Translate

Menghafal Unsur Kimia, Kartun Kimia Golongan IA (+Hidrogen)


1. HYDROGEN
bahasa Latin: hydrogenium
bahasa Yunani: hydro: air, genes: membentuk
adalah unsur kimia pada tabel periodik yang memiliki simbol H dan nomor atom 1. Pada suhu dan tekanan standar, hidrogen tidak berwarna, tidak berbau, bersifat non-logam, bervalensi tunggal, dan merupakan gas diatomik yang sangat mudah terbakar. Dengan massa atom 1,00794 amu, hidrogen adalah unsur teringan di dunia.
  

3. LITHIUM
adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Li dan nomor atom 3. Unsur ini termasuk dalam logam alkali dengan warna putih perak. Dalam keadaan standar, litium adalah logam paling ringan sekaligus unsur dengan densitas (massa jenis) paling kecil.
   


 
11. SODIUM Natrium atau sodium adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Na dan nomor atom 11. Natrium adalah logam reaktif yang lunak, keperakan, dan seperti lilin, yang termasuk ke logam alkali yang banyak terdapat dalam senyawa alam (terutama halite). Dia sangat reaktif, apinya berwarna kuning, beroksidasi dalam udara, dan bereaksi kuat dengan air, sehingga harus disimpan dalam minyak. Karena sangat reaktif, natrium hampir tidak pernah ditemukan dalam bentuk unsur murni.  
19. POTASSIUM Kalium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang K dan nomor atom 19. Kalium berbentuk logam lunak berwarna putih keperakan dan termasuk golongan alkali tanah. Secara alami, kalium ditemukan sebagai senyawa dengan unsur lain dalam air laut atau mineral lainnya. Kalium teroksidasi dengan sangat cepat dengan udara, sangat reaktif terutama dalam air, dan secara kimiawi memiliki sifat yang mirip dengan natrium. Dalam bahasa Inggris, kalium disebut potassium. 
37. RUBIDIUM Rubidium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Rb dan nomor atom37.
Rubidium adalah unsur logam dari kelompok alkali yang bersifat lunak dan berwarna putih keperakan.
Rubidium merupakan salah satu unsur yang paling elektropositif dan basa. Logam ini bisa cair pada suhu sekitar 40 °C.
Unsur ini terbakar secara spontan di udara dan bereaksi hebat dengan air dan bahkan dengan es pada suhu -100 C untuk melepaskan hidrogen.
Seperti semua logam alkali lain, rubidium membentuk amalgam dengan merkuri. Rubidium juga membentuk paduan dengan emas, cesium, natrium, dan kalium.
Rubidium merupakan unsur ke-16 paling melimpah di kerak bumi.
   


 
55. CAESIUM Sesium adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Cs (dari nama Latinnya, Caesium) dan nomor atom 55. Unsur
kimia ini merupakan logam alkali yang lunak dan berwarna putih keemasan, yang adalah
salah satu dari tiga unsur logam berwujud cair pada atau sekitar suhu ruangan.
Penggunaan paling terkenal unsur kimia ini adalah dalam jam atom.Sesium isotop 133 digunakan untuk jam atom
yang digunakan oleh ilmuwan sebagai referensi untuk memantau waktu tempuh riset dengan
sangat tepat. Menurut BIPM (badan yang memelihara standar Satuan Sistem Internasional), definisi satu detik adalah
waktu yang diperlukan atom Sesium-133 untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali.
  


87. FRANCIUMFransium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Fr dan nomor atom 87. Fransium ditemukan oleh Marguerite Perey di
prancis (namanya diambil dari sini) pada tahun 1939.
 
 
 
 
 
   
1 Komentar untuk "Menghafal Unsur Kimia, Kartun Kimia Golongan IA (+Hidrogen)"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top