1. Indikator : Memperkirakan
sifat-sifat unsur berdasarkan konfigurasi elektron
Butir Soal : Suatu unsur memiliki
konfigurasi elektron 1s2 2s2
2p6 3s2 3p6 3d10 4s2 4p3.
Unsur tersebut dalam tabel periodik
terdapat pada...
a.
Golongan Va, periode 3
b.
Golongan Va, periode 4
c.
Golongan VIIa, periode 7
d.
Golongan Va, periode 3
e.
Golongan VIa, periode 5
Analisis : Soal ini termasuk ke dalam C2, K2 (melakukan pemahaman
terhadap konsep kimia) karena dalam hal ini
peserta didik diuji kemampuannya mencari
hubungan antara bilangan kuantum dengan letak suatu unsur di
dalam tabel periodik unsur. Setelah mengetahuinya siswa dapat mengetahui
sifat unsur tersebut
2.
Indikator : Memprediksi sifat-sifat kimia dan fisika suatu molekul
berdasarkan strukturnya
Butir
Soal : Di
bawah ini yang merupakan ciri-ciri sifat fisik dari senyawa yang berikatan
ionik sebagai berikut:
1. Larut dalam air
2. Bersifat konduktor
3. Titik didih tinggi
4. Titik leleh rendah
Pernyataan yang benar
adalah...
a. 1,2,3 benar
b. 1,3 benar
c. 2,4 benar
d. 4 benar
e. 1,2,3,4 benar
Analisis : Soal
ini termasuk dalam C2,K1 (mengerti pengetahuan faktual kimia) karena dalam soal
ini peserta didik diminta untuk mengerti sifat fisik materi yang memiliki
ikatan jenis tertentu
3. Indikator : Menentukan
massa atom atau massa molekul relatif
berdasarkan reaksi kimia.
Butir Soal : Belerang dapat diperoleh dari gas alam
dengan mengoksidasi gas H2S sesuai dengan reaksi berikut yang belum
setara
H2S + O2 Ã S + H2O
Banyaknya belerang yang dapat diperoleh
dengan mengoksidasi 224 L H2S pada STP adalah... (Ar S = 32)
a. 10 gram
b. 32 gram
c. 160 gram
d. 224 gram
e. 320 gram
Analisis :
Soal
ini termasuk dalam C3, K2 karena dalam hal ini peserta didik diminta untuk
mengaplikasikan konsep mol dalam reaksi untuk menghitung massa suatu senyawa.
4. Indikator : Menerapkan konsep mol dalam reaksi kimia
untuk menganalisis kuantitas reaktan dan/atau produk
Butir Soal : Serbuk besi
sejumlah 28 gram (Ar Fe = 56) direaksikan dengan 20 gram belerang (Ar S = 32).
Zat yang tersiksa sesudah reaksi adalah...
a. 2 gram belerang
b.
4 gram belerang
c.
7 gram besi
d.
8 gram besi
e.
14 gram besi
Analisis : Soal ini
termasuk dalam C4,K2 karena dalam soal ini siswa diminta untuk menganalisis
massa reaktan yang tersisa dengan mencari zat pembatas dan menggunakan konsep
mol.
5. Indikator : Melakukan
perhitungan kimia berdasarkan persamaan termokimia
Butir Soal :
Diketahui
data sebagai berikut:
½ H2 + ½ Cl2 HCl
ΔH= -92 kJ/mol
½ H2 H ΔH= +217 kJ/mol
½ Cl2 Cl ΔH= +121 kJ/mol
Maka
energi ikatan H Cl sebesar...
a.
-77 kJ/mol
b.
-154 kJ/mol
c.
+77 kJ/mol
d.
+154 kJ/mol
e.
+430 kJ/mol
Analisis :
Soal
ini termasuk C4,K3 karena dalam soal ini siswa diminta untuk menganalisis soal
dan data yang telah diketahui dan bisa menentukan rumus yang digunakan yaitu
menentukan entalpi total sehingga data energi ikatan rata-rata yang ditanyakan
dapat diketahui.
6. Indikator : Menentukan laju reaksi kimia dan
faktor-faktor yang berpengaruh berdasarkan data hasil percobaan
Butir Soal :
Berikut
adalah data hasil percobaan laju reaksi dari reaksi:
2NO(g)
+ 2H2(g)→N2(g) +
2H2O(g)
[NO]
(mol L-1)
|
[H2]
(mol L-1)
|
Laju Reaksi
(mol L-1 detik-1)
|
0,30
|
0,05
|
1,6
|
0,30
|
0,15
|
4,8
|
0,10
|
0,25
|
0,5
|
0,20
|
0,25
|
2,0
|
Reaksi
tersebut mempunyai tetapan laju reaksi sebesar...
a.
0,2
b.
2,0
c.
20
d.
100
e.
200
Analisis :
Soal
ini termasuk dalam C3,K3 (menganalisis prosedural kimia) sebab dalam soal ini
peserta didik diminta untuk menganalisis orde reaksi tiap senyawa terlebih
dahulu untuk menemukan harga tetapan laju reaksinya.
7. Indikator : Menentukan konsentrasi zat-zat atau
tetapan kesetimbangan dalam reaksi kimia yang setimbang
Butir Soal :
Pada suhu tertentu dalam ruang 1 liter terdapat kesetimbangan:
2SO3(g) 2SO2(g) + O2(g)
Semula
terdapat 0,5 mol gas SO3 dan setelah tercapai kesetimbangan, jumlah
mol SO3 terhadap O2 adalah 4:3. Harga tetapan
kesetimbangannya adalah...
a.
0,125
b.
0,187
c.
0,375
d.
0,563
e.
1,687
Analisis : Soal ini termasuk dalam C4,K3 (menganalisis
pengetahuan prosedural kimia) karena dalam soal ini peserta didik diminta untuk
menganalisis cara memperoleh konsentrasi
pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang dengan melalui perbandingan
jumlah mol konsentrasi reaktan dan hasil reaksi untuk menentukan harga Kc
tersebut.
8. Indikator : Menentukan arah reaksi berdasarkan komposisi zat-zat sebelum
setimbang dengan informasi K
Butir Soal :
Agar pada reaksi kesetimbangan:
N2(g) + O2(g) 2NO(g) ΔH = +180 kJ
Jumlah
gas NO yang dihasilkan maksimal, maka tindakan yang diperlukan adalah...
a.
menaikkan tekanan
b.
menurunkan tekanan
c.
mengecilkan volum
d.
menaikkan suhu
e.
memperbesar volum
Analisis :
Soal
ini termasuk dalam C2,K2 (mengerti konseptual kimia) sebab dalam soal ini
peserta didik diminta untuk mengerti konsep pergeseran arah kesetimbangan dan
memahami faktor-faktornya.
9. Indikator : Menentukan efek zat terlarut terhadap
sifat koligatif larutan
Butir Soal :
Fraksi mol etanol dalam air adalah 0,2. Jikatekanan uap jenuh etanol pada
suhu 30oC sebesar 24 mmHg maka tekanan larutan tersebut sebesar...
a. 1,2 mmHg
b.
2,4 mmHg
c.
4,8 mmHg
d.
7,2 mmHg
e.
14,4 mmHg
Analisis :
Soal
ini termasuk C1,K3 (mengingat pengetahuan prosedural) karena dalam mengerjakan
soal ini siswa diminta untuk mengetahui prosedural penghitungan penurunan
tekanan uap
10. Indikator : Menghitung pH suatu larutan campuran
asam basa yang mengalami hidrolisis
Butir Soal: Barium
asetat, CH3COOBa sebanyak 2,55 gram dilarutkan dalam air sehingga volumenya
menjadi 500cm3. Bila Ka= 10-5 ;Ar Ba= 137;C= 12;O=16,
maka pH larutan adalah...
a. 9+log 2
b. 8,5+log2
c. 7+log 2
d. 5,5+log 2
e. 5
Analisis : Soal ini termasuk dalam C4,K4 (menganalisis
pengetahuan kimia metakognitif) karena dalam soal tersebut peserta didik
diminta untuk dapat memisahkan dan menganalisis unsur-unsur tertentu
11. Indikator : Menentukan
spesi-spesi kimia dalam reaksi asam basa berdasarkan berbagai konsep asam-basa
Butir Soal : Asam Lewis bertindak sebagai donor
elektron dan basa Lewis bertindak sebagai akseptor elektron
SEBAB
NH3 + H2O
NH4+ + OH-
NH3 bersifat basa dan NH4+
sebagai asam konjugasinya sedangkan H2O bersifat asam dan OH- sebagai
basa konjugasinya
Hubungan dari dua pernyataan tersebut
adalah
a. Pernyataan benar, sebab benar, ada
hubungan
b. Pernyataan benar, sebab benar, tidak
ada hubungan
c. Pernyataan benar, sebab salah
d. Pernyataan salah, sebab benar
e. Pernyataan salah, sebab salah
Analisis :
Soal
ini termasuk C1,K2 (mengingat pengetahuan konseptual kimia) karena pada soal
ini peserta didik diminta untuk mengingat konsep asam basa Lewis dan konsep
asam basa Brownsted-Lowry
12. Indikator : Menentukan
kespontanan reaksi redoks berdasarkan data elektrokimia
Butir Soal :
Berikut disajikan beberapa data elektrokimia:
1. Mg Mg2+ Br2 Br- EoMg2+/Mg =
-2,37V; EoBr2/Br- = +1,07V
2.
Cu Cu2+ Ag+ Ag EoCu2+/Cu =
+0,34V;EoAg+/Ag = +0,80V
3. Ag Ag+ Zn2+ Zn EoAg+/Ag = +0,80V;EoZn2+/Zn
= -0,76V
4.
Al Al3+ Fe2+ Fe EoAl3+/Al = -1,66V;EoFe2+/Fe
= -0,44V
Dari
keempat data tersebut yang termasuk reaksi redoks spontan adalah..
a.
1,2,3 benar
b.
1,3 benar
c.
2,4 benar
d.
4 benar
e.
Benar semua
Analisis :
Soal
ini termasuk dalam C3,K3 (mengaplikasikan prosedural pengetahuan kimia) sebab
pada soal ini peserta didik diminta untuk menghitung terlebih dahulu harga Eosel
masing-masing reaksi untuk menemukan reaksi yang berjalan spontan
13.
Indikator : Menentukan hasil elektrolisis berdasarkan data elektrokimia
Butir
Soal : Hasil
elektrolisis larutan magnesium iodida adalah...
a. Mg dan I2
b. Mg dan O2
c. Mg2+
dan 2I-
d. H2 dan
I2
e. H2 dan
O2
Analisis : Soal ini termasuk jenis C3,K2
(menganalisis pengetahuan konseptual
kimia) karena peserta didik diminta untuk menganalisis reaksi yang terjadi
pada anoda dan katoda serta konsep dasar dari elektrolisis
14.
Indikator : Memperkirakan reaktan dan/atau produk reaksi hidrokarbon
Butir
Soal : Senyawa alkohol yang jika
dioksidasi menghasilkan alkanon adalah...
a. 2-metil butanol
b. 2-metil-2-propanol
c. 3-metil-2-butanol
d.
2,3-dimetil-2-butanol
e. 2,3,3-trimetil
butanol
Analisis : Soal
ini merupakan jenis soal C4,K2 (menganalisis pengetahuan konseptual kimia)
karena dalam soal ini peserta didik diminta untuk menganalisis terlebih dahulu jenis
atom C yang mengikat gugus OH
15.
Indikator : Menentukan gugus fungsi atau jenis monomer dalam molekul
karbohidrat, lemak, dan protein
Butir
Soal : Asam amino adalah monomer dari
protein
SEBAB
Polimerisasi protein adalah adisi
Hubungan dari dua
pernyataan tersebut adalah...
a. Pernyataan benar,
sebab benar, ada hubungan
b. Pernyataan benar,
sebab benar, tidak ada hubungan
c. Pernyataan benar,
sebab salah
d. Pernyataan salah,
sebab benar
e. Pernyataan salah,
sebab salah
Analisis : Soal
ini termasuk C1,K2 (mengingat konseptual kimia) sebab pada soal ini siswa
diminta untuk mengingat jenis monomer suatu polimer dan cara pembentukannya
atau polimerisasinya.
Tag :
Soal-Soal Kimia
0 Komentar untuk "Soal Kimia Berdasar Tingkat Kognitif (bag.2)"
Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)
Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)