Translate

Konstruksi Soal Kimia Berdasarkan Tingkat Kognitif

Standar Kompetensi :  Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri)
1.      Hukum Kekekalan Massa dikemukakan oleh…
a.       Amedro Avogadro
b.      Antoine Laurent Lavoisier
c.       Henry Cavendish
d.      Joseph Louis Gay Lussac
e.       Joseph Louis Proust

Analisis Soal :
Soal termasuk dalam aspek kognitif C1-K2, yaitu dimensi proses kognitif  mengingat dan dimensi pengetahuan konseptual.

Jawaban : B
Pembahasan :
Antoine Lavoisier melakukan percobaan dan mengemukakan hasilnya yaitu massa sebelum dan sesudah reaksi adalah sama dan dikenal sebagai Hukum Kekekalan Massa.

2.      Diketahui senyawa hidrokarbon mengandung 85,7 % massa karbon dan sisanya adalah massa hidrogen. Massa molekul relatif senyawa tersebut adalah 112. Rumus molekul senyawa hidrokarbon tersebut adalah….
(diketahui Ar C=12 dan Ar H=1)
a.       C2H4            
b.      C3H6
c.       C4H8
d.      C6H12
e.       C8H16

Analisis Soal:
Soal termasuk dalam aspek kognitif C4-K4, yaitu dimensi proses kognitif  menganalisis dan dimensi pengetahuan metakognitif. Dalam soal tersebut siswa diharapkan dapat menganalisis pertanyaan yang dimaksud dan mempunyai strategi dalam menyelesaikan soal tersebut.

Jawaban: E
Pembahasan :
% massa karbon = 85,7%
%massa hidrogen = (100-85,7)%= 14,3%
Perbandingan mol:
            Mol C : mol H = 85,7/12 : 14,3/1
                                     = 7,14 : 14,3
                                     = 1 : 2
Rumus empiris senyawa =(CH2)n
Mr  (CH2)n = 112
[Ar C + (2 x Ar H)]n = 112
[12 + (2x1)]n= 112
(14)n = 112
       n = 8
Rumus molekul hidrokarbon tersebut adalah (CH2)8 atau C8H16.



Standar Kompetensi :  Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia.
3.      Jumlah ikatan kovalen koordinasi dalam molekul H2SO4 adalah….
a.       1                b. 2                  c. 3                  d. 4                  e. 5

Analisis Soal:
Soal termasuk dalam aspek kognitif C3-K2, yaitu dimensi proses kognitif  mengaplikasikan dan dimensi pengetahuan konseptual. Siswa dituntut untuk mengaplikasikan teori ikatan untuk mengidentifikasi ikatan apa saja yang ada dalam H2SO4.

Jawaban : B
Pembahasan :
clip_image002
Pada senyawa H2SO4. memiliki 2 ikatan kovalen koordinasi. Atom S mendonasikan 2 pasangan elektronya untuk 2 atom O. Pada struktur diatas ditunjukkan oleh anak panah.
  

 Standar Kompetensi :  Memahami struktur atom untuk meramalkan sifat-sifat    periodik unsur, struktur molekul, dan sifat-sifat senyawa.
4.      Molekul di bawah ini yang mempunyai tipe hibridisasi sp3d adalah….
a.       BeCl2
b.      BF3
c.       CH4
d.      NH3
e.       PCl5

Analisis Soal :
Soal termasuk dalam aspek kognitif C3-K2, yaitu dimensi proses kognitif  mengaplikasikan dan dimensi pengetahuan konseptual. Soal diselesaikan dengan cara mengaplikasikan teori hibridisasi terhadap molekul-molekul yang disediakan sehingga tahu tipe-tipe hibridisasinya.

Jawaban : E
Pembahasan :
15P : [Ne] 3s23p3
Orbital pada keadaan dasar
clip_image003clip_image004clip_image005clip_image005clip_image005clip_image005clip_image006clip_image007 

     3s2                   3p3                            3d0
                Orbital setelah mengalami hibridisasi
clip_image008 clip_image009 clip_image010
 

           
                        Sp3d


 Standar Kompetensi :  Memahami perubahan energy dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya.
5.      Pada pembentukan 2 mol SO3 dari gas SO2 dan O2 dibebaskan kalor 198 kJ. Jika SO2 yang bereaksi adalah 1 mol, maka kalor yang dibebaskan adalah…. kJ.
a.       39,6
b.      49,5
c.       66
d.      99
e.       198

Analisis Soal:
Soal termasuk dalam aspek kognitif C2-K2, yaitu dimensi proses kognitif  mengerti dan dimensi pengetahuan konseptual. Dengan mengerti bagaimana konsep termokimia maka akan dengan mudah mnyelesaikan soal tersebut.


Jawaban : D
Pembahasan :
Persamaan Termokimia:
clip_image011                        2SO2(g) + O2(g)             2SO3(l)    ∆H = -198 kJ
Jika SO2 yang bereaksi adalah 1 mol maka persamaan termokimia menjadi :
clip_image012                        SO2(g) +  1/2O2(g)             SO3(l)    ∆H = -198/2 kJ = -99 kJ



Standar Kompetensi :  Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor  yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
6.      Diketahui reaksi kesetimbangan :
clip_image013clip_image011N2 (g) + 3H2(g)             2NH3(g)    ∆H = -92,2 kJ

Perlakuan yang dapat dilakukan untuk memperoleh hasil optimum adalah…
a.       Menaikkan suhu dan menurunkan tekanan
b.      Menurunkan suhu dan menaikkan tekanan
c.       Memperbesar volume dan menaikkan suhu
d.      Menaikkan suhu dan menambah katalis
e.       Memperbesar volume dan menambah katalis

Analisis Soal :
Soal termasuk dalam aspek kognitif C2-K2, yaitu dimensi proses kognitif  mengerti dan dimensi pengetahuan konseptual. Siswa dituntut mengerti dan memahami bagaimana pergeseran kesetimbangan jika dipengaruhi oleh suhu,tekanan,dan volume.

Jawaban : B
Pembahasan :
Untuk memperoleh hasil optimum maka reaksi dikehendaki bergeser ke arah kanan. Dengan menurunkan suhu, maka reaksi akan bergeser kea rah eksoterm yaitu kea rah kana. Pengaruh menaikkan tekanan yaitu reaksi akan bergeser kea rah yang jumlah koefisiennya lebih kecil. Dengan Menurunkan suhu dan menaikkan tekanan maka hasil/produk  akan lebih optimum.

7.      Data Hasil Percobaan:

Percobaan
Konsentrasi Awal (M)
Laju Reaksi Awal
(Ms-1)
P
Q
1
6 x 10-2
2 x 10-2
2,4 x 10-4
2
12 x 10-2
2 x 10-2
1 x 10-3
3
6 x 10-2
4 x 10-2
4,8 x 10-4

Persamaan laju reaksi untuk aP + bQ   cR+dS adalah….
a.       r = 0,20 [P] [Q]
b.      r = 10,00 [P] [Q]2
c.       r = 3,33 [P]2 [Q]
d.      r = 55,55 [P]2 [Q]2
e.       r =  166,67 [P]3 [Q]

Analisis Soal :
Soal termasuk dalam aspek kognitif C4-K4, yaitu dimensi proses kognitif  menganalisis dan dimensi pengetahuan metakognitif. Soal menuntut kemampuan siswa dalam menganalisis soal beserta strategi atau tahapan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Jawaban : C



Pembahasan :
Orde terhadap P
            r2  =   k (12 x 10-2)x(2 x 10-2)y  =   1,0x10-3
clip_image014clip_image015clip_image016                        r 1      k (6 x 10-2)x(2 x 10-2)y      2,4 x 10-4
                                                              2x = 4
                                                                x =2
           
Orde terhadap Q
            R3  =   k (6 x 10-2)x(4 x 10-2)y  =   4,8x10-4
clip_image014clip_image015clip_image016                        r 1       k (6 x 10-2)x(2 x 10-2)y      2,4 x 10-4
                                                              2y = 4
                                                                y =1

            Persamaan laju reaksi: r = k [P]2 [Q]
            Berdasarkan percobaan 1:
                                             r  = k [P]2 [Q]
                        2,4 x 10-4 Ms-1 = k (6 x 10-2 M)2(2 x 10-2 M)1
                                                             k  = 2,4x10-4 Ms-1
clip_image017                                                    7,2x10-5 M3
                                             k = 3,33 M-2s-1
Persamaan laju reaksi r = 3,33 [P]2 [Q]


Standar Kompetensi :  Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.
8.      larutan H2SO4 dengan konsentrasi 1x10-3 M mempunyai pH sebesar….
( Diketahui log 2=0,3)
a.       2,7
b.      3,3
c.       3,0
d.      3,6
e.       4,0

Analisis Soal :
Soal termasuk dalam aspek kognitif C4-K3, yaitu dimensi proses kognitif  menganalisis dan dimensi pengetahuan prosedural. Dalam soal berisi analisis permasalahan yang penyelesaiannya menggunakan tahapan-tahapan berupa algoritma.

Jawaban : A
Pembahasan :
clip_image018            H2SO4(aq)           2H+(aq) + SO42-(aq)
            [H+] = 2 x [H2SO4]  = 2 x (1x10-3) M
                                             = 2 x 10-3  M
            pH = -log [H+]
                  = -log 2 x 10-3 
                  = 3 – log 2
                  = 3 – 0,3
                  = 2,7


Standar Kompetensi : Menjelaskan system dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
9.      Sistem dengan fase terdispersi dan pendispersinya berupa cairan dikenal sebagai…
a.       aerosol
b.      buih
c.       emulsi
d.      sol
e.       suspense

Analisis Soal :
Soal termasuk dalam aspek kognitif C1-K2, yaitu dimensi proses kognitif  mengingat dan dimensi pengetahuan konseptual. Siswa dituntut mengingat tentang konsep mengenai sistem-sistem koloid.

Jawaban : C
Pembahasan :
Emulsi merupakan sistem koloid suatu cairan yang terdispersi dalam cairan juga.


Standar Kompetensi :  Menjelaskan sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit.
10.  suatu larutan dibuat dengan melarutkan 5,85 gram  NaCl (Mr=58,5) dalam 20 mL air. Jika diketahui Kb air : 0,52 maka larutan tersebut akan mendidih pada suhu….oC
a.       94,8
b.      100
c.       100,52
d.      102,6
e.       105,2

Analisis Soal :
Soal termasuk dalam aspek kognitif C3-K4, yaitu dimensi proses kognitif  mengaplikasikan dan dimensi pengetahuan metakognitif. Mengaplikasikan persamaan-persamaan untuk mencari titik didih suatu larutan dengan strategi penyelesaian tertentu.

Jawaban : E
Pembahasan :
clip_image019            NaCl(aq)           Na+ (aq) + Cl-(aq)
NaCl merupakan elektrolit kuat sehingga derajat ionisasinya adalah 1(mengion sempurna).
i={1+(n-1)α}= 1+(2-1)1=2
massa air = densitas air x volume air
                = 1 g/mL x 20 mL = 20 g
m = 1000/p x a/Mr
    = 1000/20 x 5,85/58,5 = 5 molal
∆Tb = m x Kb x i
        = 5 x 0,52 x 2 = 5,2 oC
Tb = (100+5,2) oC
     = 105,2 oC    


Standar Kompetensi :  Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.
11.  Suatu sel terdiri dari logam Zn  yang tercelup dalam larutan ZnSO4 1 M dan logam Cu yang tercelup dalam larutan CuSO4 1 M. kedua larutan tersebut dihubungkan dengan jembatan garam pada suhu 25 0C. Jika Zn2+|Zn mempunyai Eo = -0,76 V dan Cu2+|Cu mempunyai Eo=+0,34 V. Berapa besar potensial sel yang terbentuk adalah …. volt.
a.       -0,42
b.      -0,34
c.       +0,42
d.      +0,76
e.       +1,1

Analisis Soal :
Soal termasuk dalam aspek kognitif C2-K2, yaitu dimensi proses kognitif  mengerti dan dimensi pengetahuan konsep. Siswa diharapkan mengerti bagaimana cara menentukan jumlah potensial sel.

Jawaban : E
Pembahasan :
Eo sel   = Eo reduksi – Eo oksidasi
             = (+0,34) – (-0,76)
             = +1,1 volt

12.  Ke dalam 500 mL larutan AgNO3 0,1 M dialirkan arus listrik sejumlah 1930 Coulomb. pH larutan setelah dielektrolisis adalah….
a.       2-log4
b.      2-log5
c.       2
d.      4-log2
e.       4

Analisis Soal :
Soal termasuk dalam aspek kognitif C4-K3, yaitu dimensi proses kognitif menganalisis dan dimensi pengetahuan prosedural. Siswa dituntut untuk menganalisis soal dan menyelesaikannya dengan tahapan-tahapan tertentu.

Jawaban : A
Pembahasan :
clip_image020Katoda : Ag+ + e           Ag
clip_image021Anoda  : 2H2O          4H+ +O2 + 4e

            Mol H + = F = Q/96500 = 1930/96500
                                               = 0,02 mol
            Konsentrasi H+ = mol/volume = 0,02/0,5=0,04 M
            pH = -log [H+]
                  = -log 4x10-2
                      = 2-log4

PETUNJUK B
Standar Kompetensi :  Memahami karakteristik unsure-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di alam.

13.  Radon bersifat radioaktif, sehingga sinar yang dipancarkan dapat digunakan dalam terapi penyakit kanker.
Sebab
Radon mempunyai jari-jari atom paling besar diantara gas mulia yang lain.


Analisis Soal :
Soal termasuk dalam aspek kognitif C1-K1, yaitu dimensi proses kognitif  mengingat dan dimensi pengetahuan faktual. Siswa dituntut mengingat fakta mengenai radon.

Jawaban : B. Pernyataan betul,alas an betul, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat
Pembahasan :
Radon bersifat radioaktif, sehingga sinar yang dipancarkan dapat digunakan dalam terapi penyakit kanker. Radon mempunyai jari-jari atom paling besar diantara gas mulia yang lain.pernyataan dan alas an tersebut tetapi keduanya tidak berhubungan.

PETUNJUK C
Standar Kompetensi :  Memahami senyawa organic dan reaksinya, benzene dan turunannya, dan makromolekul.
14.  Jenis polimer yang kita jumpai:
1.      Polimer alam
2.      Homopolimer
3.      Termoplastik
4.      Kopolimer
5.      Termosetting
Jenis polimer yng digolongkan berdasarkan jenis monomer penyusunnya adalah ….
a.       1,2, dan 3
b.      2 dan 4
c.       1 dan 3
d.      4 saja
e.       Semua benar

Analisis Soal :
Soal termasuk dalam aspek kognitif C2-K1, yaitu dimensi proses kognitif  mengerti dan dimensi pengetahuan factual.  Siswa dituntuk untuk mengerti dan memahami apa saja jenis polimer dan klasifikasinya.

Jawaban : B
Pembahasan :
Ada 3 jenis penggolongan polimer yaitu :
1.      Penggolongan berdasarkan asalnya (polimer alam dan polimer sintesis)
2.      Penggolongan berdasarkan monomer penyusunnya (Homopolimer dan kopolimer)
3.      Penggolongan berdasarkan ketahanan terhadap panas (termoplastik dan Termosetting)


15.  Perhatian pernyataan berikut !
1.      DDT bersifat karsinogenik dan sangat stabil.
2.      Pemakaian CFC mengakibatkan berlubangnya/menipisnya lapisan ozon.
3.      Iodoform digunakan sebagai antiseptik untuk luka.
4.      CCl4 digunakan untuk memproduksi TEL,zat aditif pada bensin.
Pernyataan yang benar adalah….
a.       1,2, dan 3
b.      2 dan 4
c.       1 dan 3
d.      4 saja
e.       Semua benar

Analisis Soal :
Soal termasuk dalam aspek kognitif C2-K1, yaitu dimensi proses kognitif  mengerti dan dimensi pengetahuan factual. Semua pernyataan yang diberikan adalah fakta-fakta baik sifat maupun akibat dari senyawa yang diberikan.

Jawaban : A
Pembahasan :
1.      DDT bersifat karsinogenik dan sangat stabil.
2.      Pemakaian CFC mengakibatkan berlubangnya/menipisnya lapisan ozon.
3.      Iodoform digunakan sebagai antiseptik untuk luka.
4.      CCl4 digunakan untuk memproduksi TEL,zat aditif pada bensin.

Pernyataan 1,2, dan 3 benar, sedangkan pernyataan yang keempat salah.
5 Komentar untuk "Konstruksi Soal Kimia Berdasarkan Tingkat Kognitif"

terimakasih, artikelnya sangat membantu

saya sedang membutuhkan contoh soal C1 dan K1, soal kimia dengan proses kognitif mengingat dan jenis pengetahuan faktual, atas bantuannya saya ucapkan terimakasih.

febriyanirizky040@gmail.com

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top