Translate

Prediksi Ujian Nasional Fisika SMA 2015 dan Pembahasannya

1.      Perhatikan tabel berikut!

 

No.

Besaran

Satuan

Alat Ukur

1.

kelajuan

m/s

spidometer

2.

Massa Jenis

kg/m3

hidrometer

3.

volume

m3

gayung

4.

Berat

newton

dinamotemer

 

Besaran turunan, satuan dalam SI dengan alat ukur yang benar ditunjukkan oleh ....

A.      (1), (2), dan (3)                              C.  (3), (4), dan (1)

B.       (2), (3), dan (4)                              D.  (4), (2), dan (1)

 

Kunci              : D

Pembahasan  :

Besaran turunan merupakan besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok. Contoh: kelajuan diturunkan dari besaran pokok panjang dan waktu, masaa jenis diturunkan dari besaran pokok masaa dan panjang (volume diturunkan dari besaran pokok panjang), tekanan diturunkan dari besaran pokok massa,  (gaya diturunkan dari besaran pokok dengan satuan panjang .

 

Indikator SKL   :

Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.

 

Indikator Soal    :

Disajikan gambar dan tabel, peserta didik dapat menentukan sifat-sifat wujud suatu zat.

2.      Perhatikan gambar!

clip_image002

Disediakan sebuah gelas ukur kosong, kemudian dituangkan segelas air ke dalam gelas ukur itu. Selanjutnya, sebuah batu dimasukkan ke dalamnya sehingga tampak seperti pada gambar. Dalam rangkaian peristiwa tersebut dapat disimpulkan zat P, zat Q, dan zat R masing-masing …

 

Pilihan

Zat (P)

Zat (Q)

Zat (R)

Bentuk

Volume

Bentuk

Volume

Bentuk

Volume

A.

Tetap

Tetap

Berubah

Tetap

Berubah

Berubah

B.

Berubah

Berubah

Tetap

Berubah

Tetap

Tetap

C.

Berubah

Berubah

Berubah

Tetap

Tetap

Tetap

D.

Tetap

Tetap

Tetap

Berubah

Berubah

Berubah

 

Kunci  : C

Pembahasan  :

 

Pilihan

Zat (P) gas

Zat (Q) Cair

Zat (R) Padat

Bentuk

Volume

Bentuk

Volume

Bentuk

Volume

C.

Berubah

Berubah

Berubah

Tetap

Tetap

Tetap

 

Indikator SKL   :

Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari

 

Indikator Soal    :

Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

 

3.      Perhatikan gambar alat alarm kebakaran dan tabel koefisien muai panjang zat berikut ini!

 
  clip_image005
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


No

Jenis zat

Koefisien muai panjang

1

Kuningan

0,000019 / ºC

2

Besi

0,000012 / ºC

3

Tembaga

0,000018 / ºC

4

Baja

0,000011 / ºC

 

Dari data yang tampak pada gambar (I) dan (II) serta tabel, disimpulkan bahwa….

 

Pilihan

Pasangan keeping bimetal

Logam (a)

Logam (b)

A.

Baja

Kuningan

B.

Besi

Tembaga

C.

Tembaga

Besi

D.

Besi

Kuningan

 

Kunci              : C

Pembahasan  :

ketika terjadi kebakaran, bel alarm akan berbunyi. Hal ini disebabkan karena keping bimetal membengkok ke arah b, ini menunjukkan bahwa logam b memiliki koefisien muai lebih kecil. Setelah dilihat pada tabel berbagai koefisien muai logam, maka  jawaban yang paling tepat adalah a: tembaga dan b adalah besi (tembaga memiliki koefien muai lebih besar daripada besi).

 

Indikator SKL   : 

Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.sehari-hari.

 

Indikator Soal    :

Peserta didik dapat menentukan kenaikan suhu atau suhu akhir suatu campuran

 

4.      Ibu mencampur 2 kg air yang suhunya 100ºC dengan 5 kg air yang suhunya 30ºC. Berapa suhu akhir campuran?

A.      75ºC

B.       50ºC

C.       45ºC

D.      30ºC

 

Kunci              : B

Pembahasan    :

 

Q1 = Q2

map x Cap x Δt = mad x Cad x Δt

2 kg x (100ºC-ta) = 5 kg x (ta-30ºC)

200 kgºC- 2 kg ta= 5 kg ta - 150 kgºC

200 kgºC+ 150 kgºC= 2 kg ta+ 5 kg ta

7 kg ta = 350 kgºC

ta = 350 kgºC  = 50ºC

         7 kg

 

Indikator SKL   :

Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.

 

Indikator Soal    :

Peserta didik dapat memberikan contoh penerapan hukum I  Newton, II atau hukum III Newton 

 

5.      Perhatikan gambar berikut!

clip_image007clip_image009          

 

1.                                                                     3.

 

clip_image011clip_image013

 

 

2.         4.

 

Peristiwa sehari-hari yang terjadi berdasarkan konsep hukum III Newton ditunjukkan oleh gambar . . . .

A.      1 dan 2

B.       1 dan 3

C.       2 dan 3

D.      2 dan 4

 

Kunci              : D

Pembahasan  :

1.        Hukum I Newton menyatakan:

v  Benda yang mula-mula diam akan diam selamanya, jika ada gaya yang bekerja padanya.

v  Benda yang mula-mula bergerak akan bergerak selamanya, jika ada gaya yang bekerja padanya.

Dari dua pernyataan tentang hukum I Newton tersebut dapat dikatakan bahwa benda akan tetap mempertahankan keadaan semula, sehingga hukum I Newton dikenal juga hukum kelembaman atau hukum inersia.

Contoh :

·      Orang berdiri di dalam bus yang bergerak akan jatuh ke depan jika bus direm tiba-tiba

·      Orang berdiri di dalam bus yang berhenti (diam) akan jatuh ke belakang, jika bus direm tiba-tiba

 

2.        Hukum II Newton menyatakan:

Gaya diberikan oleh suatu benda sebanding dengan massa benda dan percepatan benda.

Contoh:

Gaya yang ditimbulkan oleh anak usia 17 tahun lebih besar daripada anak usia 5 tahun dan percepatan yang ditimbulkan juga lebih besar anak usia 17 tahun dibandingkan anak usia 5 tahun.

 

3.        Hukum III Newton menyatakan:

Ada gaya aksi, ada gaya reaksi.

Contoh:

v  Orang mendorong tembok, maka dikatakan orang tersebut memberi aksi kepada tembok pun memberi reaksi terhadap orang tersebut.

v  Orang berjalan kaki, ketika menginjakkan kaki ke tanah berarti kaki memberi aksi ke tanah, sedangkan tanah memberi reaksi kepada kaki.

Sedangan dua orang tarik tambang dan anak yang tempuk tangan tersebut adalah kesimbangan.

 

Indikator SKL   : 

Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu.

 

Indikator Soal    :

Peserta didik dapat menentukan energi kinetik benda jika massa dan kecepatan benda diketahui

 

6.      Perhatikan gambar berikut!

clip_image014

 

 

 

 

 

 

 

Sebuah mobil melaju kencang di jalan raya dan menyalib/mendahului mobil lain yang ada di sebelahnya. Jika kecepatan mobil tersebut 144 km/jam dan massanya 1.500 kg. Energi kinetik yang dimiliki mobil tersebut adalah....

A.      30 kJ

B.       60 kJ

C.       1.200 kJ

D.      12.000 kJ

Kunci              : C

Pembahasan  :

 

  Vmbl = 144 km/jam

      = 144.000m

           3.600s

      = 40 m/s

Ek   = ½ m x V2

            = ½ 1.500 kg x (40m/s)2

            = 750kg x 1600m2/s2

            = kgm/s2 x m

            = 1.200.000 joule

            = 1.200 kJ

 

Indikator SKL   :

Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

 

Indikator Soal    :

Disajikan gambar beberapa alat pesawat sederhana, peserta didik mampu memberikan contoh alat pesawat sederhana lain yang sejenis.

 

7.      clip_image019Perhatikan gambar!

 

 

  1.                                                 3. 

 

 

 

2.                                                       4. 

 

Kelompok pesawat sederhana yang sejenis dari alat-alat seperti tampak pada gambar tersebut, ditunjukkan pada gambar nomor ....

A.      1 dan 2

B.       2 dan 3

C.       3 dan 4

D.      4 dan 1

 

Kunci              : A

Pembahasan  :

Alat seperti pada gambar:

Prinsip kerjanya adalah tuas, maka kelompok pesawat sederhana yang sama adalah sekop (1) dan gunting (2).

 

Indikator SKL   :

Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.

 

Indikator Soal    :

Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan besarnya salah satu variabel pada hokum Pascal

 

8.      Perhatikan gambar!

clip_image021                        

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Agar kedua pengisap seimbang, maka besar F2 adalah . . . .

A.   20  N                                              C. 60 N

B.   40 N                                               D.100 N      

  

 Kunci             : D 

 Pembahasan :

 

       F1    =   F2   

         A1        A2

       F2  =  F1 x A2  =   20 N  x  0,005 m 2

                  A1                    0,001 m 2

            =  100 N

     

Indikator SKL   :

Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.

 

Indikator Soal    :

Disajikan gambar gelombang trasversal dengan data-datanya, peserta didik dapat menentukan cepat rambat gelombang atau panjang gelombang

 

9.      Gambar berikut ini menunjukkan grafik simpangan terhadap waktu suatu gelombang pada tali

clip_image023

 

 

Dari data yang tampak pada grafik tersebut,  disimpulkan bahwa .....

 

 

Amplitudo gelombang

Periode gelombang

Panjang gelombang

A.

2 cm

0,2 s

36 cm

B.

4 cm

0,4 s

32 cm

C.

8 cm

0,6 s

28 cm

D.

12 cm

0,8 s

24 cm

 

Kunci              : B

Pembahasan  :

Jumlah gelombang= 2,25 gelombang, ditempuh dalam waktu 0,8 s + 0,1 s =0,9 s dan menempuh jarak 72 m.

Amplitudo gelombang= simpangan terjauh= 4 cm

Perioda gelombang= waktu tempuh setiap 1 gelombang= 0,9 s : 2,25 gelombang = 0,4 s

Panjang gelombang= jarak setiap 1 gelombang= 72 m: 2,25 gelombang = 32 m/gel.

 

Indicator SKL    :

Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Indikator Soal    :

Disajikan gambar, peserta didik mampu menjelaskankan bandul mana yang ikut  berayun jika bandul yang lain diayunkan.

 

10.  Perhatikan gambar di bawah!

 
  clip_image024
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Jika bandul C diayun, maka bandul yang turut berayun adalah....

A.      A dan E, karena frekuensinya sama

B.       A dan B, berat bebanya sama besar

C.       B dan D, panjang tali penggantungnya sama

D.      D dan E, keduanya berdekatan

 

Kunci              : A

Pembahasan  :

Bandul yang ikut berayun adalah bandul yang memiliki panjang tali yang sama, tanpa dipengaruhi oleh besarnya bandul. Hal ini disebabkan karena bandul yang digantung dengan panjang tali yang sama panjang memiliki frekuensi yang sama.

 

Indikator SKL   :      

Memahami konsep-konsep dan  penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik  dalam produk teknologi sehari-hari.

 

Indikator soal     :      

Disajikan gambar benda dan bayangannya pada lensa cembung, siswa dapat menentukan jarak fokus lensa jika jarak benda dan bayangan diketahui

 

11.  Benda terletak di depan lensa dan bayangannya tampak seperti gambar!

 

clip_image026

 

Jarak fokus lensa berdasarkan data pada  gambar tersebut adalah ….

A.      80 cm

B.       40 cm

C.       30 cm

D.      15 cm

 

Kunci              : D

Pembahasan  :

Jarak benda (so ) = 20cm dan jarak bayangan (si) = 60cm. Karena bayangan nyata, jarak bayangan positif.

 

Dari rumus : clip_image028

 

Indikator SKL   :

Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari

                                         

Indikator soal     :      

Siswa dapat menentukan arah perpindahan elektron dan atau jenis muatan benda tertentu setelah digosok dengan benda/kain tertentu

 

12.  Kaca digosok dengan kain sutera. Setelah penggosokan berulang-ulang, kaca memperoleh muatan listrik ....

A.      negatif, karena kaca menerima elektron dari sutera

B.       negatif, karena kaca melepaskan  elektron ke sutera

C.       positif, karena kaca melepaskan  elektron ke sutera

D.      positif, karena kaca menerima   proton dari  sutera

 

 

Kunci              : C

Pembahasan  :          

Jika kaca digosok dengan sutera, sebagian elektron dari kaca pindah ke sutera. kibatnya, kaca kekurangan elektron dan bermuatan listrik positif.

 

Indikator SKL   :

Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian   (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.                                       

 

Indikator soal     :

Disajikan rangkaian beberapa penghambat seri-paralel, yang diketahui hambatan masing-masing dan kuat arus pada salah satu cabang, Siswa dapat menentukan kuat arus pada titik cabang atau cabang lainnya.

 

13.  Perhatikan rangkaian listrik berikut!

 

clip_image030

 

Berdasarkan data pada gambar, kuat arus listrik

I1 adalah ....

A.      9A

B.       7,5A

C.       5,5A

D.      4,5A

 

Kunci              : C

Pembahasan  :

Kuat arus listrik berbanding terbalik dengan hambatannya. Jadi arus yang mengalir pada penghambat : 15Ω adalah 1/3 kali 3A = 1A dan arus pada penghambat 10Ω adalah ½ kali 3A = 1,5A.

Kuat arus pada titik cabang I1 = 3A + 1A = 1,5A = 5,5A

 

Indikator SKL   :

Menentukan besarnya energi atau daya listrik dala kehidupan sehari-hari                                                                              

 

Indikator soal     :      

Siswa dapat menghitung besar energi listrik jika tegangan, kuat arus dan waktu diketahui

14.  Lampu pijar dihubungkan pada jaringan listrik PLN dengan tegangan 220V. Jika kuat arus   listrik yang mengalir pada lampu 500mA, energi yang diperlukan  lampu untuk menyala selama 10 menit   adalah....

A.      13200J

B.       66000J

C.       110000J

D.      660000J

 

Kunci              : B

Pembahasan  :

Energi listrik W = V. I. t = 220V . 0,5A . 600s = 66000J

 

Indikator SKL   :

Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan   

 

Indikator soal     :

Disajikan gambar pembuatan magnet dengan  cara induksi  siswa dapat menentukan kutub magnet

 

15.  Balok besi KL dan MN didekatkan pada batang magnet seperti   gambar.

clip_image032

Ujung K-L-M-N secara berturutan menjadi kutub magnet ....

A.  U-S-U-S

B.  S-U-S-U

C.  U-S-S-U

D.  S-U-US

 

 

 

 

 

 

 

 

Kunci              : A

Pembahasan  :

Pada induksi magnet ujung-ujung logam yang berdekatan dengan kutub magnet menjadi kutub yang belawanan dengan kutub magnet. Jadi K dan M menjadi kutub U sedangkan L dan N menjadi kutub S

 

Indikator SKL   :

Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator                                           

 

Indikator soal     : 

Disajikan stimulus berupa hubungan antara nyala lampu sepeda dengan gerak sepeda, Siswa dapat menjelaskan alasan makin cepat gerak sepeda, makin terang nyala lampu.

 

16.  Lampu sepeda yang dihidupkan dengan menggunakan dinamo, menyala makin terang ketika sepeda berjalan makin cepat karena ....

A.      medan magnet yang timbul makin besar

B.       perubahan jumlah garis gaya magnet dalam kumparan makin cepat

C.       jumlah garis gaya magnet yang memotong kumparan makin besar

D.      inti besi pada kumparan memperbesar medan magnet

 

Kunci              : B

Pembahasan  :

GGL induksi makin besar jika gerak magnet atau perubahan medan magnet padaa kumparan makin singkat. Jadi jika sepeda bergerak makin cepat, putaran dynamo juga makin cepat. Gerakan makin cepat ini menyebabkan perubahan jumlah garis gaya magnet dalam kumparan  makin cepat sehinnga ggl pada dynamo makin besar.

 

Indikator SKL   : 

Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari                                                                                                             

 

Indikator soal     : 

Siswa dapat menjelaskan atau memberikan contoh fenomena   alam yang  disebabkan oleh peredaran bumi dan bulan terhadap matahari

 

17.  Perhatikan posisi matahari (M), bumi (B) dan bulan (b) berikut ini.

 

clip_image034

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posisi  bulan  yang menyebabkan pasang naik maksimum air laut terjadi pada nomor

A.      1                                                     C. 3

B.       2                                                     D. 4

 

Kunci              : A

Pembahasan  :

Pasang surut air laut disebabkan oleh gaya tarik bulan dan matahari. Ketika posisi matahari bulan dan bumi berada pada garis lurus, maka terjadi gaya tarik terkuat sehingga menyebabkan pasang laut tertinggi. Dan ketika posisi bulan dan matahari saling tegak lurus, terjadi pasang terkecil karena gaya tarik bulan dan matahari saling melemahkan. Jadi pasang tertinggi terjadi pada bulan mati dan bulan purnama, sedangkan pasang terkecil (perbani) terjadi paada bulan paruh.

Indikator SKL   :      

Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari.

                                                                                                                                                

Indikator soal     : 

Disajikan beberapa senyawa siswa dapat menentukan senyawa asam,basa dan garam.

 

18.  Perhatikan data berikut ini :

1.        KOH

2.        NaCl

3.        HNO3

4.         KNO3

5.        HCl

 

Yang merupakan senyawa asam adalah nomor ….

A.      1  dan  3

B.       2 dan  5

C.       3 dan

D.      4 dan 5

 

Kunci              :  D

Pembahasan :

HNO3  dan HCl merupakan senyawa asam

KOH merupakan senyawa basa

NaCl  dan KNO3  merupakan garam

 

Indikator SKL   :

Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia berdasarkan hasil percobaan                                                                                                                                                

 

Indikator soal     :

Diberikan suatu data tentang sifat-sifat suatu zat, siswa dapat menentukan sifat tersebut tergolong sifat fisika atau kimia.

 

19.  Adi mengamati suatu fenomena bahwa besi  dapat ditarik oleh gaya magnet. Dia juga    menjumpai fakta besi juga dapat berkarat bila bereaksi dengan oksigen yang ada di udara. Kesimpulan tentang sifat besi tersebut adalah ... .

A.      Besi dapat ditarik magnet adalah sifat kimia, besi berkarat adalah sifat fisika.

B.       Besi dapat ditarik magnet adalah sifat fisika, besi berkarat adalah sifat kimia.

C.       Besi dapat ditarik magnet adalah sifat fisika, besi berkarat adalah sifat fisika.

D.      Besi dapat ditarik magnet adalah sifat kimia, besi berkarat adalah sifat kimia

 

Kunci              : B

Pembahasan :

Besi dapat ditarik magnet adalah sifat fisika tanpa perubahan dan reaksi kimia

besi berkarat adalah sifat kimia terjadi persenyawaan antara besi dengan oksigen

 

 

 

Indikator SKL   :

Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan.                                                                                                         

 

Indikator soal     :

Disajikan suatu data proses percobaan perubahan zat, siswa dapat menentukan kesimpulan dari percobaan tersebut.

 

20.  Budi mereaksikan karbit dengan air, dan merasakan terjadinya kenaikan suhu pada dinding  gelas tempat reaksi dilakukan. Besar kenaikan suhu diukur dengan termometer. Yang dapat disimpulkan dari hal tersebut adalah ...

A.      Terjadi perubahan kimia yang endoterm

B.       Terjadi perubahan kimia yang eksoterm

C.       Terjadi perubahan fisika yang endoterm

D.      Terjadi perubahan fisika yang eksoterm

 

Kunci              :  B

Pembahasan :

Reaksi karbit dengan air merupakan reaksi kimia yang menghasilkan panas

0 Komentar untuk "Prediksi Ujian Nasional Fisika SMA 2015 dan Pembahasannya"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top