Translate

Potensi CaCO3 pada Kulit Udang

 Dewasa ini budidaya udang dengan tambak telah berkembang dengan pesat, karena udang merupakan komoditi ekspor yang dapat dihandalkan dalam meningkatkan ekspor non -migas dan merupakan salah satu jenis biota laut yang bernilai ekonomis tinggi. Udang di Indonesia pada umumnya diekspor dalam bentuk udang beku yang telah dibuang bagian kepala, kulit, dan ekornya. Limbah yang dihasilkan dari proses pembekuan udang, pengalengan udang, dan pengolahan kerupuk udang berkisar antara 30% - 75% dari berat udang. Dengan demikian jumlah bagian yang terbuang dari usaha pengolahan udang cukup tinggi (Anonim, 1994).

Meskipun limbah kulit udang tersebut mengandung konstituen utama yang terdiri dari protein, kalsium karbonat,dan khitin. Pada era globalisasi seperti sekarang, di negara Indonesia sebagian kecil dari limbah udang sudah termanfaatkan dalam hal pembuatan kerupuk udang, petis, terasi, dan bahan pencampur pakan ternak. Sedangkan di negara maju seperti Amerika Serikat dan Jepang, limbah udang telah dimanfaatkan di dalam industri sebagai bahan dasar pembuatan khitin dan khitosan. Manfaatnya di berbagai industri modern banyak sekali seperti industri farmasi, biokimia, bioteknologi, biomedikal, pangan, kertas, tekstil, pertanian, dan kesehatan. Khitin serta turunannya mempunyai sifat sebagai bahan pengemulsi koagulasi dan penebal emulsi. Akan tetapi secara spesifik untuk kulit udang sebagai limbah belum ada pemanfaatan secara signifikan. Kulit udang mengandung senyawa kimia protein, kalsium karbonat, dan khitin. Fungsi kulit udang tersebut pada hewan udang (hewan golongan invertebrata) yaitu sebagai pelindung. Komposisi kandungan bahan kimia pada kulit udang dapat dilihat dalam tabel. Besarnya kandungan komponen tersebut juga tergantung pada jenis udang dan tempat hidupnya.


 

Bahan kimia yang terkandung

Komposisi kulit udang (dalam %)

Protein

25 %

Kalsium Karbonat (CaCO3)

50 %

Khitin (C18H26N2O10)

25%

0 Komentar untuk "Potensi CaCO3 pada Kulit Udang"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top