Translate

Prinsip Umum Belajar

Sebagai simpulan terhadap berbagai prinsip belajar baik menurut behaviorisme, kognitivisme maupun konstruktivisme prinsip umum belajar adalalah sebagai berikut:

1.      Belajar merupakan bagian dari perkembangan.

2.      Belajar berlangsung seumur hidup. Hal tersebut sesuai dengan prinsip pembelajaran sepanjang hayat.

3.      Keberhasilan belajar dipengaruhi oleh factor bawaan, lingkungan, kematangan, serta usaha dari individu secara aktif.

4.      Belajar mencangkup semua aspek kehidupan.  Oleh sebab itubelajar harus mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

5.      Kegiatan belajar berlangsung di sembarang tempat dan waktu. Belajar dapat berlangsung di sekolah, dirumah, dimasyarakat, ditempat rekreasi, dan sebagainya.

6.      Belajar berlangusng baik dengan guru maupun guru. Berlangsung dalam situasi formal, informal maupun nonformal.

7.      Belajar yang direncana dan disengaja menuntut motivasi yang tinggi. Biasanya terkait dengan pemenuhan tujuan yang kompleks, diarahkan kepada penguasaan, pemecahan masalah atau pencapaian sesuatu yang tinggi.

8.      Perbuatan belajar bervariasi dari yang paling sederhana sampai dengan yang amat kompleks.

9.      Dalam belajar dapat terjadi hambatan-hambatan. Hambatan dapat terjadi karena belum adanya penyesuaian individu dengan tugasnya, adanya hambatan dari lingkungan, kurangnya motivasi, kelelahan atau kejenuhan belajar.

10.  Dalam hal tertentu belajar memerlukan adanya bantuan dan bimbingan dari orang lain. Orang lain itu dapat guru, teman sebaya yang kompeten dan lainnya.

0 Komentar untuk "Prinsip Umum Belajar"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top