
                          d. 4 benar
                          e. 1,2,3,4 benar
     Analisis      : Soal ini termasuk dalam C2,K1 (mengerti pengetahuan faktual kimia) karena dalam soal ini peserta didik diminta untuk mengerti sifat fisik materi yang memiliki ikatan jenis tertentu

3. Indikator    : Menentukan massa atom atau  massa molekul relatif berdasarkan reaksi kimia.
     Butir Soal  : Belerang dapat diperoleh dari gas alam dengan mengoksidasi gas H2S sesuai dengan reaksi berikut yang belum setara
                                    H2S  + O2  Ã  S + H2O
                          Banyaknya belerang yang dapat diperoleh dengan mengoksidasi 224 L H2S pada STP adalah... (Ar S = 32)
                          a. 10 gram
                          b. 32 gram
                          c. 160 gram
                          d. 224 gram
                          e. 320 gram
     Analisis      : Soal ini termasuk dalam C3, K2 karena dalam hal ini peserta didik diminta untuk mengaplikasikan konsep mol dalam reaksi untuk menghitung massa  suatu senyawa.



4. Indikator    : Menerapkan konsep mol dalam reaksi kimia untuk menganalisis kuantitas reaktan dan/atau produk
     Butir Soal  : Serbuk besi sejumlah 28 gram (Ar Fe = 56) direaksikan dengan 20 gram belerang (Ar S = 32). Zat yang tersiksa sesudah reaksi adalah...
                          a. 2 gram belerang
                          b. 4 gram belerang
                          c. 7 gram besi
                          d. 8 gram besi
                          e. 14 gram besi
     Analisis      : Soal ini termasuk dalam C4,K2 karena dalam soal ini siswa diminta untuk menganalisis massa reaktan yang tersisa dengan mencari zat pembatas dan menggunakan konsep mol.

5. Indikator    : Melakukan perhitungan kimia berdasarkan persamaan termokimia
     Butir Soal  : Diketahui data sebagai berikut:
                          ½ H2 + ½ Cl2           HCl   ΔH= -92 kJ/mol
                          ½ H2           H                     ΔH= +217 kJ/mol          
                          ½ Cl2           Cl                   ΔH= +121 kJ/mol
                          Maka energi ikatan H     Cl sebesar...          
                          a. -77 kJ/mol
                          b. -154 kJ/mol
                          c. +77 kJ/mol
                          d. +154 kJ/mol
                          e. +430 kJ/mol
     Analisis      : Soal ini termasuk C4,K3 karena dalam soal ini siswa diminta untuk menganalisis soal dan data yang telah diketahui dan bisa menentukan rumus yang digunakan yaitu menentukan entalpi total sehingga data energi ikatan rata-rata yang ditanyakan dapat diketahui.


6. Indikator    : Menentukan laju reaksi kimia dan faktor-faktor yang berpengaruh berdasarkan data hasil percobaan
     Butir Soal  : Berikut adalah data hasil percobaan laju reaksi dari reaksi:
                          2NO(g) + 2H2(g)N2(g) + 2H2O(g)
                         
[NO]
(mol L-1)
[H2]
(mol L-1)
Laju Reaksi
(mol L-1 detik-1)
0,30
0,05
1,6
0,30
0,15
4,8
0,10
0,25
0,5
0,20
0,25
2,0
                          Reaksi tersebut mempunyai tetapan laju reaksi sebesar...
                          a. 0,2
                          b. 2,0
                          c. 20
                          d. 100
                          e. 200
     Analisis      : Soal ini termasuk dalam C3,K3 (menganalisis prosedural kimia) sebab dalam soal ini peserta didik diminta untuk menganalisis orde reaksi tiap senyawa terlebih dahulu untuk menemukan harga tetapan laju reaksinya.

7. Indikator    : Menentukan konsentrasi zat-zat atau tetapan kesetimbangan dalam reaksi kimia yang setimbang
     Butir Soal  : Pada suhu tertentu dalam ruang 1 liter terdapat kesetimbangan:
                          2SO3(g)         2SO2(g) + O2(g)
                          Semula terdapat 0,5 mol gas SO3 dan setelah tercapai kesetimbangan, jumlah mol SO3 terhadap O2 adalah 4:3. Harga tetapan kesetimbangannya adalah...
                          a. 0,125
                          b. 0,187
                          c. 0,375
                          d. 0,563
                          e. 1,687
     Analisis      : Soal ini termasuk dalam C4,K3 (menganalisis pengetahuan prosedural kimia) karena dalam soal ini peserta didik diminta untuk menganalisis cara memperoleh  konsentrasi pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang dengan melalui perbandingan jumlah mol konsentrasi reaktan dan hasil reaksi untuk menentukan harga Kc tersebut.

8. Indikator    : Menentukan arah  reaksi berdasarkan komposisi zat-zat sebelum setimbang dengan informasi K
     Butir Soal  : Agar pada reaksi kesetimbangan:
                          N2(g) + O2(g)         2NO(g)   ΔH = +180 kJ
                          Jumlah gas NO yang dihasilkan maksimal, maka tindakan yang diperlukan adalah...
                          a. menaikkan tekanan
                          b. menurunkan tekanan
                          c. mengecilkan volum
                          d. menaikkan suhu
                          e. memperbesar volum
     Analisis      : Soal ini termasuk dalam C2,K2 (mengerti konseptual kimia) sebab dalam soal ini peserta didik diminta untuk mengerti konsep pergeseran arah kesetimbangan dan memahami faktor-faktornya.

9. Indikator    : Menentukan efek zat terlarut terhadap sifat koligatif larutan
     Butir Soal  : Fraksi mol etanol dalam air adalah 0,2. Jikatekanan uap jenuh etanol pada suhu 30oC sebesar 24 mmHg maka tekanan larutan tersebut sebesar...
                          a. 1,2 mmHg
                          b. 2,4 mmHg
                          c. 4,8 mmHg
                          d. 7,2 mmHg
                          e. 14,4 mmHg 
     Analisis      : Soal ini termasuk C1,K3 (mengingat pengetahuan prosedural) karena dalam mengerjakan soal ini siswa diminta untuk mengetahui prosedural penghitungan penurunan tekanan uap

10. Indikator    : Menghitung pH suatu larutan campuran asam basa yang mengalami               hidrolisis
       Butir Soal: Barium asetat, CH3COOBa sebanyak 2,55 gram dilarutkan dalam air sehingga volumenya menjadi 500cm3. Bila Ka= 10-5 ;Ar Ba= 137;C= 12;O=16, maka pH larutan adalah...
                            a. 9+log 2
                            b. 8,5+log2
                            c. 7+log 2
                            d. 5,5+log 2
                            e. 5
       Analisis      : Soal ini termasuk dalam C4,K4 (menganalisis pengetahuan kimia metakognitif) karena dalam soal tersebut peserta didik diminta untuk dapat memisahkan dan menganalisis unsur-unsur tertentu
11. Indikator    : Menentukan spesi-spesi kimia dalam reaksi asam basa berdasarkan berbagai konsep asam-basa
       Butir Soal  : Asam Lewis bertindak sebagai donor elektron dan basa Lewis bertindak sebagai akseptor elektron
                                                                        SEBAB
                            NH3 + H2O         NH4+ + OH-
                            NH3 bersifat basa dan NH4+ sebagai asam konjugasinya sedangkan H2O bersifat asam dan OH- sebagai basa konjugasinya
                            Hubungan dari dua pernyataan tersebut adalah
                            a. Pernyataan benar, sebab benar, ada hubungan
                            b. Pernyataan benar, sebab benar, tidak ada hubungan
                            c. Pernyataan benar, sebab salah
                            d. Pernyataan salah, sebab benar
                            e. Pernyataan salah, sebab salah
       Analisis      : Soal ini termasuk C1,K2 (mengingat pengetahuan konseptual kimia) karena pada soal ini peserta didik diminta untuk mengingat konsep asam basa Lewis dan konsep asam basa Brownsted-Lowry

12. Indikator    : Menentukan kespontanan reaksi redoks berdasarkan data elektrokimia
       Butir Soal  : Berikut disajikan beberapa data elektrokimia:
                            1. Mg  Mg2+ Br2 Br-             EoMg2+/Mg = -2,37V; EoBr2/Br- = +1,07V
                            2. Cu Cu2+  Ag+ Ag            EoCu2+/Cu = +0,34V;EoAg+/Ag = +0,80V
                            3. Ag Ag+  Zn2+ Zn             EoAg+/Ag = +0,80V;EoZn2+/Zn = -0,76V
                            4. Al  Al3+  Fe2+ Fe              EoAl3+/Al = -1,66V;EoFe2+/Fe = -0,44V           
                            Dari keempat data tersebut yang termasuk reaksi redoks spontan  adalah..
                            a. 1,2,3 benar
                            b. 1,3 benar
                            c. 2,4 benar
                            d. 4 benar
                            e. Benar semua                   
       Analisis      : Soal ini termasuk dalam C3,K3 (mengaplikasikan prosedural pengetahuan kimia) sebab pada soal ini peserta didik diminta untuk menghitung terlebih dahulu harga Eosel masing-masing reaksi untuk menemukan reaksi yang berjalan spontan

13. Indikator    : Menentukan hasil elektrolisis berdasarkan data elektrokimia
       Butir Soal  : Hasil elektrolisis larutan magnesium iodida adalah...
                            a. Mg dan I2
                            b. Mg dan O2
                            c. Mg2+ dan 2I-
                            d. H2 dan I2
                            e. H2 dan O2
       Analisis      : Soal ini termasuk jenis C3,K2 (menganalisis pengetahuan konseptual  kimia) karena peserta didik diminta untuk menganalisis reaksi yang terjadi pada anoda dan katoda serta konsep dasar dari elektrolisis

14. Indikator    : Memperkirakan reaktan dan/atau produk reaksi hidrokarbon
       Butir Soal  : Senyawa alkohol yang jika dioksidasi menghasilkan alkanon adalah...
                            a. 2-metil butanol
                            b. 2-metil-2-propanol
                            c. 3-metil-2-butanol
                            d. 2,3-dimetil-2-butanol
                            e. 2,3,3-trimetil butanol
       Analisis      : Soal ini merupakan jenis soal C4,K2 (menganalisis pengetahuan konseptual kimia) karena dalam soal ini peserta didik diminta untuk menganalisis terlebih dahulu jenis atom C yang mengikat gugus OH

15. Indikator    : Menentukan gugus fungsi atau jenis monomer dalam molekul karbohidrat, lemak, dan protein
       Butir Soal  : Asam amino adalah monomer dari protein
                                                            SEBAB
                            Polimerisasi protein adalah adisi
                            Hubungan dari dua pernyataan tersebut adalah...
                            a. Pernyataan benar, sebab benar, ada hubungan
                            b. Pernyataan benar, sebab benar, tidak ada hubungan
                            c. Pernyataan benar, sebab salah
                            d. Pernyataan salah, sebab benar
                            e. Pernyataan salah, sebab salah
       Analisis      : Soal ini termasuk C1,K2 (mengingat konseptual kimia) sebab pada soal ini siswa diminta untuk mengingat jenis monomer suatu polimer dan cara pembentukannya atau polimerisasinya.

0 Komentar untuk "Soal Kimia Berdasar Tingkat Kognitif (bag.2)"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top