Translate

RPP Dampak dan Manfaat Unsur Dalam Kehidupan Sehari-Hari

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

KIMIA UNSUR

Nama Sekolah           : SMAPiri I Yogyakarta

Mata Pelajaran          :  Kimia

Kelas / Semester         :  XII IPA / 1

Standar Kompetensi :  3.      Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan                                                      bahayanya, serta terdapatnya di alam.

Kompetensi dasar      :  3.3    Menjelaskan manfaat, dampak dan proses pembuatan unsur-                                        unsur dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari.

Alokasi Waktu           : 30 menit

 

Indikator Pencapaian Kompetensi: 

1.         Menjelaskan manfaat dan dampak unsur alumunium serta senyawanya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.

2.         Menjelaskan pembuatan unsur aluminium dan senyawanya di industri.

I.         Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa dapat menjelaskan pembuatan logam aluminium.

2.      Siswa dapat menjelaskan manfaat logam alumunium, serta senyawanya dalam kehidupan sehari-hari.

3.      Siswa dapat menjelaskan manfaat logam alumunium, serta senyawanya dalam industri.

II.       Materi Pembelajaran

Unsur-unsur di alam sangat banyak sebagai contoh unsur-unsur golongan utama II seperti Aluminium. Beberapa unsur utama sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan luas penggunaannya, diantaranya adalah aluminium. Unsur alumunium terletak pada periode ketiga dan merupakan unsur penting pada golongan IIIA dalam tabel periodik. Di alam, logam aluminium tidak terdapat dalam keadaan bebas tetapi terdapat dalam senyawa oksidanya. Banyak kegunaaan unsur aluminium yang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Jadi pelajaran kali ini tentang manfaat, dampak dan proses pembuatan unsur-unsur dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari.

III.   Metode Pembelajaran

·         Diskusi informasi

IV.             Langlah Pembelajaran

A.    Kegiatan awal (alokasi waktu ± 2 menit)

1)      Membuka pelajaran

·         Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdo’a

·         Guru mengecek kesiapan siswa

·         Guru mengecek jumlah kesiapan peserta didik.

2)      Apersepsi/ persyaratan pengetahuan (alokasi ± 5 menit).

Guru mengajukan pertanyaan:

·         Di alam unsur terdiri apa saja anak-anak?.

Jawaban peserta didik: unsur logam dan unsur non logam.

·         Dialam unsur dalam keadaan apa anak-anak?.

Jawaban peserta didik: dalam keadaan senyawa.

·         Unsur logam apa saja yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari?.

Jawaban  peserta didik : Alumunium, Besi,

·         Adakah yang masih ingat unsur golongan utama I yang penting dalam kehidupan sehari-hari dan telah kita pelajari minggu lalu?.

Jawaban peserta didik: Natrium, Litium, Klor, neon, unsur golongan gas mulia

·         Guru: Selain unsur golongan utama I di alam juga terdapat unsur golongan II, nah bapak mau tanya unsur golongan utama II di alam contohnya apa saja?.

Jawaban peserta didik: belum tahu.

·         Guru: Pada pertemuan kali ini kita akan belajar tentang unsur-unsur golongan utama II.

3). Masalah atau topik materi: Unsur-unsur golongan utama II ( Guru menjelaskan tentang pembuatan logam aluminium).

 

B.     Kegiatan inti

No

Kegiatan Guru

Metode

waktu

1

 

 

 

 

 

Eksplorasi:

·         Guru menyampaikan penjelaskan:

Unsur-unsur apa saja yang ada di golongan utama II.

Unsur-unsur golongan utama II berupa apa saja anak-anak?.

Siswa: Aluminium, Hidrogen, Unsur golongan IVA, Unsur golongan VA, Unsur golongan VIA.

·         Guru: dengan mengetahui unsur-unsur golongan utama II, kita dapat mengetahui salah satu contoh unsur-unsur golongan II.

Salah satu contoh unsur golongan utama II adalah alumunium, bagaimanakah cara pembuatan logam alumunium dan manfaatnya tersebut?.

Siswa: belum tahu pak.

Guru akhirnya menjelaskan bagaimana pembuatan logam aluminium dan manfaatnya dengan mengajak peran aktif siswa (diskusi kelompok).

Elaborasi:

·         Hari ini kita akan mempelajari tentang pembuatan logam alumunium, manfaatnya serta dampaknya

·         Guru membagikan lembar kerja untuk peserta didik ( terlampir).

·         Siswa membaca dan memahami cara kerja dalam lembar kerja.

·         Guru menunjuk salah satu siswa untuk maju kedepan kelas guna menyampaikan pendapat kelompoknya untuk menjelaskan pembuatan logam aluminium.

Konfirmasi:

·         Siswa bediskusi kelompok untuk menyimpulkan bagaimana cara mendapatkan logam aluminium.

·         Siswa yang di tunjuk oleh guru menyampaikan didepan kelas pendapat kelompoknya, siswa lain mendengarkan dengan baik ( menghargai orang lain)

Penutup                                                                         

1. Evaluasi proses.

Siswa menjawab pertanyaan dari guru:

·         Bagaimanakah cara memperoleh logam Alumunium dialam>

·         Apa saja manfaat dari logam alumunium dan dampak dari senyawanya?.

2. Rangkuman.

·         Siswa membuat kesimpulan tentang pembuatan logam alumunium dan manfaat serta dampak senyawanya dalam kehidupan sehari-hari.

3.   Tugas

” Kerjakan latihan soal halaman 168-172. Sukardjo. 2009. Kimia SMA dan MA Untuk Kelas XI. Jakarta : Bumi Aksara.

dikumpulkan minggu depan sebagai tugas rumah”.

4.   Pesan untuk pertemuan yang akan datang : Membaca materi selanjutnya yaitu unsur-unsur golongan transisi

 

 

 

 

 

Diskusi informasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

20 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3 menit

 

 

 

 

      

 

V.                Alat/ bahan/ sumber bahan

·         Alat

Laptop, LCD,  whiteboard, dan Bahan

Spidol dan penghapus, , soal-soal tertulis.

·         Sumber bahan

Sukardjo. 2009. Kimia SMA dan MA Untuk Kelas XII. Jakarta : Bumi Aksara.

Michael Purba,. 2007. Kimia untuk SMA Kelas XII Semester 1. Jakarta:

VI.             Soal

1.      Jelaskan kegunaan kriolit (Na3AlF6) dalam proses peleburan Al2O3 saat elekrolisis?.

2.      Jelaskan kegunaan logam aluminium?.

3.      Jelaskan alasan mengapa peralatan rumah tangga( panci dan wajan) banyak terbuat dari aluminium?.

Jawab

1.      Kegunaaan kriolit (Na3AlF6) dalam proses peleburan Al2O3 saat elekrolisis agar Al2O3 melebur pada temperatur yang lebih rendah dari titik leburny, bahkan pada temperatur pad saat elektrolisis dapat bertahan sampai dengan suhu 850oC.,Dalam proses itu digunakan arus listrik yang besar.

2.      kegunaan logam aluminium antara lain: digunakan sebagai bahan kontruksi, misalnya bodi pesawat terbang, pelek (velg) roda mobil, dan kerangka sepeda motor., selain itu aluminium digunakan sebagai peralatan rumah tangga  untuk memasak seperti panci, wajan.

3.      Karena sifat aluminium yang mudah menghantarkan panas.

 

 

 

Contoh instrumen        : penilaian

Nilai = jumlah skor benar x 10 = 10

                                3

 

 

                                                                                            Yogyaakarta, 14 Mei 2012

      Mengetahui,

Dosen Pembimbing                                                                        Mahasiswa

 

 

Heru Pratomo Al., M.Si                                                                Dona Apriana

(NIP.                             )                                                          NIM. 10303243006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

Cara Pengolahan bijih aluminium.

Tujuan : Siswa dapat memahami tentang pengolahan bijih aluminium.

Contoh soal:

1. Jelaskan kegunaan kriolit (Na3AlF6) dalam proses peleburan Al2O3 saat elekrolisis?.

2.   Jelaskan kegunaan beberapa logam aluminium?.

3.   Jelaskan alasan mengapa peralatan rumah tangga( panci dan wajan) banyak terbuat dari aluminium?.

Jawab

1.      Kegunaaan kriolit (Na3AlF6) dalam proses peleburan Al2O3 saat elekrolisis agar Al2O3 melebur pada temperatur yang lebih rendah dari titik leburny, bahkan pada temperatur pad saat elektrolisis dapat bertahan sampai dengan suhu 850oC.,Dalam proses itu digunakan arus listrik yang besar.

2.      kegunaan beberapa logam aluminium antara lain: digunakan sebagai bahan kontruksi, misalnya bodi pesawat terbang, pelek (velg) roda mobil, dan kerangka sepeda motor., selain itu aluminium digunakan sebagai peralatan rumah tangga  untuk memasak seperti panci, wajan.

3.      Karena sifat aluminium yang mudah menghantarkan panas.

0 Komentar untuk "RPP Dampak dan Manfaat Unsur Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top