Translate

Tips belajar untuk menghadapi Ujian Nasional

Ujian nasional tinggal sebentar lagi, persiapan ekstra telah mulai dilakukan pelajar-pelajar di seluruh Indonesia seperti bimbingan belajar dan pendalaman materi. Ujian yang satu ini merupakan atau sering dianggap sebagai neraka terutama bagi pelajar yang tidak bisa. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem belajar yang baik bagi pelajar agar melalui ujian dengan mudah.

Belajar dari Sekarang



Ya, itu benar. Sistem kebut semalam tidak akan efektif sama sekali bagi agan. Yang ada agan bakal kena tekanan dimana agan harus hafal semua materi yang ada dan akhirnya bakal muncul keraguan karena terlalu banyaknya materi yang dipelajari. Selain itu, materi yang dipelajari akan mudah lupa karena sempitnya waktu. Karena masih lama, cicillah belajar materi maksimal 2 jam cukup bagi agan tiap harinya.

Belajar Kelompok



Bukannya, ane ngelarang belajar sendirian. Boleh-boleh aja belajar sendirian kalau gak ada waktu. Kalau misalnya ada waktu, usahakan belajar secara kelompok saja. Jamin deh, agan bakal lebih ngerti materi beberapa kali lipat daripada belajar sendirian. Selain itu dengan belajar kelompok, kita bisa belajar santai dan enak, bisa bertanya seenaknya, dan yang terpenting menambah silahturahmi. Jujur aja, ane aja bisa hafal rumus yang diajarin di bimbel tanpa ikut bimbel sekalipun . Tapi diusahakan belajarnya sama yang niat juga, kalau yang gak niat sama aja bohong.

Belajar Kreatif



Karena Ujian Nasional bukanlah soal uraian melainkan pilihan ganda semua, maka kreatifitas belajar agan akan benar-benar dibutuhkan. Inilah kelemahan Ujian Nasional, dimana kita gak perlu paham semua materi yang ada, melainkan cukup hafal. Tips utama agar agan ingin kreatif, kelompokkan semua materi yang ada. Alasannya, kita akan bisa melakukan terhadap materi tersebut dengan cara masing-masing. Misalnya, ane untuk soal yang mudah ane pahami dalam-dalam. Untuk soal yang susah, ane perhatikan dan dicari mana yang menjadi pokok jawabannya. Untuk soal berbentuk sebutkan, ane bikin semacam kode/singkatan yang bisa dihafalkan oleh ane. Untuk rumus-rumus, ane biasanya cari tahu asal rumus tersebut agar kalau lupa bisa balik ke rumus dasar. Intinya, belajar kreatif sesuai kemampuan agan.

Belajar Optimis


Optimis dari sekarang, belajarlah berani mengambil keputusan meski sulit sekalipun. Kalau ada Try Out atau semacamnya, lebih baik kerjakan terlebih dahulu daripada mencontek. Mencontek tidak menjamin agan benar 100%. Setelah selesai, tanyakan pada teman agan yang bisa menjawab soal tersebut. Itu akan memperbaiki agan sendiri. Jangan takut deh sama nilai Try Out, ane aja nilai Try Outnya kecil-kecil karena banyak eksperimen tapi pas Ujian hasilnya sesuai ekspetasi . Belajar optimis bertujuan agan agan tidak ragu dalam ujian nanti. Selain itu dengan optimis, ekspetasi agan terhadap ujian akan semakin besar. Jika semakin besar, maka agan belajar makin giat. Ingat, kebaikan pasti menang meski lama sekalipun

Belajar sesuai Niat dan Kemauan


Percuma aja, kalau kalian melakukan hal ini semua tanpa niat dengan kemauan. Belajar tanpa niat tanpa bakat bagaikan minum nata de coco tapi sedotannya kecil , banyak hambatannya. Butuh niat dan kemauan agan kalian sukses ujian di kemudian hari. Agan gak perlu belajar secara terjadwal atau terpatok. Yang terpenting, agan bisa menikmati belajar dengan baik dan sesuai kemauan. Contohnya aja bisa belajar sambil main PES, sambil nonton TV, dan sebagainya. Itu akan mempermudah belajar agan daripada serius. Selain itu, banyak berdoa kepada tuhan agar tuhan memudahkan niat dan kemauan agan sekalian.

0 Komentar untuk "Tips belajar untuk menghadapi Ujian Nasional"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top