Translate

Praktikum Kimia Kreatif dengan bahan di sekitar kita [EFEK LEIDENFROST]

Efek Leidenfrost adalah sebuah fenomena fisika di mana sebuah cairan, pada kontak dekat dengan suatu massa yang jauh lebih panas daripada titik didih cairan tersebut, akan menghasilkan lapisan uap isolasi yang menjaga cairan tersebut dari mendidih secara cepat. Oleh karena energi repulsif ini, cairan tersebut akan mengambang di atas permukaan massa alih-alih membuat kontak fisik dengan massa tersebut.

Bingung ya gan?
Singkatnya gini: kalo kita tuang tetesan air ke panci panas maka dapat terjadi hal sbb:

  • Bila suhu panci jauh di bawah titik didih air (100 °C), maka air tetap cair.
  • Bila suhu panci sedikit di bawah 100 °C, maka air akan merata dan mulai menguap perlahan.
  • Bila suhu panci di atas 100 °C, maka air saat menyentuh panci akan langsung menguap dengan cepat disertai bunyi cess.
  • Bila suhu panci melebihi titik Ledenfrost, maka terjadi efek Leidenfrost yaitu tetesan air menjadi bola-bola kecil lalu bergerak cepat ke sana kemari, tidak menguap seperti yang terjadi di suhu di bawah sebelumnya. Efek ini akan terjadi terus hingga suhu yang lebih tinggi lagi menyebabkan air terlalu cepat menguap sebelum efek ini terjadi.

Pernah lihat engkoh2 goreng pisang crispy dengan tangan kosong dicelupin ke dalam minyak goreng panas mendidih tapi tidak melepuh?
Saya pernah lihat di Surabaya, jadi sebelum beraksi dia cuma celupin tangannya ke dalam air gitu ternyata dia memakai efek Leidenfrost kirain ilmu kungfu nya tinggi jadi chi nya bisa menghambat panas minyak membakar kulitnya


Bahan:
  1. Panci
  2. Air
  3. Tungku/kompor panas (bukan kompor mleduk ya )
Spoiler for Bahan
Cara:
  1. Panaskan panci di atas kompor pada panas tingkat tinggi selama 4 menit.
  2. Tuang sedikit air (Awas: percobaan ini dapat menodai panci bila saat dituang air, suhu panci di atas titik didih air tapi belum mencapai titik Leidenfrost! Karena air akan menguap dengan cepat meninggalkan noda pada panci.)
  3. Goyang sedikit panci dengan gerakan melingkar, maka air akan bergerak mengitari panci.
Spoiler for Hasil
0 Komentar untuk "Praktikum Kimia Kreatif dengan bahan di sekitar kita [EFEK LEIDENFROST]"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top